Panen Buah di Rumah Part 1

Minggu ini di rumah saya panen 2 jenis buah sekaligus! yang pertama panen buah alpukat, aseeeek bisa bikin jus alpukat tiap hari nih, tapi pohon alpukatnya gak terlalu banyak buahnya, gak apa deh yang penting cukup lah ya dibagi-bagi untuk keluarga , gak kuat juga kalau harus di makan sendiri. Karena saya orangnya tidak kreatif jadinya beberapa hari ini alpukatnya di bikin jus doang, terus ditambahain susu kental manis coklat yang banyak, sayang gak punya fotonya nih, keburu abis di minum pak suami (kenyataannya saya yang paling banyak ngabisin). Makan alpukatnya sekalian balas dendam, soale waktu masih tinggal di Italy pas summer pasti buah alpukat mulai bermunculan di pasar-pasar tradisional ataupun swalayan tapi kebanyakan buah alpukatnya itu import dari negara Brazil dan harganya satu buah yang kecil aja udah 4€, jadilah di tahan-tahan, belinya dikit-dikit aja, sekarang? huahahaha makan sampe bosen πŸ˜€

  
#alpukatnya baru di petik nih

  
#abaikan rumput dan dedaunan kering yang belum sempat di bersihin πŸ˜›

Yang kedua panen buah jambu air. Untuk Buah ini panennya melimpah ruah, tiap hari di ambilpun gak abis-abis, kebanyakan malah buahnya jatuh sendiri trus rusak deh tapi kalau buahnya masih utuh dan bagus tetap diambil juga sih * ogah rugi*, hehe. Tiap hari ngerujak pake jambu air, bagi-bagiin ke sodara plus tetangga juga. Ambil buahnya pake galah khusus buatan pak suami, tapi sayang jambunya kadang banyak ulatnya, jadi kalo mau makan harus liat-liat dulu jangan langsung masukin mulut. Suami saya sih gak suka makan jambu, dia cuman ngambil doang :-D. Udah segitu aja sih postingan singkat, padat dan tidak jelas hari ini, hehe ntar di postingan berikutnya mau cerita panen buah mangga dan tomat di rumah saya. Stay tune πŸ˜‰

  
#ambil yg warnanya dah merah bang

  

Advertisements

78 thoughts on “Panen Buah di Rumah Part 1

  1. Daripada dibagi2 in gratis, lebih baik mulai mematok harga biar lebih untung. Dulu jambu merah saya juga gitu. Ternyata waktu dijual di pasar banyak yg mau beli ha ha ha……..

    Sesuatu yg kita anggap tidak berharga ternyata bisa jadi sesuatu yang berharga bagi orang lain.

    Like

    1. iya kenapa ya jambu merah ni setiap berbuah selalu aja banyak ulatnya, kan sayang di buang padahal kan buahnya kan banyak banget. Mas jualan alpukat juga ya di lapak buahnya sekarang? harganya brpan per kilo? πŸ˜€

      Like

      1. Klo alpukat disini sedang mahal-mahalnya. Stocknya sedikit. Harganya bisa nyampe 20 ribu per kilo ha ha ha itu lumayan apukatnya klo dijual.

        Like

  2. Asyiiikk.. mau doong alpukatnyaa.. gimana sih pilih alpukat yg bener matangnya? Sy suka beli tp sering gagal makannya.. kadang keras agak pahit, kadang busuk gak rata..

    Like

    1. kalo alpukat saya udah di petik walaupun msh keras, katanya buat tau dia dh mateng atau belum tinggal di goyang2 aja, kalo biji nya macam dh lepas/berasa gerak2 gitu berarti dh boleh di petik tinggAl di tutup aja di kardus atau masukin dlm beras biar mateng sempurna :-D. saya gak ngerti juga sih cara pilih alpukat yg bagus, kayaknya sih asal gak terlalu lembek msh bagus *sok tau*

      Like

  3. Woohhh Adhya, alpukatnya menggiurkaann. Aku disini pasti beli Alpukat kalo ke pasar, €1 dapat 3-4 ukuran sedang. Alpukat selain dibikin jus, sering kutambahin ke salad sama sayuran mentah lainnya atau dibikin Guacamole dibuat colekan sama keripik.

    Like

    1. murah banget alpukat disana mbak, kok di Roma mahal ya. Mbak Deny kreatif orangnya jadi alpukT bisa di bikin macem2, lah saya cuman yang mainstream aja, apalagi kalo bukan di jus πŸ˜€

      Like

      1. Nang Haagse Markt Mel, pasar kebanggaankuu haha. Kan disana nyaris semua serba €1 segala jenis buah dan sayur. Lha cabe rawit merah sekilo aja €4πŸ˜…

        Like

  4. wuiiiiiii asik banget panennya, alpukat dan jambu air, metis dong mba?
    Aku berasa kangen kampung euuuuy >_<

    Like

  5. heheheh pak suami kliatannya gak perlu pake galah bisa metikin langsung deh dhy πŸ™‚

    btw alpukat yang begini ini yang gak ada disini ya dhy. yang dijual disini kulitnya gak setipis kulit alpukat kita.

    salam
    /kayk

    Like

    1. Wahaha iya bener mba kay, tinggi tukang alpuketnya hampir sepohon haha πŸ˜€

      Mending di jus, aku mah parah cuma dibelah trus dimakan langsung gapake susu kental ato gula <— cewe pemalas. hihi

      Liked by 1 person

    2. iya bener mbak, kalo ada jambu yg pendek2 biasanya dia gak perlu jinjit udah ke ambil semua, yang agak tinggian dikit baru deh di pakein galah,hehe
      yup alpukat sini kulitnya tipiis banget, jadinya isinya banyak satu biji aja udah bisa bikin jus beberapa gelas πŸ™‚

      Liked by 1 person

  6. pohon alpukat suka banyak uletnya gak sih?
    di rumah yg dulu ada pohon alpukat gedeee, tapi klo udah berbunga uletnya banyak bingiiitttsss
    jadi masih maju-mundur mau nyari bibit pohon alpukat -__-“

    Like

    1. oh ya? pohon alpukat aku gak per ah ada ulatnya say, gak pernah merhatiin dgn detail sih tapi ang gak pernah liat deh ada ulatnya, pohonya juga gak tinggi2 banget sih. coba ditanem lagi siapa tau kali ini gak ada ulatnya πŸ™‚

      Like

  7. wuih, ngiler sama alpukatnya mbak…
    di lidle atau netto harga alpukat diatas 1 euro satu… itu pun yang kecil, nggak seperti ini besar-besar. jadi, ya, jarang beli. paling saya beli yang musim, biar murah.

    mbayangin ngerujak jambu, dikasi bumbu pedas… enaknyaaa

    Like

  8. asik banget ya kalo di rumah ada kebun kecil gitu. Sayur mayur juga adakah mbak? apalagi toga tuh, penting deh kayaknya. Sekalian bumbu dapur, biar ga repot ke warung atau pasar hihi

    Like

  9. Alpukatnya mauuuu. Disini mahaaal. 😦 aku sempet ikutin di internet yang bijinya kurendam dalam air supaya tumbuh daun gitu sebelum ditanam, tapi bijinya malah busuk jadinya 😬

    Like

    1. iya di yurop buah2 an tropos gini mahal *ya iyalah*, mumpung ada jadi di sikat semua sampe bosen sendri liatnya. biasanya kalo ikut tutorial gagal, giliran asal2 sebar benih/bibitnya malah jadi,hehe

      Like

    1. ahahaha,,iya ya seandainya dekat kita bisa saling mengunjungi, bagi2 hasil panen juga bisa ;-). jambunya manis mbak, tapi gak tau tuh, dia gak suka aja, kalo mangga dan alpukat dia suka pake banget πŸ™‚

      Like

  10. wah sudaah biasa jualan buah tuh panen terus..sekalian suruh si abang yusuf tanam hidrofonik ya ekh maafkan mrbig ya beljm pernah nyapa dia sibuk skrg lagi diluar kota…safari ramadhan.. asal dia happy dengan petualangannya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s