Arsip Tag: hujan

Hujan

Hari ini kota Roma di guyur hujan, hujannya awet banget dari kemarin sore sampe siang ini gak berhenti-berhenti, paling banter gerimis abis itu lanjut ujan agak deres lagi abis itu gerimis mengundang lagi begitu seterusnya. Minggu lalu juga gitu, hujan 2 hari gak berhenti bikin saya malas untuk jalan keluar rumah yang berakibat pada di pelototin pak suami karena gak berangkat ke sekolah bahasa. Untungnya bukan di jakarta ya, kebayang dah tuh jakarta yang hujan hanya beberapa jam aja bisa macet (gak ujan juga macet). 

Hujan yang non stop ini bikin suhu udara jadi turun lagi, padahal udah masuk musim semi yang harusnya suhu sudah mulai menghangat, tapi karena hujan terus jadilah suhu turun dibawah 10 derajat dan yang bikin kesel harus nyalain heater (alat pemanas ruangan). Akibat nyalain heater ini sudah pasti berujung pada tagihan gas bulan depan yang akan meningkat,huft….

Gila aja bulan kemaren saya bayar tagihan Gas hampir 100‚ā¨, belom listrik, air, sampah, internet dll. Akhirnya ikutin tips dari mb Mikan buat penghematan,  pas lagi keramas shower di matiin, lampu di beberapa ruangan juga kalau gak ada orang ya dimatiin, kalau lagi masak ya masakannya di tutup biar cepat matang, masaknya juga yang banyak sekalian biar gak masak lagi berulang-ulang *hemat gas*

Sekian curhatan dari emak-emak pengangguran, bagi yang mau nambahin tips-tips biar lebih hemat listrik/gas dll silahkan di share di kolom komen ya, Terima kasih ūüėČ

Cuaca Dingin Bikin Malas

Hellooo¬†eperibodeeeeh‚Ķbagaimana kabar kalian semuanya? sehat? Alhamdulillah. Bagaimana cuaca di tempat kalian?masih anget-anget aja? di sini sudah mulai dingin, dan ini adalah musim dingin pertama saya sejak tinggal di Roma *penting ya di kasih tau?* ūüėÄ

Musim dingin gini menghambat banyak kegiatan di luar rumah yang mana efeknya bukan itu saja, cuaca dingin juga membuat nafsu makan saya bertambah dan sudah pasti berat badan ikut meningkat. *nestapanya*.

Menurut penelitian ada kecenderungan orang untuk makan lebih banyak pada saat cuaca dingin. Keadaan ini dapat meningkatkan berat badan rata-rata 0.5- 1 kg/orang dan bagi orang overweight atau kegemukan peningkatannya cenderung lebih banyak. Dan dalam penelitian lainnya menyebutkan pada musim dingin (disaat matahari jarang timbul dan suasana menjadi gelap) konsumsi makan seseorang menjadi 200 kalori lebih banyak daripada hari biasa.

Yup kita tinggalkan masalah berat badan saya yang meningkat karena musim dingin. Beralih kepada beberapa hal yang malas saya lakukan akhir-akhir ini sejak musim dingin dimulai :

  1. Males bangun pagi, haduh ini dingin bawaannya pengen ngeringkuk di dalam selimut aja tiap pagi. Beruntung saya punya suami yang baik, jadi sebelum dia berangkat kerja sarapannya dia buat sendiri, saya gak perlu repot bangun lebih pagi untuk buatin dia sarapan.
  2. Males mandi, dingin bhooo… selain karena emang jarang keringetan ya yang pastinya dingin banget. Biasanya sebelum musim dingin saya selalu mandi 2 kali sehari, sekarang cuman 1 kali sehari. pas lagi mandi sih emang gak dingin ya karena ada hot waternya, tapi pas selesai mandinya itu, keluar dari kamar mandi, ada angin dikiiit aja,,brrrrrr.. it‚Äôs cold..!!.¬†
  3. Males pipis, padahal musim dingin gini, frekuensi saya untuk pipis jadi lebih sering, tapi malah males ke kamar mandi karena kamar mandinya juga dingin, mau duduk di kloset dinginnya minta ampun, apalagi pas *maaf* mau cebok,,di rumah sih ada heater, tapi kan gak mungkin juga saya nyalain 24/7, bisa tekor bayar tagihan gasnya.
  4. Males keluar, apalagi alasannya kalau bukan D I N G I N, plus kalau anginnya lagi kencang, trus ditambah lagi turun hujan, becek gak ada ojek *cinca laura kalee* dan sialnnya lagi gak bawa payung. *sigh*. Pengennya tuh kalau jalan keluar pakai selimut aja, tapi gak bisa ya, bakalan diketawaain satu kelurahan nanti. Kalau bukan karena harus ke sekolah bahasa haleuhhh mending di rumah deh nonton film sambil selimutan.
  5. Males cucian gak kering. Walaupun pake mesin cuci yang sudah ada pengeringnya tapi kan gak terlalu kering ya, masih ada basah-basahnya dikit. mau dijemur butuh beberapa hari baru kering, karena gak kering sempurna kadang malah bikin pakaian bau apek, alhasil saya cuci lagi deh. Paling bete kalau cuciannya kebanyakan kaos kaki. alamat nggak bisa sering-sering ganti kaos kaki  atau bisa diterapkan pola pemakaian side-A side-B. dih, jijay!
  6. Nah ini, yang bikin kita tambah males waktu musim dingin. Badan yang kurang fit dan kurangnya kekebalan tubuh jadi gampang terserang penyakit. kehujanan dikit, langsung flu, langsung meriang. Jadi deh cuma tiduran aja. Enak sih, tapi kan sakit, masa enak?

Kok saya malah jadi banyak komplain sih, apa emang dasarnya saya aja yang males ya,hihihi. Kalau kalian sendiri gimana? punya pengalaman apa kalau lagi musim dingin atau musim hujan?