Panen Buah di Rumah Part 2

Cerita panen buah nih udah lama banget, baru sempat cerita sekarang, hehe maapkan *ngomong kek gini kayak ada yang mau tau cerita gue aje πŸ˜›

Setelah kemarin dah cerita tentang panen buah alpukat dan jambu air maka hari ini mau cerita tentang panen buah mangga dan tomat di rumah. Di rumah saya ada dua pohon mangga tapi berbeda jenis, saat panen kemarin buahnya melimpah ruah, dan seperti biasa kita bagiin ke tetangga, sodara dan dimakan sendiri. Karena saya orangnya kurang kreatif jadi buah mangganya saya bikin jus lagi, kalo rajin bikin agar-agar mangga atau ya dimakan langsung aja gak usah repot, terakhir mati gaya gak tau mau bikin apa lagi, ni mangga kok gak abis-abis ya! tapi lumayan banyak juga sih yang di colong sama anak tetangga, duh anak-anak nih paling gak bisa dh liat mangga nganggur, ada yang belum mateng udah di petik aja padahal udah saya sayang-sayang tuh jangan di petik dulu, tunggu mateng baru di petik, ndilalah anak tetangga pada bandel-bandel. 

  
Nih dia pohon mangganya, foto dibawah ni cuman beberapa hasil panennya aja, seenarnya sih lebih banyak dari ini tapi gak bisa dipetik bersamaan karena matengnya gak merata, jadi sebelum petik harus dipilih-pilih dulu. 

   
   
  
#agar-agar mangga ala-ala πŸ˜›

Cerita panen buah yang berikutnya adalah panen buah tomat, ini seru banget karena kita tanam dan rawat sendiri dan hasilnya instant ya, kurang lebih 3 bulanan udah bisa panen, suami saya senang banget nih bisa makan tomat segar yang baru di petik setiap hari. Oh ya karena lahan untuk tanem buah tomatnya gak terlalu besar jadinya kita tanem di plastik polybag apa ya namanya itu, gak tau cara nulisnya bener apa gak, kalo ada yang tahu tolong di koreksi ya. Sebenarnya kami juga sempat sih coba tanem sayur bayam merah, begitu muncul tunas saya udah seneng banget tapi besoknya saya tenggok lagi udah ludes di makan ayam tetangga *jitakin ayam tetangga atu-atu*, ih tetangga nih gak anaknya gak ayamnya sama-sama ngerecokin hidup saya #edisi lebay. Kami juga sempat tanam buah terong tapi cuman sempat berbuah beberapa biji aja abis itu semua tanamanya diserang hama, ada semacam putih-putih gitu di daunnya, terpaksa deh daya musnahkan semua tanamanya, takut mengganggu pertumbuhan tanaman disebelahnya #edisi gagal panen.

  
pohon tomatnya udah mulai tumbuh

   
    
 
mau makan tomat segar, tinggal petik

 

Tomatnya dimakan sama salad tuna

  
   
 
# 2 buah terong yang masih sempat di selamatkan  dari serangan hama

Oh ya lupa mau nambahin satu lagi, untung di ingetin mbak Titin, jadi saya juga punya beberapa tanaman cabe di rumah, jadi cukup jarang kalo mau beli cabe di pasar kan udah ada tinggal petik aja, kan masak pake cabe juga gak banyak-banyak jadi cukuplah ambil di kebun sendiri. Yang lagi di tungguin progress nya tuh pohon pepaya, kayaknya sih masih lama, pohonya masih kecil soalnya, nanti deh ya kalo dah berbuah baru saya update lagi (kapan tahun itu bakalan berbuah ya?) *tanyakan pada rumput yang bergoyang* 

   
 

Advertisements

111 thoughts on “Panen Buah di Rumah Part 2

    1. Manis Ji mangganya gak ada yang asem, jadi aman di kasih tetangga gak malu-maluin, takut asem kan malah gak rnak di kasih orang, hehe
      iya bener bisa bikin sambel mangga, kok aku gak kepikiran ya *tanya diri sendiri* πŸ˜€

      Like

    1. ih senangnya ada penggemar rahasia juga ternyata,makasih ya Tin :-D, cabe juga ada kok, cuman tadi lupa masukin fotonya, nanti aku edit lagi deh post nya, masukin gambar cabenya juga πŸ˜‰

      Like

    1. iya, pengen rasanya ngasih tau ortunya, tapi palingan juga cuman di cuekin sama mereka, masa pager udah jelas2 di tutup tapi sempat-sempatnya di geser sama mereka, tembok udah sengaja di tinggiin, masih aja bisa di panjat sama mereka, hadeeeeh *seandainya sini ada apartemen yak πŸ˜›

      Like

  1. Saya nungguin cerbung panennya kok Mbak.:D
    Ah itu mangganya bikin mupeng deh. Rajin bener Mbak, pohon tomatnya banyak ya.:D
    Aku iseng beli bibit terong di superindo terus mama ku tanam, udah beberapa kali panen. Enak bener rasanya makan terong hasil panen sendiri, secara kalau aku ke pasar beli terong pada tua-tua sampe mama ku ngomel mulu.hahahahaha

    Liked by 1 person

    1. duh ada yang nungguin postinganku, jadi gak enak nih posting telat terus,hehe, makasih ya Wulan *hug dari jauh* πŸ˜›
      eh ternyata dirimu nanem terong juga ya? seneng ya rasanya bisa punya hasil kebun sendiri πŸ˜€

      Like

      1. Sama-sama lho, makasih juga udah share Mbak.:D
        Iya Mbak, gara-gara iseng liat bibitnya. Udah berapa kali panen, dimasak beda-beda.hahahaha
        Seneng sih Mbak pas sesi makannya doang tapi.:))

        Liked by 1 person

  2. SUPER SEKALIIII!!!!! tomat aku aja sama sekali ga nambah2 tingginya, tau deh, bakal tumbuh apa nggak huhuhu
    bawangku, tumbuh, tinggi, tapi ga ada bawangnya masa, jadi yg dipanen “daun bawang” aja huhuhu

    Liked by 1 person

  3. Oh noooo..haruskah aku liat si mangga menggoda itu malem2 beginii. Ahahaha..aku penggemar berat buah mangga adhyaa. Ini baca sambil nelen ludah muluu. Kamu pinter banget berkebun.. kereeenn. Kalo di jkt bisa ikutan komunitas Jakarta Berkebun tuh adhya. Aku mau loh diicipin hasil kebunnya #eh 😁

    Like

    1. wah ada penggemar mangga nih, mangga selalu jadi idola, sekarang aku makannya pake balas dendam krn waktu di italy adanya cuman pas summer udah gitu malah pula, jadi makannya di tahan2. hayuk emaknya Nala kita berkebun πŸ˜‰

      Like

    1. tanah di rumahnya emang agak nanjak gitu, hm…gmn ya jelasinnya, jadinya ya gitu tetangga sebelah kanan rumahnya jadi lebih di bawah sedangkan tetangga sebelah kiri rumahnya jadi lebih tinggi Syer, maklum daerah pegunungan jadi gak rata,hehe

      Liked by 1 person

  4. Ahh ada mangga, rumah (bapak) saya dikampung sekarang sudah tidak ada pohon mangga lagi hiks. Padahal dulu sampe ada tiga pohon. Gegara akar mangga ini ganas, ngerusak kolam… jadi biar kolam gak bocor2 mangganya yang harus ngalah. Ditebang.

    Liked by 1 person

  5. Duh mangganya bikin ngilerrr πŸ˜‚ tahun lalu aku mah nanem tomat gagal panen kena hama πŸ˜… skrg lg mulai neh moga2 bagus ntar…πŸ˜†

    Liked by 1 person

      1. Ea ini selain tomat aku jg nanem buncis ijo buncis ungu trus kacang panjang kubis cina , zucini, labu air n labu kuning, kentang, banyaaak dah πŸ˜… terong dan kacang di green house kmren di tinggal ke belanda beberapa benih kacang di bantai tikus πŸ˜…

        Liked by 1 person

      2. Tahun lalu cuma nanem buncis kentang bayam radish dan kacang peas, ya dikit2 gtu lbih dr cukup buat dimakan sendiri.tahun ini nanem lbih beraneka sayuran dan bunga2 πŸ˜…

        Like

      3. Cape ah klo buat usaha πŸ˜… dulu suami usaha nursery 2 hektar tp udah di jual kecapean mending buat sendiri aja lbih enjoy

        Like

  6. Wooooooooooooowwwwwwwww Adhyaaaa!!!! Susah banget kali yah menjaga kebun sebesar itu! Jadi inget dulu waktu aku masih kecil di rumah belakang ada pohon belimbing yang gede banget. πŸ˜€ Mangganya bikin ngileeeeeerrr…

    Like

    1. capek bersihinnya Steph, kadang di biarkan terbengkalai, musim hujan gini rumputnya cepat banget numbuh, udah kayak hutan belantara kalo tiap 2 minggu gak di potong * eh gimana kok malah curhat ini* πŸ˜€

      Liked by 1 person

      1. Aamiin… Aamiin… semoga terwujud.. makasih kak Adhya. Rasanya enak aja kalo mau makan tinggal petik dari kebun sendiri. Efek dulu tinggal di desa πŸ˜€

        Like

  7. Wowwwww seru bangetttt! Buah/sayuran hasil tanam sendiri memang the best, selalu membawa kepuasan dan kebanggaaan sendiri β™‘β™‘β™‘β™‘

    Like

  8. Mbaa Adhya, bagus banget penataan kebunnyaa, keliatan kalo yang punya tuh telaten beingit hihihi

    eh itu mangganyaa bikin mupeng dehh, pengen nanam juga tapi malas nguruss wkwk

    Like

  9. Seru yaaah.. mau doong.. sy jg tanam tomat, cabe, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk sambel.. berhubung halaman sempit jd masing2 1 pot.. tp kenapa gak berbuah2 ya.. cuma jeruk sambel aja yg rajin berbuah.. tips nya dong mb Adhya.. tips perawatan tanam menanam

    Like

    1. wah ada sahabat berkebun yg lain ternyata,hehe banyak juga jenis yg di tanem walaupun cuman atu yg penting beraneka ragam :-). wah saya belum ahli nih ngasih tips, ini juga cuman nanem ala-ala kadanya, tenyata jadi,ya sudah sekalian pamer #eaaak

      Like

  10. Asyik banget Dhy punya pohon mangga, mateng tinggal petik gak usah ke pasar beli hehe πŸ˜€ . Kirain yg hijau masih pada mengkel ternyata sudah mateng ya πŸ™‚ . Seneng aku lihat kebunmu Dhy pengen juga punya lahan luas haha.

    Like

    1. yg ijo juga udah mateng kok mbak, warnanya gak berubah, harus di pegang kalo dh lembut berarti dh mateng, kalo msh keras biasanya masih asem banget :-), kebun mbak Nella disana juga dh bagus banget, bunganya aja dh bermacam2 πŸ˜‰

      Like

  11. Waah.. yaampun mbaa.. Keren banget bisa panen sebanyak itu, macem2 lagi ada mangga, tomat, cabe, alpukat aaah.. mauuuu.. πŸ˜€ πŸ˜€
    Jadi penasaran luas halamannya berapa hektar itu hahaha πŸ˜€

    Like

      1. yang nanem dia juha kok, saya gak berbakat kalo suruh nanem :-D, iya enak klo punya kebun sendiri dirumah, misalnya cabe setiap mau bikin sambel saya tinggal petik aja dari kebun, gak usah beli2 di pasar

        Like

  12. aku penasaran sama komentar suami mbak ttg betapa mudahnya menanam apapun di tanah Indonesia, hehe.

    btw, itu bisa pake furadan 3G dulu mbak sebelum masukin benih. Biar nggak kena penyakit. Apalagi tomat. Bagus deh mbak nanem sendiri di rumah, Kalo beli di luar, mesti dicuci pakai air garam (direndam) dulu karena pestisida di tomat itu paling gila-gilaan pemakaiannya. Rentan penyakit soalnya. Itu keren banget bisa berhasil panen. Bagus-bagus pula.

    note: kalo ada pertanyaan seputar pertanian, call me please mbak haha. Kebetulan banget aku ambil matkul proteksi tanaman >,<

    Liked by 1 person

    1. wah ada pakarnya disini, makasih ya infonya, bener banget, pas akhir2 panen kualitasnya udah jelek, banyak ulat nya yg kecil2 itu loh di dalam tomat makanya langsung aku musnahkan juga:(, btw aku baru tau kalo tomat yg di beli di kuaran harus di rendam air garam dulu, pengetahuan baru nih, makasih ya πŸ™‚

      Like

      1. pertanyaan aku yang satunya belum dijawab mbaaak haha *protes muluk*

        komentar suami mbak dgn mudahnya nanem apapun di sini. aku aja pas lihat itu foto-foto buahnya, Ya Allaaaah, amazing sendiri. Ga ada winter jadi gampang deh mau nanem-nanem. Etapi di tempat suami mbak dulu itu ga ada winter yah? lupa deh kayak pernah baca di postingan manaa gitu

        Like

      2. kalo di Negaranya Rumania ada winter say, jadi ya emang susah kalo mau nanem2 gitu, tapi kan kemarin kita gak tinggal di negaranya dia, kita tinggal di Rome, Italy, nah disana tu gak ada salju jadi tetap ada kegiatan bercocok tanam buat yg punya lahan di rlakang rumahnya, berhubung rumah kami di apartemen lantai 3 jadinya gak punya lahan, tapi ya sama aja disana kalo pas winter walaupun gak salju mereka juga gak ada kegiatan bercocok tanam gitu, pas summer aja πŸ™‚

        Liked by 1 person

  13. lama ngga baca pos di reader akhirnya memberanikan diri mampir….ah enak banget halaman rumahnya bisa jadi banyak eksperimen bertani..
    wuiiih manggaaa….

    Like

      1. iya lumayan terutama untuk buat tomat, suami saya suka banget makan tomat segar gitu jadi gak perlu susah2 kepasar buat beli, krn di rumah juga dh ada stok nya πŸ™‚

        Like

  14. Duch mangga nya bikin ngiler,
    Gw punya pohon belimbing di rumah, sekarang usia nya mungkin sudah 20 th an lebih dan itu kalo berbuah buanyak dan manis. Keluarga ku dah eneg2 ama belimbing jadi kalo berbuah, malah kita bagi2 ke orang2 yg lewat depan rumah hehehe

    Like

    1. wah belimbing seger banget itu kalo dibikin jus/dimakan langsung enak semua bikin seger, biasanya kalo idah kebanyakan malah bikin eneg ya, makanya dibagi-bagiin ke orang lain πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s