5 Alasan Kenapa Bule Suka Tinggal Di Indonesia

Disclaimer : Tulisan ini hanya pendapat pribadi dari suami saya saja ya, yang kurang lebih sudah 3 tahun tinggal di Indonesia. Kalau ada bule-bule lain yang berpendapat berbeda ya silahkan😉

Kemaren saya sempat tanya ke Suami kira-kira alasan apa yang bikin dia betah tinggal di Indonesia, trus dia menjawab dengan muka datar “siapa yang betah tinggal disini”, WHAT?! jujur amat sih bang, bohong dikit napa. Ya sudah deh kalau begitu pertanyaannya diganti : menurut ngana hal apa saja yang bikin orang bule suka tinggal di Indonesia? (lah,sama aja), berikut penjelasan dari Bule Romania ini :

1. Orang Indonesia Ramah

Menurut Suami, orang Indonesia itu murah senyum, ketemu dimana saja pasti senyum dan menyapa, pergi ke acara manapun pasti ada saja orang (selain minta foto bareng cencunya…) yang langsung duduk disamping dia terus ngajakin ngobrol (antara ramah dan kepo beda tipis ya,hehe), jadi dia gak usah takut bakalan bosen di tempat acara, dia sering banget loh di undang ke acara nikahan, akikahan, tahlilan, dll, biasanya dia pergi sendiri karena saya harus jagain Samir di rumah, kalau bawa anak kecil ke acara gitu anaknya cepat bosan dan rewel jadi mendingan kami nunggu aja di rumah, selain saya juga harus standby di Apotek ya karena kalau ada pasien konsultasi obat harus sama saya juga.

2. Sangat Kekeluargaan

Menurut Dia, di Indonesia ikatan antara keluarga sangat kuat, kita sering banget ngadain acara kumpul keluarga dan hampir semua anggota keluarga selalu datang. Misal ada acara di rumah, banyak yang bantu-bantu nyiapin ini itu jadinya kita sebagai yang punya acara gak terlalu repot. Biasanya di rumah tante lagi ada masak sesuatu misal berlebih pasti di anter ke rumah kita. Hampir gak pernah merasa kesepian, selalu saja ada yang datang berkunjung ke rumah (walaupun awal-awal dulu dia merasa risih atau gak nyaman, sekarang sudah terbiasa).

3. Hidup Lebih Santai

Menurut pengamatan Dia lagi nih, kehidupan disini, maksudnya di Ternate pada khususnya lebih santai, gak diburu-buru waktu, lebih bebas, dunia perkantoran juga santai, peraturan gak ketat seperti di tempat dia kerja dulu yang mana selama kerja gak bisa pegang hp, bisanya cuma saat jam istirahat aja (duh ini antara santai dan tidak disiplin juga beda tipis ya,hahaha). Kata Dia lagi disini jika kita bikin kesalahan dalam hal kerjaan lebih bisa ditoleransi dan mudah di maafkan. Hal ini juga yang menurut dia kenapa orang Indonesia jadi murah senyum karena kehidupan disini serasa tanpa beban.

4. Mudah Cari Makanan Setiap Saat

Urusan perut tetep ya…hahaha. Menurut dia disini kalau mau makan dimana saja dan jam berapa saja pasti bisa, makan siang lebih awal di restoran oke atau mau makan tengah malam juga gampang, tinggal ke jalan raya pasti banyak yang jualan makanan tengah malam macam nasi goreng, ketoprak, martabak, dll. Super sekali! Kalau di yurop mana ada yang kayak gini😁 (pantesan ya orang heropah pada kurus-kurus, mereka gak pernah makan martabak tengah malam kali ye). Pokoknya mau makan apa aja gampang, mau pergi beli juga gak jauh, atau pesan antar juga bisa.

5. Cuaca

Ini bukan karena dia gak suka musim dingin ya, dia suka banget malah sama musim dingin, kata dia di Ternate pada khususnya Panaaas banget coy! menurut ngana? ya iyalah panas sini Indonesia Timur bro! orang Cina kalo kesini juga itam kali😂.

Akan tetapi yang bikin dia seneng dengan musim panas sepanjang tahun ini karena dia gak usah repot harus punya baju 4 musim, disini kalaupun lagi musim hujan tetap aja berasa panas kata dia. Selama tinggal di Indonesia hanya bermodal pakai kaos, celana pendek dan sendal sudah deh, sepanjang tahun musimnya sama jadi gak repot gonta ganti baju setiap musim berganti,ye kan

Sekian 5 alasan kenapa Bule Romania ini suka tinggal di Indonesia. Satu alasan yang pasti kenapa dia betah tinggal disini ya karena istrinya orang Indonesia, mau gak mau harus betah😁. Btw, saya sempat tanya ke dia beberapa opsi misalnya kenapa dia tidak bilang kalo biaya hidup di indonesia lebih murah? kemudian dia menjawab masih dengan wajah datarnya :”memang biaya hidup disini lebih murah tapi gajinya juga kecil, jadi ya sama saja”, ok baiklah cukup sekian dan terima kasih sudah membaca😉

Advertisements

A Little Update : Life Lately Part 2

Mumpung Samir masih tidur pulas, karena kalau dia dah bangun maunya ngajak main terus dan mamanya jadi gak bisa berlama-lama pegang HP (karena saya selalu nulis postingan lewat hp), jadi mari kita lanjutkan cerita yang tertunda dari postingan sebelumnya.

4. Liburan ke Kuala Lumpur

Berhubung sudah di Jakarta ya kan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, maksudnya mumpung dah di jakarta untuk ikut ujian bisa sekalian ambil paspor samir yang tertunda dan liburan, karena kan kalau sudah di jakarta mau kemana-mana harga tiket jadi lebih murah dibandingkan mau liburan tapi harus bayar tiket dari Ternate, so liburan kali ini kami memutuskan
ke Kuala Lumpur.

Kesan kami akan kota ini sangat baik, kata suami saya beda banget KL dengan jakarta, kotanya lumayan bersih, di KL jalan kaki lebih nyaman soalnya trotoar mereka lebar-lebar, gak ada pedangang jualan di atas trotoar. Sayangnya selama di KL kita gak bisa pergi ke banyak tempat, namanya juga travelling bawa anak kecil kan, gak bisa sesuka hati mau kesana kemari, mau jalan aja harus nunggu dia bangun dulu, sarapan dulu, begitu mau keluar udah siang aja dan panasnya minta ampun, sudah gak kuat kalau harus jalan kaki jauh-jauh🙄, belum lagi kalo anaknya dah ngantuk mulai rewel, mama jadi gak bisa eksis foto-foto, terpaksa setiap foto sambil gendong samir, sigh

5. Kursus Bahasa Inggris

Setelah ditunda-tunda sekian lama akhirnya sudah 2 bulan kebelakang ini suami saya buka kursus bahasa inggris di rumah, muridnya lumayan kurang lebih 15an orang, kelasnya seminggu 2 kali pertemuan kurang lebih dua jam setiap sesi. Awalnya saya ragu dia bisa ngajar apa gak, ternyata bisa aja tuh, dia enjoy banget saya yang deg-degan padahal bukan saya juga yang ngajar, hahaha heran deh. Ini juga dikarenakan bahasa indonesia dia yang sudah lumayan lancar ya jadi bisa komunikasi lebih baik dengan anak-anak. Semoga suami diberikan kesabaran untuk ngajar, karena anak-anak kan macem-macem wataknya, ada yang bandel, ada yang pendiam ada juga yang cengengnya minta ampun, maklum buka kursus khusus anak SD dan SMP aja, sebenarnya ada beberapa yang mau daftar tapi sudah SMA dan Mahasiswa cuman sementara masih di tolak oleh suami karena menurut suami ngajarin mereka lebih susah cari materi karena grammernya harus benar, kalau anak SD dan SMP kan masih yang mudah-mudah jadi lebih gampang untuk dia bikin materi, semoga dalam waktu dekat bisa buka kelas juga untuk SMA dan mahasiswa, amiin.

6. Homestay

Rumah kami kan punya 4 kamar, yang dipakai hanya 1 kamar saja, satunya lagi kami jadikan gudang bersih tempat nyimpen karpet besar,koper dll (kami juga punya gudang kotor tempat nyimpan alat-alat pertukangan suami saya dibelakang rumah), sisanya dua kamar kosong tak berpenghuni, dari pada kosong kan mending disewakan, menilik dari beberapa pengalaman menyewakan kamar di rumah kami sepertinya kami mampu untuk itu maka bulan ini secara resmi suami masukkan rumah kami dalam situs/webside penyewaan kamar, semoga banyak yang nyewa ya,hehe. Sebenarnya kami sudah beberapa kali menyewakan kamar di rumah kami, tapi kebanyakan dapat penyewa karena rekomendasi dari temennya temen tidak pernah di komersilkan, hanya dari beberapa kenalan saja, bahkan beberapa hari sebelum kami berangkat ke jakarta juga masih ada tamu yang menginap, satu pasangan dari Italy, jadi lumayan lah suami mulai ngomong lagi dalam bahasa italy yang mana dia sudah mulai lupa bahasa Italy, awalnya ngomong sama mereka masih campur-campur lama kelamaan mulai inget lagi kata-kata dalam bahasa Italy. Namanya bahasa ya kalau lama tidak di praktekkan bakalan lupa. btw sayang banget kami gak sempat foto bareng sama mereka soalnya hayati malu mau minta foto, orang bule kayaknya (kayaknya loh ya) kurang suka foto-foto selfie gitu, sukanya malah foto pemandangan, hehe

#Salah satu contoh kamar yang disewakan

Oke, segitu aja dulu little update dari keluarga kecil kami, terima kasih sudah membaca, see you…😘

A Little Update : Life Lately Part 1

Happy Monday, guys. Apa kabar dunia! baru nongol setelah sekian lama bertapa. Makin kesini makin males nulis blog, semangat menulis menguap begitu saja sejak punya anak. Berasa gak punya waktu padahal sebenarnya bisa di sesuaikan tapi yah begitulah,susah untuk dijelaskan (ngomong ape sih gak jelas banget), ceritanya mau bikin little update nih, langsung saja ya

1. Ujian Perpanjangan Sertifikat Kompetensi Apoteker

Minggu ini baru balik dari Jekardah atau kalau kata orang betawi mah Jakarte! tujuan ke Jakarta adalah untuk ikut ujian perpanjangan Sertifikat Kompetensi Apoteker yang sudah habis masa berlakunya. Berangkat ke Jakarta bayongan lagi bawa suami dan anak, keluarga rempong hore tak bisa terpisahakan 😁, berangkatnya juga sama salah satu teman baik yang juga Apoteker dan sama-sama punya sertifikat kompetensi yang mau expire dan dia juga berangkat boyongan bawa suami dan anak, jadilah kita nginep di hotel yang sama dan saat para emak-emak sibuk ujian yang bapak-bapak jagain anak di hotel 😊, kami berdua memilih opsi ini (berangkat bawa suami dan anak) karena gak tega ninggalin anak lama-lama dan kalau anak-anak di jagain bapaknya sendiri kan hati para emak-emak ini lebih aman dan nyaman.

#wajah-wajah lelah setelah penerbangan langsung kurang lebih 4 jam dari Ternate ke Jakarta dengan drama anak nangis didalam pesawat😅

Sehari sebelum ujian kita dapat pembekalan materi seharian full, dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam, ya ampun sumpah bosen dan capek banget, efek sudah lama gak kuliah disuruh duduk lamaan dikit denger materi ujian udah kayak cacing kepanasan, keluar masuk ruangan mulu, sakit pantat ini rasanya di suruh duduk berjam-jam, mana pesertanya banyak banget lagi, namanya juga peserta dari seluruh indonesia ya, yang duduk di belakang macam saya mana kedengaran materi yang di sampaikan di depan yang ada setelah jam makan siang mulut nih gak berhenti menguap,hehehe

#masih pagi jadi masih semangat

#lagi nungguin hasil ujian,bukannya berdoa semoga lulus malah sibuk foto-foto

oh iya sekedar informasi ini merupakan pertama kali dalam sejarah sejak saya melahirkan Samir kedunia ini dan saya pergi ninggalin Dia hampir 12 jam lamanya sodara-sodara! (lebay amat bu! penting gitu ya di kasih tau ke orang-orang…). Untungnya lulus ujian dengan nilai memuaskan (memuaskannya menurut saya aja ya,hehe) jadi gak sia-sia ninggalin Samir lama-lama di Hotel, padahal anaknya juga pas mama pulang biasa aja, cuman liat bentar lalu melengos balik main lagi coba! hadeeh sungguh teganya dirimu nak.

#video call sama mama

#sibuk main sendiri

#siap mau jalan-jalan sama papanya karena bosen nungguin mama kelamaan

2. Meet up

Karena gak mengumumkan di blog kalau lagi di Jakarta karena takut gak punya banyak waktu (sok sibuk banget, kayak ada yang mau ketemu aja) untuk ketemu jadilah hanya meet up dengan 2 orang teman blogger yg memang sudah temenan di Whatsapp, yang mana awal tahun ini juga sempat meet up tidak lain dan tidak bukan ketemu lagi dengan mbak Frany dan Putri yg cantik dan baik hati 😊. Makasih ya mbak Frany sudah menyempatkan bertemu disela-sela kegiatan malam mingguannya bersama keluarga (mbak Frany datang bareng Suami dan si cantik Teona), walaupun ketemu cuma di hotel, oh ya makasih juga sudah kasih hadiah ke samir,dan maaf juga saya selalu gak bawa hadiah apa-apa buat Teona (aku malu,hehe).

Makasih juga buat Putri yang menyempatkan ketemu di hotel tempat saya menginap walaupun lagi sibuk juga dengan kerjaan dan meet up dengan sesama pasangan kawin campur lainnya😀. Senang berteman dengan kalian semua, please kalau saya ke jakarta jangan pada bosan ya ketemu saya lagi,hehe

3. Punya 2 Paspor

Mumpung sudah di jakarta kan sekalian ambil paspor samir yang sebenarnya dah siap dari bulan maret, petugas embassynya sampe ngirim email pemberitahuan mengenai paspor samir yang sudah bisa di ambil sampe bosen kali, sudah berkali-kali, sampe di telepon papanya Samir juga dan selalu di jawab oleh suami saya kemungkinan akhir tahun baru bisa ke Jakarta untuk ambil paspor Samir. Akhirnya si anak setengah bule punya 2 paspor juga, mama iri…😑, setelah ini masih harus ke imigrasi Ternate untuk bikin Affidavit (kewarganegaraan ganda) untuk Samir, semoga bayarnya gak mahal ya bu ibu, mohon doanya 😂

duh sebenarnya masih ada beberapa poin lagi nih yang mau di ceritakan salah satunya liburan singkat kami ke Malaysia tapi berhubung Samir sudah mulai bertingkah rewel dengan berat hati saya sudahi tulisan ini ya, misal besok memungkinkan bakal saya lanjut lagi tulisannya, okay eperibadeeh see ya…

#Bersambung

Kopdar di Ternate

Cuma mau pamer foto kopdar minggu lalu dengan mbak Dita dari blog malesmandi.com . Dikarenakan Samir sakit sejak awal lebaran akhirnya kami hanya bisa berjumpa di akhir acara liburan mbak Dita di Ternate :(, gak apalah ya yang penting sempat ketemu walaupun ketemunya beberapa jam sebelum flight balik ke Jakarta, ketemunya di lobby hotel itupun orangnya udah geret kopor pula, ya ampun aku malu sebagai tuan rumah gak sempat ngajak jalan. Maafkan diriku ya mbak :-D.

Saya kalo kopdar/ meet up gitu suka banget… tapi sebelum ketemu pasti deg-degan, duh mereka mikir apa ya tentang diriku, apalagi ketemu sama teman blogger yang blognya sering aku baca, jadi mikir nih orangnya sama gak ya dengan tulisan-tulisannya. Sok atuh foto kopdar kemaren biar gak di bilang cerita Hoax 😀

Kalian, kapan ke Ternate? 😉

Ter-Drama 2018

Buset dah judulnya macam lagi ada acara penganugrahan gitu,hahaha

#foto samir sehari sebelum adegan drama terjadi

Ceritanya udah lumayan lama sih, sekitar bulan April lalu, samir yang lagi nakal-nakalnya senang banget tarik-tarik atau dorong-dorong barang yang ada di sekitarnya. Nah suatu ketika waktu kita bertiga lagi siap-siap mau makan saya yang berencana mau angkat dia dan taruh di kursi makan kaget karena dia tiba-tiba narik kursi itu dan kursi jatoh tepat Kena jidat Samir. Anaknya langsung nangis menjerit, saya pikir karena terbentur cukup keras makanya dia kaget dan nangis kayak gitu, pas saya gendong eh kenapa banyak sekali darah mengucur dari kepala Samir, ya ampun setelah di lihat lebih teliti ternyata kepala nya robek lumayan besar yang menyebabkan darah gak mau berhenti keluar.

Panik luar biasa, suami langsung putuskan untuk di bawa ke Rumah Sakit, saya masih bingung apa yang harus di bawa bersama kami ke RS, untungnya di saat kepanikan melanda saya masih sempat loh masuk ke kamar untuk pakai jilbab dan oles gincu! (bisa-bisanya ya emak zaman now), padahal sendirinya merasa gak aman takut pas nyampe RS di sangka pembantunya si bapak bule dan anak bule,wkwkwkw

Duh jangan di tanya gimana paniknya suami pas nyetir menuju ke RS, saya berasa terbang bukan jalan di darat, dia juga panik karena anaknya gak berhenti nangis kayak orang kesurupan, tissue yang saya pegang dan taruh di kepalnya samir untuk menahan agar darahnya tidak keluar lagi udah full berlumurah darah. Selama perjalanan cuma bisa berdoa semoga samir baik-baik saja dan semoga suami gak nabrak orang selama perjalanan ke RS. Gila aja kalau saya ingat-ingat lagi kejadian itu berasa ngeri,hufft…

Sesampainya di RS saya pikir langsung di ambil tindakan ternyata kita disuruh daftar dulu lah, tungguin dokter jaga datang lah, dokternya tulis resep untuk di tebus dulu karena didalam resep ada benang dan obat anastesi yang akan di pakai sang dokter untuk jahit kepala samir, ya salaam terpaksa samir langsung saya kasih ke Suami dan saya yang pergi ngurus segala macam hal hil wal itu, setelah semua urusan administrasi dan resep selesai baru deh dokter mulai tindakan. Lukanya Samir di bersihkan dulu lalu di suntik untuk anastesi, setelahnya baru deh dokter mulai menjahit! Duh ngeri aja lihatnya, samir pas di jahit nangisnya sampe kejang, ya iyalah kasian, kita yang orang dewasa aja kalau di jahit takut apalagi anak kecil. Pas mau di jahit anaknya meronta-ronta jadilah perawat yang cowok pegangin kepala samir, saya pegang tangannya, suami pegang kakinya Samir (lengkap sudah penderitaan samir hari itu).

Setelah di jahit dokter nulis resep lagi, ambil obat lalu kita pulang kerumah. Anaknya udah berhenti nangis, sampe rumah udah langsung turun gak di gendong lagi, sibuk nonton dan main sendiri.

Diatas foto-foto samir waktu baru pulang dari RS, udah mulai manjat bangku lagi, tuh di belakang neneknya Samir dah datang dan siap ceramahin gua

Foto di atas sewaktu jahitan sudah di cabut benangnya, nangis pas di cabut benangnya juga sama kencangnya dengan saat di jahit dulu.

Kalau foto di atas ini bekas lukanya sekarang jadi kayak gitu, lumayan lah ya bekas luka ala-ala Harry Potter,ahahha maksa banget emaknya :-D.

Ini dia kursi penyebab drama yang terjadi di atas :-))

Moral of the story :

1. punya anak umur segini sebagai orang tua mata harus jeli, tangan harus sigap

2. Saat keadaan genting seperti tadi jangan telepon orang tua atau sodara yang lain, tunggu keadaan dah tenang, aman terkendali baru deh mulai ngabar-ngabarin, maksudnya pas udah balik ke rumah lagi baru deh siaran langsung, hehe. Tujuannya selain gak bikin panik orang yang akan kita tlp juga karena takut kena semprot kakek neneknya samir,hahaha secara ya kalau kejadian kayak gitu menurut ngana yang disalahin siapa lagi kalau bukan ibunya!, Padahal ya kita udah jaga anak semaksimal mungkin, capek siang malam sama sang anak, giliran anaknya cedera malah emaknya yang disalahin *curcol*

Btw, sampai sekarang setiap kita lewat depan RS samir pasti nangis, dia ingat dan trauma kali ya takut kalau lewat situ nanti kepalanya di jahit lagi.

7 Culture Shock Bule di Indonesia

Ini tulisan udah lama banget nangkring di draf dan gak pernah terselesaikan, mumpung lagi pengen nulis sebaiknya di selesaikan aja tulisan ini biar ada postingan baru di blog.

Jadi ceritanya, duluuuuu banget waktu awal-awal ke Indonesia suamiku sering di kejutkan dengan beberapa hal yang merupakan kebiasaan masyarakat di Indonesia tapi menurut dia tidak biasa (kalo sekarang sih dia dah bisa ngerti lah, secara udah lama tinggal di mari, hehe) sebagai contoh :

1. Mandi

Setiap ke indonesia saat kami akan keluar rumah, saya selalu bilang ke suami untuk mandi terlebih dahulu, biasanya sih nurut langsung mandi, tapi setelah beberapa kali saya selalu menekankan hal tersebut setiap mau keluar harus mandi lama2 dia jengah juga dan tanya ke saya “apakah badan saya bau?kenapa kamu selalu menyuruh saya untuk mandi? dan berujung pada perasaan tersinggung, hadeeh…
padahal kan di Indonesia kebiasaan untuk mandi sebelum keluar rumah itu biasa tapi di negaramya mungkin gak seperti itu, yang belakangan saya juga ngerti pas tinggal di yurop eke jarang mandi juga sih, pas mau keluar rumah gitu paling cuman ganti baju aja, tapi pas musim dingin doang, pas summer rajin kok mandinya :-P. kata dia kalau ada orang yang nyuruh dia mandi berarti badannya bau 😀

2. Tamu

kalau di indonesia biasa lah ya orang datang ke rumah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu terutama keluarga dekat ya kita santai aja,tapi menurut dia aneh! orang mau datang ke rumah harusnya telepon dulu (sok sibuk banget sih laki gua ini), apalagi biasa kan sodara ada yang datang dari jauh terus harus nginep tanpa pemberitahuan terlebih dulu, jadinya dia merasa tak nyaman, yang pusing siapa lagi kalau bukan saya seorang, sigh….

3. Silaturahmi Dengan Keluarga

Setelah menikah di tempat saya ada kebiasaan untuk datang ke rumah saudara yang di tuakan oleh orang tua saya, istilahnya bertamu sekalian mengenalkan suami dengan keluarga besar lebih dekat. Eh tapi masalahnya yang di anggap dituakan itu biasanya entah bapaknya atau ibunya sodara sepupunya papa atau mama saya yang menurut suami itu sudah bukan keluarga dekat, kadang perginya ke rumah Om (sepupu nya papa) atau ke tempat Om ( sepupu nya mama) atau ke tempat Nenek (saudara nenek saya kan juga saya panggil nenek kan) lalu suami bertanya “nenek kamu ada berapa? kenapa banyak sekali nenek 😀

4. Jumlah Undangan Perkawinan

Sewaktu akan menikah saat saya bilang jumlah tamu yang akan di undang melebihi 500 orang suami langsung kaget, dia bilang “kamu mau undang orang satu provinsi?!”, Karena ngundang orang sekampung sudah pasti, hehe

5. Kebiasaan sibuk dengan Handphone

Kata dia orang di indonesia hobinya sibuk dengan hpnya sendiri, ada tamu di rumah ataupun lagi ngobrol dengan orang lain bukannya menatap wajah lawan bicara malah sibuk dengan hp mereka sendiri, menurut dia kelakuan kayak gitu tandanya gak menghormati tamunya. Yang menurut saya gak semua orang kayak gitu, buktinya akyuu yang tidak punya medsos ini, buka HP cuma buat maen game atau nonton youtube, hehe

6. Uang kertas lecek

Kata dia orang indonesia (sebenarnya sih bukan orang indonesia lebih spesifiknya orang di kota Ternate) punya kebiasaan uang kertas selalu di remas2 dulu setelah itu langsung masuk kantong, maksud dia bikin uang kertas jadi jelek dan kusut gitu (ya elah bang, kalau kusut tinggal di setrika aja kale). Dia merasa heran kenapa uang kertas gak langsung di simpan dengan rapi di dalam dompet, menurut ngana? Mana gua tau ya, mungkin itu kebiasaan orang-orang tertentu kali, sepertinya dia hanya melihat segelintir orang yang melakukan hal seperti itu tapi langsung mengeneralisasi (gila bahasa gua macam ngerti aja apa maksudnya) kalau semua orang ternate kayak gitu.

7. Makan

Orang indonesia saat lagi makan kemudian ada orang yang nyamperin pasti langsung kita tawarin makan kan, misal contoh kalimatnya : “eh mari makan/ makan makan/ makan yuk” pokoknya mirip-mirip kayak gitu deh kalimatnya. Hal itu aneh menurut suami saya, kenapa harus selalu ngajakin orang makan? Kalau situ lagi makan ya lanjut aja makan, perkara tuh orang mau ikut makan juga pasti dia ambil sendiri makanan di atas meja. Begicuuu kata dia, ih dia gak tau ya kita orang indonesia kan selalu menjunjung tinggi asas pantang nyoba kalau belum di tawarin,hehe

Masih banyak sih culture shock nya Suami waktu baru awal-awal ke Indonesia, tapi yang saya inget kurang lebih beberapa poin di atas itu. Menurut saya jangankan beda benua, yang kita orang indonesia beda pulau aja juga banyak culture shock nya. Saya ingat banget tuh dulu waktu awal kuliah di Yogyakarta, saya punya teman orang Sumatra dan Jawa yang setiap saya ngomong mereka selalu mikir kalau saya lagi berantem, hahaha katanya intonasi suara saya selalu meninggi padahal menurut saya biasa aja, maklum yeee orang timur ngomong agak keras dikit, hehe

Btw kalian juga pernah ngalamin culture shock gak?

Ulang Tahun Suami

Udah telaaaaat banget, ulang tahun tanggal 15 maret baru mau ditulis sekarang, padahal juga gak dirayain, hanya tiup lilin bersama crew Apotek, tapi sengaja di biking postingan biar blog gak kosong-kosong banget. Ceritanya cuma mau ngucapin selamat ulang tahun yang ke-30 untuk suami tercinta. Semoga dipanjaaaaangkan umurnya, diberi kesehatan dan semoga jadi ayah yang lebih sabar (secara sumbu sabar dia pendek banget). Lop yu puuuuuuul suami :-D. Udah 30 tahun dia cyiin… kalau saya karena ultahnya masih bulan oktober sana jadi kalau di tanya orang umur saya masih pantas lah kalau saya bilang masih 20an…ahahaha 20an mepeeeet…!

Sedikit Life Update dari kami biar postingannya gak terlalu pendek :

1. Minggu lalu Saya gagal berangkat ke Jakarta. Ceritanya saya harus ke Jakarta buat ikut ujian untuk perpanjang Sertifikat Kompetensi (SERKOM) Apoteker saya yang udah mau expire bulan september nanti. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya batas pendaftaran akhir terlewat yang awalnya saya baca tgl 19 Maret di rubah jadi tgl 16 Maret dan pas baca pengumuman di internet itu udah tanggal 17! makjaaang sakit hatiku…!!! Ceki-ceki jadwal ujian berikutnya kemungkinan ada bulan Desember, yang mana seperti yang sudah saya bilang di atas bahwa SERKOM saya itu expire dibulan September 2018! Konsekuensinya adalah Apotek saya harus ditutup paksa sementara sampai SERKOM Saya sudah selesai diperpanjang!! (Alamaaak…hidup begini amat ya, Jedotin kepala ke tembok) 😦

Moral of the story : gak boleh teledor, segala sesuatu yang punya masa berlaku/expire date di cek semua!!!

2. Samir lagi seneng-senengnya ngoceh, walaupun apa yang di omongin juga saya gak ngerti, omongannya belum jelas jadi kebanyakan saya iyain aja apa yang dia bilang. Ngeyelnya ampun-ampunan gak bisa dilarang, kalau kita bilang *NO!* bisa jadi adegan drama nangis kejer dengan suara 7 oktaf. Saya rasa ni anak ikut bapaknya deh dalam hal sumbu sabar yang pendek, kalau mau sesuatu harus saat itu juga gak mau nunggu, kita lambreta dikit dia langsung teriak, alamak ini anak gua jitak juga nih #elus2 dada

Udah gitu di usianya yang sudah masuk 1 tahun 4 bulan ini sudah mulai banyak tingkah. Sekarang kalau mau pake baju/celana maunya pilih sendiri, kalau kita pakein celana yang dia gak suka bakalan nangis trus lari ke lemari bajunya dan ambil celana yang mau dia pake terus kasih ke kita (maksudnya dia suruh kita pakein dia celana yang udah dia ambil)

sekian postingan singkat kali ini. Terima kasih sudah membaca teman-teman 😉