Romania, Transylvania Dan Dracula

Waktu awal kenal dengan suami, saat saya tahu dia berkewarganegaraan Romania yang ada dibenak saya saat itu adalah (Romania=Transylvania=Dracula), dan ternyata bukan saya saja yang berpikiran seperti itu, waktu cerita ke mama kalau dia berasal dari Romania mama saya langsung  berkata “jangan-jangan turunan dracula”,,hehe,,

Tapi nih dalam hati saya juga sempat mikir “turunan Dracula kok cakep ya” *plaaak*, (kan kalau di film jaman dulu muka dracula rada serem ancur gimana gitu, sekarang muka dracula  udah lebih mendingan “seperti di film twilight”)

Walaupun kemungkinan negara Romania ini kurang sering di sebut sebagai negara favorit tujuan wisatawan indonesia (dibandingkan dengan negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, Amerika Serikat, Australia dll) namun tahu kah anda kalau negara Romania merupakan salah satu negara terindah di dunia karena pemandangan pegunungannya.

Headline
               Transylvania di Romania (sumber foto : http://www.web.inilah.com)
                                            sumber foto (www.yukpegi.com)

Bercerita tentang Transylvania adalah sebuah kota yang terletak di bagian barat negara Romania. Dunia mengenal kota ini karena cerita Drakulanya, legenda mistis yang mendunia setelah dipopulerkan oleh Bram Stoker melalui tulisan novelnya yang diterbitkan pada tahun 1897. Drakula sendiri biasanya diceritakan sebagai makhluk yang tak bisa mati, hanya bisa keluar malam hari, jika kena sinar matahari akan lenyap, haus akan darah, bisa mati jika ditusuk perak dijantungnya, anti salib dll.

Legenda Dracula memang berasal dari Transylvania. Konon, dahulu di tempat itu hidup seorang pengeran Dracula yang menyerang manusia di malam hari dan menghisap darahnya. Legenda tersebut berawal dari seorang Raja Wallachia yang nama sesungguhnya adalah Vlad Tepes atau Vlad Sliver. Vlad lahir di Sighisoara dan hidup kurang lebih pada tahun 1400-an di Wallachia, sebuah wilayah selatan Transylvania. Dia amat kejam, khususnya terhadap para pencuri dan musuhnya. Lebih dari ratusan pembunuhan kejam ditemukan sehingga dia mendapat julukan Dracula. Dracul sendiri berasal dari bahasa Romania yang artinya setan.

                                sumber foto (www.yukpegi.com)
                                   sumber foto (www.yukpegi.com)

Selain dracula, di Transylvania (Romania) juga terdapat pegunungan Carpathia yang indah dengan padang rumput dan jeraminya. Lembah gunung Carpathia ditutupi padang rumput jerami terkaya dan paling beragam di Eropa. Disana, dalam satu meter persegi padang rumput, terdapat 50 spesies rumput dan bunga yang tumbuh di lembah tersebut.

Lereng bukit diselimuti warna ungu bunga salvia yang tersebar di padang rumput dan warna merah muda tanaman sainfoin. Tanaman globeflowers yang mirip bunga mangkok besar, Bunga aster kecil berwarna jingga terang yang disebut fox dan cub tumbuh berselang-seling dengan tanaman sorrel dan aneka macam anggrek, campanula, serta yellow rattle.

Keindahan itu bukan kebetulan karena para petani sekitar merawat dan memupuk padang rumput penuh bunga itu. Karena jika tak dirawat, maka semak belukar dengan cepat akan tumbuh. Para petani juga kerap membuat lanskap untuk menarik wisatawan.

Di pegunungan Carpathia kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor, seperti hiking, bungee jumping, dll. Pegunungan Carpathia memiliki sebuah jalan yang merupakan salah satu jalan terbaik di dunia, yaitu Transfagarasan Road. Jalan ini terletak di ketinggian sekitar 2000 meter dan melintasi terowongan sepanjang 884 meter menembus Pegunungan Carpathia. Oh ya dibawah ini sedikit gambaran tentang Transfagarasan Road

Berminat pengen jalan-jalan ke Romania? 🙂

*informasi tulisan di atas di rangkum dari beberapa sumber ya*

Advertisements

48 thoughts on “Romania, Transylvania Dan Dracula

  1. indah sekali pemandangannya mbak Adhya, entah gimana jadi ngebayangin udaranya yang sejuk dan segar.
    Saya pernah baca tentang Prince of Wallachia yang jadi asal muasal legenda drakula, sadiiiiisss 😀

    Like

    1. legenda,,gak tau juga sih,tp menurut saya gak ada. yg ada cuma manusia tp punya kebiasaan aneh kayak suka minum darah,sama aja kayak sumanto dkk di indonesia yg sering makan mayat dll 🙂

      Like

    1. ahahaha,,,sampe sekarang sih masih aman2 aja tuh,belum menunjukkan tanda2 turunan drakula,masih minum air,kopi,tes,susu,,belom pernah minta minum darah kayak drakula.,,ahahaha,,,
      yuhu,,,. mbak em kalo jadi ke sana,,nebeng gratisan ya *ikut masuk dalam koper mbak em* 😉

      Like

  2. Dulu pernah baca sejarah… Rumania dan Drakula-nya pernah bertempur habis-habisan dengan pasukan Turki yang waktu itu berjaya di Eropa. Sebenarnya drakula ini sosok yang kejam dan dikutuk, tapi image buruk itu dirubah oleh novel dan film twilight.. alhasil, jadi banyak yang mengidolakan drakula… 😀 btw pemandangannya indah sekali, suasana di desa namun eksotis dengan istana kayak di dongeng dongeng… jadi ingin ke Rumania… hehe

    Liked by 1 person

    1. iya bener,pernah bertempur sama pasukan turki,tapi malah kebanyak pasukan turki itu yg dibunuh alias banyak yg mati * kalo gk salah baca sih,,hehe*,,,hayuuk liberty jalan2 ke romania,,;-)

      Like

  3. Salam mba Adhya,

    Ketemu blog ini pas lagi nyari info ttg Romania.. 😁😁😁

    Saya skrg lagi kuliah di Turki, kebetulan semester depan mau ikut erasmus di Romania tepatnya di kota Galaţi..

    Salama kenal mba

    Like

    1. hai hai Adhari,,salam kenal juga, terima kasih sudah kesasar di blog ini (alhamdulillah ada yg baca,hehe), wah lagi kuliah di Turki?hebaaaat….dan semester depan mau ke Romania juga, Ntar tak tanyain suami dimana itu kota Galati kali aja deket sama tempat suami saya:-), sayangnya saya gak tinggal di Romania nih, klo gak kita bisa ketemu ya,tapi beberapa minggu yg lalu saya baru plg dari sana. kotanya cantik2 loh 🙂

      Like

      1. Wah…. seneng mendengar kalau tempatnya indah mba..

        Saya juga disana bakal cuma 1 semseter saja mba.. untuk program erasmus (program pertukaran pelajar)

        Iya ya mba, coba mba tinggal dsn hehehe… saya juga nyari tau kalau-kalau ada perkumpulan masyarakat Indonesia dsn.. tapi belum nemu.. 😊😊😊

        Like

      2. wah lumayan satu semester untuk pertukaran pelajar, kereeen. bisa sekalian mengeksplor ke indahan negaranya. mudah-mudahan bisa segera ketemu perkumpulan masyarakat indonesia di sana, biar bisa dapat banyak informasi, semangat! 🙂

        Like

      3. Dan saya juga berencana mau dftar visa schengen pas di Romania mba. Romania kan belum masuk dalam list schengen ya mba ya?

        Terus list jalan2 saya salah satunya Roma mba.. hehehe..

        Kebetulan bgt

        Like

  4. Keren banget ini pemandangannya. Pantesan Om dracula senangnya mencil kek gitu. Habisnya pemandangan disekitarnya tak tergantikan #soktau dracula keluarnya malam kali..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

i 8

Still looking for

Call Me El

Say Helloo, Please, and Thank You!

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

Pitstopasec

hidup itu perjalanan, bukan pelarian

Oh Sultan Ahmet!

olmasa olmaz

Safira's Journey

Create Your Own Happiness

fair(y) life.

"life itself is the most wonderful fairy tale." - H.C. Andersen

Parenthood Sea

parenthood is like swimming in the sea

%d bloggers like this: