Arsip Harian: Juni 3, 2016

Panen Buah di Rumah Part 2

Cerita panen buah nih udah lama banget, baru sempat cerita sekarang, hehe maapkan *ngomong kek gini kayak ada yang mau tau cerita gue aje 😛

Setelah kemarin dah cerita tentang panen buah alpukat dan jambu air maka hari ini mau cerita tentang panen buah mangga dan tomat di rumah. Di rumah saya ada dua pohon mangga tapi berbeda jenis, saat panen kemarin buahnya melimpah ruah, dan seperti biasa kita bagiin ke tetangga, sodara dan dimakan sendiri. Karena saya orangnya kurang kreatif jadi buah mangganya saya bikin jus lagi, kalo rajin bikin agar-agar mangga atau ya dimakan langsung aja gak usah repot, terakhir mati gaya gak tau mau bikin apa lagi, ni mangga kok gak abis-abis ya! tapi lumayan banyak juga sih yang di colong sama anak tetangga, duh anak-anak nih paling gak bisa dh liat mangga nganggur, ada yang belum mateng udah di petik aja padahal udah saya sayang-sayang tuh jangan di petik dulu, tunggu mateng baru di petik, ndilalah anak tetangga pada bandel-bandel. 

  
Nih dia pohon mangganya, foto dibawah ni cuman beberapa hasil panennya aja, seenarnya sih lebih banyak dari ini tapi gak bisa dipetik bersamaan karena matengnya gak merata, jadi sebelum petik harus dipilih-pilih dulu. 

   
   
  
#agar-agar mangga ala-ala 😛

Cerita panen buah yang berikutnya adalah panen buah tomat, ini seru banget karena kita tanam dan rawat sendiri dan hasilnya instant ya, kurang lebih 3 bulanan udah bisa panen, suami saya senang banget nih bisa makan tomat segar yang baru di petik setiap hari. Oh ya karena lahan untuk tanem buah tomatnya gak terlalu besar jadinya kita tanem di plastik polybag apa ya namanya itu, gak tau cara nulisnya bener apa gak, kalo ada yang tahu tolong di koreksi ya. Sebenarnya kami juga sempat sih coba tanem sayur bayam merah, begitu muncul tunas saya udah seneng banget tapi besoknya saya tenggok lagi udah ludes di makan ayam tetangga *jitakin ayam tetangga atu-atu*, ih tetangga nih gak anaknya gak ayamnya sama-sama ngerecokin hidup saya #edisi lebay. Kami juga sempat tanam buah terong tapi cuman sempat berbuah beberapa biji aja abis itu semua tanamanya diserang hama, ada semacam putih-putih gitu di daunnya, terpaksa deh daya musnahkan semua tanamanya, takut mengganggu pertumbuhan tanaman disebelahnya #edisi gagal panen.

  
pohon tomatnya udah mulai tumbuh

   
    
 
mau makan tomat segar, tinggal petik

 

Tomatnya dimakan sama salad tuna

  
   
 
# 2 buah terong yang masih sempat di selamatkan  dari serangan hama

Oh ya lupa mau nambahin satu lagi, untung di ingetin mbak Titin, jadi saya juga punya beberapa tanaman cabe di rumah, jadi cukup jarang kalo mau beli cabe di pasar kan udah ada tinggal petik aja, kan masak pake cabe juga gak banyak-banyak jadi cukuplah ambil di kebun sendiri. Yang lagi di tungguin progress nya tuh pohon pepaya, kayaknya sih masih lama, pohonya masih kecil soalnya, nanti deh ya kalo dah berbuah baru saya update lagi (kapan tahun itu bakalan berbuah ya?) *tanyakan pada rumput yang bergoyang*