Category Archives: ternate

Kopdar di Ternate

Cuma mau pamer foto kopdar minggu lalu dengan mbak Dita dari blog malesmandi.com . Dikarenakan Samir sakit sejak awal lebaran akhirnya kami hanya bisa berjumpa di akhir acara liburan mbak Dita di Ternate :(, gak apalah ya yang penting sempat ketemu walaupun ketemunya beberapa jam sebelum flight balik ke Jakarta, ketemunya di lobby hotel itupun orangnya udah geret kopor pula, ya ampun aku malu sebagai tuan rumah gak sempat ngajak jalan. Maafkan diriku ya mbak :-D.

Saya kalo kopdar/ meet up gitu suka banget… tapi sebelum ketemu pasti deg-degan, duh mereka mikir apa ya tentang diriku, apalagi ketemu sama teman blogger yang blognya sering aku baca, jadi mikir nih orangnya sama gak ya dengan tulisan-tulisannya. Sok atuh foto kopdar kemaren biar gak di bilang cerita Hoax πŸ˜€

Kalian, kapan ke Ternate? πŸ˜‰

Advertisements

7 Culture Shock Bule di Indonesia

Ini tulisan udah lama banget nangkring di draf dan gak pernah terselesaikan, mumpung lagi pengen nulis sebaiknya di selesaikan aja tulisan ini biar ada postingan baru di blog.

Jadi ceritanya, duluuuuu banget waktu awal-awal ke Indonesia suamiku sering di kejutkan dengan beberapa hal yang merupakan kebiasaan masyarakat di Indonesia tapi menurut dia tidak biasa (kalo sekarang sih dia dah bisa ngerti lah, secara udah lama tinggal di mari, hehe) sebagai contoh :

1. Mandi

Setiap ke indonesia saat kami akan keluar rumah, saya selalu bilang ke suami untuk mandi terlebih dahulu, biasanya sih nurut langsung mandi, tapi setelah beberapa kali saya selalu menekankan hal tersebut setiap mau keluar harus mandi lama2 dia jengah juga dan tanya ke saya “apakah badan saya bau?kenapa kamu selalu menyuruh saya untuk mandi? dan berujung pada perasaan tersinggung, hadeeh…
padahal kan di Indonesia kebiasaan untuk mandi sebelum keluar rumah itu biasa tapi di negaramya mungkin gak seperti itu, yang belakangan saya juga ngerti pas tinggal di yurop eke jarang mandi juga sih, pas mau keluar rumah gitu paling cuman ganti baju aja, tapi pas musim dingin doang, pas summer rajin kok mandinya :-P. kata dia kalau ada orang yang nyuruh dia mandi berarti badannya bau πŸ˜€

2. Tamu

kalau di indonesia biasa lah ya orang datang ke rumah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu terutama keluarga dekat ya kita santai aja,tapi menurut dia aneh! orang mau datang ke rumah harusnya telepon dulu (sok sibuk banget sih laki gua ini), apalagi biasa kan sodara ada yang datang dari jauh terus harus nginep tanpa pemberitahuan terlebih dulu, jadinya dia merasa tak nyaman, yang pusing siapa lagi kalau bukan saya seorang, sigh….

3. Silaturahmi Dengan Keluarga

Setelah menikah di tempat saya ada kebiasaan untuk datang ke rumah saudara yang di tuakan oleh orang tua saya, istilahnya bertamu sekalian mengenalkan suami dengan keluarga besar lebih dekat. Eh tapi masalahnya yang di anggap dituakan itu biasanya entah bapaknya atau ibunya sodara sepupunya papa atau mama saya yang menurut suami itu sudah bukan keluarga dekat, kadang perginya ke rumah Om (sepupu nya papa) atau ke tempat Om ( sepupu nya mama) atau ke tempat Nenek (saudara nenek saya kan juga saya panggil nenek kan) lalu suami bertanya “nenek kamu ada berapa? kenapa banyak sekali nenek πŸ˜€

4. Jumlah Undangan Perkawinan

Sewaktu akan menikah saat saya bilang jumlah tamu yang akan di undang melebihi 500 orang suami langsung kaget, dia bilang “kamu mau undang orang satu provinsi?!”, Karena ngundang orang sekampung sudah pasti, hehe

5. Kebiasaan sibuk dengan Handphone

Kata dia orang di indonesia hobinya sibuk dengan hpnya sendiri, ada tamu di rumah ataupun lagi ngobrol dengan orang lain bukannya menatap wajah lawan bicara malah sibuk dengan hp mereka sendiri, menurut dia kelakuan kayak gitu tandanya gak menghormati tamunya. Yang menurut saya gak semua orang kayak gitu, buktinya akyuu yang tidak punya medsos ini, buka HP cuma buat maen game atau nonton youtube, hehe

6. Uang kertas lecek

Kata dia orang indonesia (sebenarnya sih bukan orang indonesia lebih spesifiknya orang di kota Ternate) punya kebiasaan uang kertas selalu di remas2 dulu setelah itu langsung masuk kantong, maksud dia bikin uang kertas jadi jelek dan kusut gitu (ya elah bang, kalau kusut tinggal di setrika aja kale). Dia merasa heran kenapa uang kertas gak langsung di simpan dengan rapi di dalam dompet, menurut ngana? Mana gua tau ya, mungkin itu kebiasaan orang-orang tertentu kali, sepertinya dia hanya melihat segelintir orang yang melakukan hal seperti itu tapi langsung mengeneralisasi (gila bahasa gua macam ngerti aja apa maksudnya) kalau semua orang ternate kayak gitu.

7. Makan

Orang indonesia saat lagi makan kemudian ada orang yang nyamperin pasti langsung kita tawarin makan kan, misal contoh kalimatnya : “eh mari makan/ makan makan/ makan yuk” pokoknya mirip-mirip kayak gitu deh kalimatnya. Hal itu aneh menurut suami saya, kenapa harus selalu ngajakin orang makan? Kalau situ lagi makan ya lanjut aja makan, perkara tuh orang mau ikut makan juga pasti dia ambil sendiri makanan di atas meja. Begicuuu kata dia, ih dia gak tau ya kita orang indonesia kan selalu menjunjung tinggi asas pantang nyoba kalau belum di tawarin,hehe

Masih banyak sih culture shock nya Suami waktu baru awal-awal ke Indonesia, tapi yang saya inget kurang lebih beberapa poin di atas itu. Menurut saya jangankan beda benua, yang kita orang indonesia beda pulau aja juga banyak culture shock nya. Saya ingat banget tuh dulu waktu awal kuliah di Yogyakarta, saya punya teman orang Sumatra dan Jawa yang setiap saya ngomong mereka selalu mikir kalau saya lagi berantem, hahaha katanya intonasi suara saya selalu meninggi padahal menurut saya biasa aja, maklum yeee orang timur ngomong agak keras dikit, hehe

Btw kalian juga pernah ngalamin culture shock gak?

Cerita Gerhana Matahari Total di Ternate

  
Ini adalah kali ke dua saya lihat Gerhana Matahari, kali pertama itu saya lihatnya tahun lalu di Roma, Italy, tapi yang di Roma tahun lalu bukan GM total kayak yang baru aja terjadi kemarin  di Ternate dan juga orang-orang disana (dilingkungan tempat tinggal saya waktu itu) biasa-biasa aja, gak ada yang berubah, semuanya dataaaaar bro! Pindah ke Indonesia eh dapat kesempatan lagi untuk lihat GM dan kali ini Total!

Sejak jam 8 pagi udah stand by di satu titik siap-siap buat liat GMT, tapi apa daya kan saya nontonnya bareng pak suami (dibaca: calon artis) yang ada begitu nyampe sana orang yang pengen minta foto sama dia itu buaaanyaaaaak! pake bangeeet! dan non stop! ini beneran loh dia sampe kewalahan ngeladenin orang yang pengen minta foto sama dia dan lucunya semua orang yang pengen minta foto sama dia tuh permintaannya aneh-aneh, ada yang minta anaknya digendong, ada yang minta foto sama 3 anaknya dan semua tangan anaknya harus dipegang lah pegimana caranya coba! bahkan yang lebih aneh ada yang pengen minta di peluk, karena gak di peluk akhirnya dia yang meluk suami saya, wkkwwkkw duh bu ibu ni ada-ada aja, akhirnya segala impian kita untuk duduk manis liatin GMT malah bubar. 

  
  
  

  
#minta foto tapi anaknya harus digendong

Ujung-ujungnya pasti saya deh yang disuruh fotoin mereka, seperti biasa saya kalo jalan dengan suami sudah jelas saya pasti dikira tour guide nya dia, mana ada yang nyangka kalo saya ini istrinya, bahkan ada beberapa orang bu ibu yang nyolek saya dari belakang trus bilang “mbak, nanti tolong fotoin aku sama bule itu ya, soalnya dia ganteng sih”, dyaaaar dia ngomong gitu gak tau kalo saya istrinya si bule,hihihi ada lagi cerita lucu yang mana ada seorang cowok tour guide beberapa bule juga pas ketemu saya langsung samperin dan ngomong “kamu bawa tamu dari mana?” (nunjuk ke arah suami) saya bilang aja “tamu saya dari Rumania, tamu kamu dari mana mas?” dia jawab kalo tamunya dari Slovenia trus langsung melengos. wkwkwkwk tampang saya kelihatan banget kayak guide gitu kali yes, atau mungkin mereka yg kurang piknik dan gak pernah liat istri bule yang berjilbab dan unyu-unyu seperti saya ini?

  
#akhirnya saya yang fotoin mereka

  
#karena gak ada yang ngajikin saya foto akhirnya minta foto bareng temen-temen sendiri

Baiklah kita tinggalkan cerita pak suami dan para fansnya itu dan lanjut cerita GMT, saat waktu menunjukkan pukul 9.52 WIT puncak GMT maka keadaan sekitar tiba-tiba menjadi gelap gulita, saking gelapnya saya sampe bisa lihat bintang loh, dan keadaan ini sukses bikin bulu kuduk saya merinding, gila ya jam 10 pagi dimana matahari lagi setrong-setrongnya tiba-tiba bisa gelap gulita kayak gini! langsung ingat kebesaran tuhan, tiba-tiba jadi sedih trus ingat dosa-dosa yang makin banyak ini, maaak kalo hari itu langsung kiamat pegimana yak, tapi keadaan berubah setelah mulai terang lagi, perasaan mulai lupa akan dosa-dosa dimasa lampau trus karena orang pada tepuk tangan jadinya suasana mulai riang gembira kembali. 

  
#udah mulai gelap

  

  
#gelap kan?

Oh ya banyak juga loh event yang di adakan oleh pemerintah daerah kota Ternate dalam menyemarakkan momentum GMT ini, misalnya event “Ternate Tourism Expo 2016” dimana terdapat beberapa stand pariwisata yang didirikan untung memperkenalkan keindahan kota Ternate, terdapat pula permainan tradisional seperti bambu gila dimana bambunya itu bergerak sendiri dan kita harus nahan bambunya sekuat tenaga,pas acara ini lagi-lagi pak suami kebanjiran job diwawancara terus, dia di ajak main bambu gila juga tapi gak mau akhirnya mereka ngajak bule-bule yang lain deh.

  
  
#ditawarin ikutan main bambu gila

  
#lagi di wawancara sama anak SMP buat tugas sekolah mereka

  
#siap-siap main bambu gila

  
Ada juga event wisata kuliner dari seluruh nusantara yang di adakan di “Fort Orange” dan seperti biasa karena saya bawa artis maka dia doang yang jadi pusat perhatian di tarik ke stand kiri dan kanan buat nyobain makanan mereka, akhirnya keealahan sendiri karena banyaknya penggemar yang mInta foto disana dan dia gak bisa menikmati acaranya karena di todong terus minta foto akhirnya minta pulang karena cuacanya waktu itu juga lumayan terik. 

  
  
  
  
#anak-anak menarikan tarian tradisional

Sekian deh laporan saya dari serangkaian acara dalam menyambut GMT di Ternate. GMT di kota kalian gimana?