Arsip Tag: pengalaman jadi guru tamu di TPA

Pengalaman Menjadi Guru Tamu Bahasa Inggris

Ini ceritanya udah lama sih, baru sempat tulis sekarang. Jadi begindang, seperti biasa ini bukan cerita tentang saya melainkan cerita pengalaman bule Romania itu, saya mah apa atuh cuma remah-remahan biskuit, boro-boro jadi guru bahasa enggres, ngomong aja masih belepotan,hehe.

Cerita bermula saat salah satu Ustad yang pernah ngajarin adek saya ngaji bertandang ke rumah orang tua saya dan kebetulan kami pun ada di sana, ngobrol ina-itu akhirnya Pak Ustad menanyakan jika kami berkenan untuk maen ke TPA ( Taman Pendidikan Al-Qur’an) nya beliau, dia mau suami saya jadi guru tamu disana, soalnya selain TPA disana juga ada tempat kursusnya, selain kursus matematika, bahasa Indonesia ada juga kursus bahasa Inggris. Tanpa pikir panjang setelah nanya ke suami dan dia bilang Ok langsung deh kita bilang Iya ke pak Ustad. 

  
#Suami dan Pak Ustad

Tiba hari H, janjian setelah shalat magrib, karena kursusnya mulai jam segitu, sore hari biasanya mereka belajar ngaji dulu, malamnya baru kursus biasa di tempat yang sama. Pas nyampe sana udah disambut sama murid-murid dari TPA dengan nyanyian kasidahan lengkap dengan dentum pukulan rebana, yassalam ini pak Ustad lebay banget sih, kayak mau jemput tamu kehormatan aja, tapi gak apa juga deng lumayan jadi artis semalam (suami saya, bukan saya!), mereka gak antusias ngelihat saya, yang ada begitu sampai sana semua murid berebut mau salim sama dia doang *istri mulai merasa iri*.

   
#Suami sedang memperkenalkan diri

Acarapun dimulai, skema ngajarnya cuman tanya jawab, suami bercerita kemudian bertanya lagi ke murid-muridnya, setelah itu mereka yang mengajukan pertanyaan, dan tenang ada gurunya yang mendampingi mereka sebagai penerjemah, saat suami sibuk cuap-cuap, saya dibelakang sibuk ngemilin rambutan (dikasih sama istrinya pak ustad,hehe). Acara berlangsung kurang lebih 2 jam, sisanya satu jam berikut buat sesi foto-foto yang tiada akhir, murid yang pertanyaannya bagus hadiahnya boleh foto bareng sama pak guru bule (ini beneran loh!). Acara foto bareng selesai kita disiguhin buah-buahan dan kue, lanjut ngobrol sebentar abis itu pulang deh. 

  
#salah seorang murid sedang mengajukan pertanyaan

  
  
#Foto bareng murid dan beberapa staf pengajar disana
Oh ya, kegiatan ini dilakukan suami saya secara suka rela, yang penting  pak ustad seneng ada guru tamu disana dan suami juga seneng bisa punya pengalaman baru ­čÖé