Category Archives: ternate

Cerita Gerhana Matahari Total di Ternate

  
Ini adalah kali ke dua saya lihat Gerhana Matahari, kali pertama itu saya lihatnya tahun lalu di Roma, Italy, tapi yang di Roma tahun lalu bukan GM total kayak yang baru aja terjadi kemarin  di Ternate dan juga orang-orang disana (dilingkungan tempat tinggal saya waktu itu) biasa-biasa aja, gak ada yang berubah, semuanya dataaaaar bro! Pindah ke Indonesia eh dapat kesempatan lagi untuk lihat GM dan kali ini Total!

Sejak jam 8 pagi udah stand by di satu titik siap-siap buat liat GMT, tapi apa daya kan saya nontonnya bareng pak suami (dibaca: calon artis) yang ada begitu nyampe sana orang yang pengen minta foto sama dia itu buaaanyaaaaak! pake bangeeet! dan non stop! ini beneran loh dia sampe kewalahan ngeladenin orang yang pengen minta foto sama dia dan lucunya semua orang yang pengen minta foto sama dia tuh permintaannya aneh-aneh, ada yang minta anaknya digendong, ada yang minta foto sama 3 anaknya dan semua tangan anaknya harus dipegang lah pegimana caranya coba! bahkan yang lebih aneh ada yang pengen minta di peluk, karena gak di peluk akhirnya dia yang meluk suami saya, wkkwwkkw duh bu ibu ni ada-ada aja, akhirnya segala impian kita untuk duduk manis liatin GMT malah bubar. 

  
  
  

  
#minta foto tapi anaknya harus digendong

Ujung-ujungnya pasti saya deh yang disuruh fotoin mereka, seperti biasa saya kalo jalan dengan suami sudah jelas saya pasti dikira tour guide nya dia, mana ada yang nyangka kalo saya ini istrinya, bahkan ada beberapa orang bu ibu yang nyolek saya dari belakang trus bilang “mbak, nanti tolong fotoin aku sama bule itu ya, soalnya dia ganteng sih”, dyaaaar dia ngomong gitu gak tau kalo saya istrinya si bule,hihihi ada lagi cerita lucu yang mana ada seorang cowok tour guide beberapa bule juga pas ketemu saya langsung samperin dan ngomong “kamu bawa tamu dari mana?” (nunjuk ke arah suami) saya bilang aja “tamu saya dari Rumania, tamu kamu dari mana mas?” dia jawab kalo tamunya dari Slovenia trus langsung melengos. wkwkwkwk tampang saya kelihatan banget kayak guide gitu kali yes, atau mungkin mereka yg kurang piknik dan gak pernah liat istri bule yang berjilbab dan unyu-unyu seperti saya ini?

  
#akhirnya saya yang fotoin mereka

  
#karena gak ada yang ngajikin saya foto akhirnya minta foto bareng temen-temen sendiri

Baiklah kita tinggalkan cerita pak suami dan para fansnya itu dan lanjut cerita GMT, saat waktu menunjukkan pukul 9.52 WIT puncak GMT maka keadaan sekitar tiba-tiba menjadi gelap gulita, saking gelapnya saya sampe bisa lihat bintang loh, dan keadaan ini sukses bikin bulu kuduk saya merinding, gila ya jam 10 pagi dimana matahari lagi setrong-setrongnya tiba-tiba bisa gelap gulita kayak gini! langsung ingat kebesaran tuhan, tiba-tiba jadi sedih trus ingat dosa-dosa yang makin banyak ini, maaak kalo hari itu langsung kiamat pegimana yak, tapi keadaan berubah setelah mulai terang lagi, perasaan mulai lupa akan dosa-dosa dimasa lampau trus karena orang pada tepuk tangan jadinya suasana mulai riang gembira kembali. 

  
#udah mulai gelap

  

  
#gelap kan?

Oh ya banyak juga loh event yang di adakan oleh pemerintah daerah kota Ternate dalam menyemarakkan momentum GMT ini, misalnya event “Ternate Tourism Expo 2016” dimana terdapat beberapa stand pariwisata yang didirikan untung memperkenalkan keindahan kota Ternate, terdapat pula permainan tradisional seperti bambu gila dimana bambunya itu bergerak sendiri dan kita harus nahan bambunya sekuat tenaga,pas acara ini lagi-lagi pak suami kebanjiran job diwawancara terus, dia di ajak main bambu gila juga tapi gak mau akhirnya mereka ngajak bule-bule yang lain deh.

  
  
#ditawarin ikutan main bambu gila

  
#lagi di wawancara sama anak SMP buat tugas sekolah mereka

  
#siap-siap main bambu gila

  
Ada juga event wisata kuliner dari seluruh nusantara yang di adakan di “Fort Orange” dan seperti biasa karena saya bawa artis maka dia doang yang jadi pusat perhatian di tarik ke stand kiri dan kanan buat nyobain makanan mereka, akhirnya keealahan sendiri karena banyaknya penggemar yang mInta foto disana dan dia gak bisa menikmati acaranya karena di todong terus minta foto akhirnya minta pulang karena cuacanya waktu itu juga lumayan terik. 

  
  
  
  
#anak-anak menarikan tarian tradisional

Sekian deh laporan saya dari serangkaian acara dalam menyambut GMT di Ternate. GMT di kota kalian gimana?

Advertisements