Cerita Tentang Samir

Rencananya pengen nulis cerita tentang drama setelah lahiran caesar tapi kok malas ya, soalnya kalau mau cerita harus panjang kali lebar, hehe nanti aja deh kalau ada rajin baru saya tulis ;-). Setelah sekian lama ini blog isinya terkadang cuman nyeritain tentang suami saya kali ini kita ganti dong, bapaknya dah gak laku lagi, sekarang kita ceritain anaknya aja ya,hehe

Samir apa kabar? alhamdulillah sehat…tanggal 13 januari nanti dia udah 2 bulan loh, duh emaknya dah gak sabar pengen liat Samir bisa cepet jalan (biar gak usah di gendong lagi). Pegel juga ya gendong anak tiap hari *mulai ngeluh*. Bagi yang pengen tau Samir tuh anaknya kek mana, berikut liputannya :

1. Samir ini tipe anak yang susah tidur

Samir itu walaupun udah ngantuk berat tetep gak bakalan tidur kalau belum di nina boboin, maksudnya harus di gendong sambil di nyanyiin. Dia tidak seperti anak-anak bayi lainnya yang kalau ngantuk tinggal di taruh aja di tempat tidur trus bobo deh,butuh waktu bisa sejam lebih cuman buat nidurin dia, nyanyinya sampe satu album sendiri eh anaknya tidur paling lama cuman setengah jam. Hal ini udah berlaku sejak dia lahir loh, heran deh biasanya anak bayi umur segini kan kerjaannya : tidur-bangun minum susu-tidur lagi, kalo samir : tidur-bangun nangis jejeritan-minum susu-nangis drama lagi-capek-baru tidur. Saya sampe googling loh berapa jam sih biasanya anak bayi umur sebulan tidur, dan dari informasi yang saya dapat hampir  semua mengatakan anak bayi biasanya tidur kurang lebih 16-18 jam, lah samir kayaknya gak nyampe segitu deh, sehari bisa 10 jam tanpa drama aja dah sukur *sigh*. Lihatlah contoh foto ilustrasi berikut ini : 


Baru aja tidur 5 menit, kelihatannya tidur pulas banget ya, kemudian saya tinggal ke kamar mandi sebentar, pas balik dari kamar mandi posisi udah kayak gini


Halooo ma, aku dah bangun 😉 *emaknya tepok jidat*

2. Samir kalau nangis bangunin satu kelurahan

Iya! Samir ini terlahir dengan suara yang besar kalau lagi nangis cenderung jejeritan gak jelas, nyari perhatian gitu biar cepet di gendong, sekarang sih dah lumayan bisa di kontrol, semoga bisa berlanjut sampe seterusnya (walaupun saya gak yakin sih) #edisi malu sama tetangga
3. Baju mulai gak muat

Satu bulan setengah kemaren berat badan Samir dah 6 kg aja, kayaknya hal ini deh yang jadi pemicu semua bajunya mulai gak muat alias kekecilan, untungnya banyak banget kado pas lahiran kemaren baju- baju buat samir yang herannya walaupun itu baju khusus untuk anak umur 6-9 bulan tapi pas aja tuh di badannya, untung dah saya pakaikan dari sekarang ya, coba kalo pas dah 9 bulan baru mau dipake, pasti sudah gak muat


Ma, bajuku dah kekecilan nih

4. Minum susu

Minum susunya kenceng banget, maksudnya banyak gitu. Udah di kasih ASI kiri dan kanan masih aja nangis jejeritan, akhirnya saya tambahin susu formula baru deh anaknya diem (tolong saya jangan di bully ya karena kasih anak susu formula juga) 😀

5. Gak sabaran

Anaknya gak sabaran banget, tiap malam begitu bangun tidur pokoknya susu udah langsung wajib hukumnya ada di dalam mulutnya dia, lah kita kan gak keburu ya, dia bangun nangis kita juga baru bangun kan, baru mau kumpulin nyawa dulu biar gak pusing dia udah jejeritan, baru mau nyari ikat rambut dengan mata tertutup udah gak sempat anaknya dah nangis duluan jadilah nyusuin dia dengan style amburadul, belekan dimata pun dah gak sempat di bersihin,wkwkkwk akhirnya kemaren saya langsung ke salon potong rambut pendek biar pas samir bangun saya langsung bangun juga dan gak sibuk cari ikat rambut lagi

6. Cengeng

Bangun tidur nangis, mau tidur juga nangis,kalau udah bosan digendong pasti mulai nangis juga, di taro di boxnya suru maen sendiri malah nangis, mateeeee lah mamanya jadi gak bisa ngapa-ngapain,masa kita gendongan terus dari pagi sampe malam,huuffft…*elus dada*

7. Kebiasaan aneh

Masih saya pakein sarung tangan karena dia punya kebiasaan suka banget gosok-gosok tanganya ke muka dia sendiri, mana kukunya tajem-tajem pula, udah saya potong tapi masih aja bekas cakaran dimuka dia itu banyak karena kebiasaan sering gosokin tangan dia ke muka sendiri. Jadilah tuh sarung tangen kalau sehari aja dilepas besoknya pasti deh muka dia penuh dengan cakaran macem geng cabe-cabean yang abis kroyokan :-))

8. Mood-mood tan (ini bahasa apa pula)

Maksudnya anak ini moodnya bisa berubah dalam sekian detik, kalau mood-nya lagi bagus kita bawa jalan-jalan didalem mobil dia anteng aja sibuk ngeliatin pemandangan di luar sana, tapi tiba-tiba dalam sekejap mood-nya berubah jadi jelek anaknya bisa nangis jejeritan di dalam mobil yang akhirnya bikin bapaknya langsung putar balik ke rumah #edisi gagal jalan-jalan sore

Btw selama 28 tahun saya hidup di dunia ini saya gak pernah loh pake yang namanya koyo, sekarang? Koyo selalu menemaniku setiap saat! Meja disamping tempat tidur selalu ada koyo, abisnya pegel banget kalau gendong samir, anaknya kan gak mau di taro di tempat tidur jadinya di gendong terus. Kata orang sih karena dari kecil kita biasain dia di gendong makanya dia jadi kebiasaan, tapi beneran deh anak ini dari lahir kalo nangis dan gak kita angkat dari tempat tidurnya ya nangisnya gak stop, sumpah beneran loh ini gak bohong! Masa iya kita biarin dia nangis dari malam sampe pagi, bisa patah hati mama ini 😀

Pada intinya Samir ini anaknya cengeng plus manja! Mungkin dia tahu kali ya kalau kehadiran dia dunia ini sangat-sangat kami harapkan jadinya mulai bertingkah nih anak (eh ini kok malah jadi marahin samir sih?!), hehe gak deng, walaupun sifat cengeng dan manjanya udah warbiyasak melatih kesabaran tapi kalau saya lagi ada urusan dan harus keluar rumah bentar aja tuh udah kangen banget sama dia loh, bawaanya pengen cepet pulang


Siapa coba yang gak pengen cepat-cepat pulang setelah lihat foto diatas 😀

Rencana sebulan atau dua bulan lagi pengen bikin acara akikahan/cukur rambutnya samir tapi belum tau kapan pastinya karena lagi nyari waktu yang pas, rempong beuud karena saya pengen bikin sederhana aja biar gak capek kan ya tapi serba salah, nanti di omongin tetangga dbilang pelit lagi, padahal saya bukannya pelit ya cuman gak mau terlalu repot dan capek aja kalau harus mengundang banyak orang, bukan apa-apa, biasanya abis acara gitu kan beberes rumahnya itu loh yang menguras tenaga. Liat nanti lah karena masih harus berembuk dengan suami :-). 

Cerita Lahiran Baby Samir

Akhirnya disempatkan juga nulis cerita tentang lahiran baby Samir. Langsung aja ya mumpung Samir lagi bobo ganteng :-P. 

So, setelah penantian yang panjang dimana sudah melewati hari perkiraan lahir (HPL) dan perut saya tidak menunjukkan tanda-tanda kontraksi sama sekali (fyi HPL saya antara tgl 28 oktober s/d 4 november) akhirnya tgl 5 nov saya ke dokter. Awalnya dokter bilang semuanya masih aman, selama air ketuban cukup maka gak ada masalah, kita tunggu aja sampai tgl 12, baeklah saya pulang kerumah dengan hati cemas. 2 hari kemudian saya balik lagi ke dokter karena saya ngerasa kok si bayi dalam perut kurang bergerak ya, biasanya gerakan sangat aktif, di cek ke dokter detak jantung bayi masih bagus dan gak ada yang gak normal, masih di suruh nunggu lagi sampe tanggal 12, saya tanya lagi ke dokter apakah benar gak apa kalo nunggu sampe tgl 12, dan sekali lagi dokter meyakinkan kalo dia sangat yakin air ketubannya cukup sampe tgl segitu, baiklah jadinya saya santai-santai aja tuh nunggu sampai tanggal 12, pas tanggal 12 malam saya balik lagi kedokter dan pas di cek ternyata air ketuban hampir habis tinggal nyisa dikit di leher sang bayi dan cuman cukup buat dia bernafas, alamak! Siapa yang gak panik coba pas dikasih tau kayak gitu, rasanya pengen pingsan takut bayinya kenapa-napa. Kata dokternya kalau mau di induksi malam itu juga tapi dia gak yakin bayinya bisa lahir sampai besok pagi dengan air ketuban yang tinggal sedikit itu, bayinya bakal susah mendorong, jadi sang dokter ngasih pilihan kalo mau tetap di induksi malam itu juga tapi kalau bayinya gak lahir sampai besok pagi berarti harus di caesar karena gak bisa di tunggu terlalu lama lagi, bayinya sudah harus di keluarkan (tambah panik) atau gak usah di induksi langsung aja besok pagi ke rumah sakit untuk di operasi, karena menurut dokter dari pada saya di induksi buat bikin perut kontraksi tapi dia yakin sampe pagi gak bakal lahir anaknya dan tetap paginya bakalan di caesar juga jadinya saya bakalan ngerasain sakit 2 kali (maksudnya sakit kontraksi setelah di induksi berjam-jam dan sakit pasca operasi caesar) akhirnya dengan lapang dada saya putuskan untuk di operasi aja besok paginya. 

Keputusan yang terbilang nekat menurut saya, kenapa? Gila lu ndro! Ini operasi loh! Saya di suntik aja takut apa kabar operasi? Duh duh duh, pokoknya malam setelah pulang dari dokter saya gak bisa tidur sampe besok paginya dan langsung berangkat ke RS untuk persiapan mau di cek darah dan lahiran caesar, beneran gak siap mental deh pokoknya yang ada di benak saya itu takuuuuut aja. Hilang sudah semua ilmu-ilmu persiapan lahiran normal yang sudah saya pelajari! Cara mengatur nafas yang baik, ngedennya gimana biar gak sobek kiri kanan,hehe tutup buku dengan semua itu karena gak jadi lahiran normal. 

Pagi tanggal 13 november jam 9.30 saya dah nyampe di rumah sakit, jam sebelas siang dah persiapan masuk ruang operasi trus jam 12 kurang lahirlah baby Samir kedunia dengan tangisan yang melengking entah berapa oktaf :-D. Berat  badannya booo 3,7 kg (gendut banget, efek kelamaan dalam perut kali ya), panjangnya 52 cm. Btw sebelum masuk ruang operasi saya jadi melow gak jelas pas ngeliatin muka papa mama saya yang harap-harap cemas gitu, apalagi muka suami saya, rasanya pengen bikin wasiat ke suami saat itu yang bunyinya kurang lebih seperti ini : “bang, jikalau ada apa-apa dengan diriku didalam sana, tolong anak kita nanti jangan dikau bawa pulang ke negara situ ya, tinggalin aja dia disini sama kakek dan neneknya, kalau dibawa ke Romania ntar yang ngajarin dia sembayang mengaji siapa dong? Masa si doel anak sekolahan *krikkrik garing*. Hehe gak deng saya pas mau masuk ruang operasi gak sanggup liat muka keluarga saya terutama suami, saya takut nangis *ya saat itu saya cemen dan cengeng banget lah*

Btw ada cerita lucu nih (menurut saya) saat di ruang operasi. Jadi saya ini orangnya pemalu sekali ya kalo masalah buka-buka aurat depan orang lain (semua orang juga gitu kali!) tapi pas lahiran kemaren luntur sudah pencitraan gue selama ini, pas masuk ruang operasi yang kayak di pilem-pilem itu cowok semua broo! Mulai dari asisten sampai dr anastesinya cowok semua, hiks hayati malu bang, tapi ya pasrah aja lah, abis pegimana dong gak ada pilihan lain :(. Udah gitu pas bayinya lahir saya kan nangis terharu ya eh air mata saya malah di elapin ma dr anastesi ganteng yang selalu stand by berdiri di belakang, duh kenapa malah jadi adegan romantis ma dr anastesinya sih, harusnya kan suami saya nih yang berdiri disitu tapi apa daya gak di ijinin masuk juga. Udah gitu sebelum operasi dokter ini juga nih yang minta ijin mau ngapus lipstik dibibir gue,wkwkwwk duh rempong bener cyiin, pasti dalam hatinya si dokter bilang gini “duh ibu-ibu rempong yang satu ini, udah tau ke RS mau operasi malah sibuk pake lipstik pula,cape deh”. 

Alhamdulillah operasi caesar berjalan lancar, bayi dan ibu selamat, samir lahir dengan sehat, lengkap semua anggota tubuhnya, insya Allah jadi anak saleh, semua keluarga happy dan yang paling penting dan membanggakan adalah yang mengazankan Samir pas lahir ya bapaknya sendiri, padahal kakeknya dah siap-siap mau menawarkan diri pas samir di keluarkan dari ruang operasi tapi di tolak mentah-mentah sama doski. Wuidiiih top cer banget deh bule satu ini *sodorin dua jempol*, sayang gak ada foto atau videonya pas dia ngajanin anaknya, padahal emaknya juga penasaran tuh situasinya kek apa saat itu, hehe

Udah kelar deh cerita lahirannya. Eits….tp tunggu dulu, itu baru cerita lahiran, drama setelah lahiran ada juga, biasalah mama baru kan, masih rempong belum ada pengalaman. nanti saya lanjut cerita dramanya di postingan berikutnya ya, stay tune 😉


Nih dia ni anak kesayangan mama, kalau kata melanie ricardo anaknya itu abuba (anak bule batak) nah si samir ini berarti saya nyebutnya abuter (anak bule ternate) eaaakk ngikut-ngikut aja 😀


#ma, popokku dah berat nih, kapan diganti? 

Hows My Pregnancy?

  
Alhamdulillah lancar, hari ini masuk usia kandungan 39 minggu 3 hari dan masih hamil! yup pemirsah saya belum lahiran juga, padahal udah gak sabar pengen lihat muka dedek bayinya kayak gimana. Pengennya sih kayak bapaknya ya bule-bule gimana gitu tapi setelah di pikir-pikir mending jangan bule-bule banget deh yang ada ntar pas saya lagi gendong dia di sangkain saya itu pengasuhnya! wkwkwkk *derita istri bule part 1*, eh tapi serba salah juga sih, kalau-kalau muka anaknya gak bule pasti pada di omongin juga “ih itu anak padahal bapaknya bule kok mukanya gak bule ya?!”, sana ngomong sama tembok derita! *tetiba bumil jadi emosi*

Katanya sih biar lancar pas lahiran harus rajin jalan pagi, yo weesss saya jalan pagi 2 hari sekali. Seringnya dijalan ketemu bumil-bumil yang lain juga lagi jalan pagi ditemani suami yang sibuk megangin botol air minum untuk istinya tercinta, saya? jalan sendiri! suami kemana? ada di rumah sengaja gak saya suruh ikutan nemenin saya, yang ada bukannya saya fokus jalan pagi malah sibuk jadi bodyguardnya dia, menghalangi orang-orang yang pengen minta foto ma dia *eaaak kayak laki gua artis aja*, becanda kawan, dia sih pengen nemenin saya tapi saya gak mau soalnya berasa risih gitu pas jalan di liatin orang, pokoknya sejuta mata tertuju padamu lah! jadi demi ketentraman jiwa dan raga ditambah dengan mengenyampingkan ego yang mana saya juga senenarnya pengen di temenin jalan pagi ma suami saya tapi apa daya mending saya jalan sendiri aja, hiks *derita istri bule part 2*. Eh tapi biasanya juga saya jalan bareng salah satu teman saya yang kebetulan juga lagi hamil tapi usia kandungannya lebih muda dari saya, atau kalau gak ya minta di temanin mama, abisnya kalau jalan sendiri gak enak, gak ada teman ngobrolnya, perjalanan berasa panjaaaaang banget, udah gitu saya sering di klakson-klakson ma tukang ojek sambil klakson sambil ngomong “bu, mau kepasar? naek ojek aja bu”, grrrrrrrr….saya mau jalan pagi bang! biar lahiran lancar, kepasarnya saya sambil jalan kaki aja biar lebih sehat! *bumil lagi sensi*

Hmmmm,,,apa lagi ya? oh ya cepet banget berasa capek, berdiri agak lamaan dikit pegel kaki, bawaannya pengen nyari tempat duduk aja, enggap banget, kalau tidur udah gak bisa nyaman lagi, miring ke kiri salah, miring kanan lebih salah, mau posisi tidur terlentang dengan posisi bantal terlalu tinggi salah, terlalu rendah apalagi, semua serba salah, belum lagi tiap 5 menit kebelet pengen pipis, padahal pas kekamar mandi pipisnya juga gak banyak-banyak amat tapi gak nyaman kalau di tahan-tahan, jadinya tidur malam selalu gak nyenyak karena harus bangun buat ke toilet *padahal toilet di dalam kamar tapi masih aja ngeluh*

Katanya lagi biar anaknya bersih harus rajin minum air kelapa muda, jadilah kerjaan saya minum air kelapa muda melulu, awal-awal sih suka ya jadi rajin minum saking seringnya minum sampe mabok air kelapa muda dan sekarang sudah bosan kalau di suruh minum lagi,hehe

Berat badan? ulalaaaaa edodoeeee untuk yang satu itu sudah pasti ya gak diragukan lagi, sampai hari senin minggu lalu udah tembus rekor BB terberat selama hidup yakni 71 kg! kebayang kan gimana buntelnya saya dengan tinggi yang cuma segini tp punya BB segitu? jadi total kerusakam eh maksudnya total kenaikan BB sejak hamil sampai sekarang sudah 13 kg kawan! semua baju sudah gak ada yang muat, celana tinggal beberapa aja yang masih bisa masuk, sisanya ya biar nyaman cuman pake celana legging lagi legging lagi. Pas lagi jalan juga dah gak bisa cepat-cepat kayak jaman masih gadis dulu, ahahaha *apaan seh*, maksudnya jaman hamil masih 6-7 bulan (karena perut belum terlalu gede) harus woles aja, abisnya perut bagian bawah dah beraaaat coy! terkadang pas lagi jalan harus sambil dipegangin perut bawahmya karena timbul rasa nyeri-nyeri gak jelas. 

Oh ya sama satu lagi kenapa bumil tu bawaannya kepanasaaan terus?, yang ada setiap mau tidur saya berantem rebutan remote AC sama suami saya, soalnya dia pas saya dah tidur terus dia berasa kedinginan AC nya selalu dimatiin, nah sedangkan saya yang always bawaan enggap dan panas jadi kebangun dan gak bisa tidur karena banjir keringat, jadinya saya pengen remote AC nya di saya aja biar gak usah di matiin, always ON setiap saat! *pas lihat tagihan listrik baru deh serangan jantung*

Pergerakan dedek bayi di dalam perut juga masih aktif, malah cenderung akrobatik pas mamanya dah mau tidur, sepertinya dia gak suka saya istirahat, pengennya saya jalan-jalan terus biar dia berasa di nina boboin kali ya karena saya gerak-gerak, apalagi pas perut lagi dipegang bapaknya sambil dinyanyiin lagu pengantar tidur yang berbahasa Romania yang mana saya gak ngerti sama sekali itu lagu artinya apa,ahahhaha anaknya anteng aja, kayaknya demen denger suara bapaknya nyanyi. Oh ya kata dokter si dedek bayi dalam perut tiap 12 jam harus ada gerakan minimal 10 kali kalau gak salah, karena menurut saya dia masih aktif bergerak setiap saat jadinya percaya diri gak pernah di hitungin 😛

Demikianlah sekelumit cerita bumil yang lagi harap-harap cemas nunggu lahiran. Sekali lagi saya cerita kayak gini bukan berarti saya mengeluh ya, hanya sekedar berbagi  pengalaman aja kok, yang pasti saya mohon doanya semoga lahiran saya lancar, ibu dan bayinya sehat walafiat dan lengkap semua anggota tubuhnya, gak kurang suatu apapun, amiiin dan semoga saya lahirannya dalam minggu-minggu ini, abisnya saya takut kalau harus di induksi atau dokternya minta caesar gegara perut saya gak mules-mules juga,hehe *bumil cemen*

  
#bumil dan pakmil mau kondangan dulu ya 😉

  
Ayo dedek bayi kamu gak pengen tidur di tempat tidur yang nyaman itu? dari pada sempit-sempitan di dalam perut mama

Suami Bule Belajar Bahasa

  
Percayalah jika suami bule anda yang tinggal di Indonesia bisa berbahasa iIndonesia dengan baik maka alangkah indahnya hidup ini, jika bisa ngomong dalam bahasa setempat berarti kan sudah bisa mandiri, kemana-mana sudah gak perlu di temani. Namapun kota kecil jadi kemampuan orang lokal sini untuk bisa berbahasa inggris juga terbatas, beda kalau tinggal di kota besar. Sejauh ini perkembangan bahasa Indonesia suami saya cukup mamuaskan (cieee puji suami sendiri), dia sudah bisa ngobrol dengan orang lokal tanpa harus saya terjemahkan, pergi cuci mobil, tahlilan, akikahan pun sudah percaya diri pergi sendiri gak usah di temani lagi karena sudah bisa ngomong dan ngerti apa yang di bicarakan orang lain ke dia.
Setahun tinggal di sini perkembangan kemampuan berbahasa indonesia suami saya sudah lumayan pesat, sebenarnya sih bukan bahasa Indonesia tapi bahasa (pasarnya/melayunya) Ternate lebih tepatnya, karena yang dia dengar tiap hari ya bahasa orang sini jadi lebih cepat tangkap kalau orang yang ngajak dia berbicara dalam bahasa Ternate.

Berikut beberapa contoh reka adegan ketika suami menyampaikan informasi yang di dapat dari luar rumah: 

1. ceritanya dia baru pulang shalat di masjid dekat rumah

Suami : (ngomong dalam bhs inggris) tadi di masjid ada pengumuman katanya kalau mau ikutan qurban untuk sapi bisa 7 orang dan per orangnya bayar 1.750.000

karena saya gak yakin yang dia bilang itu bener jadinya saya iyain aja, tapi dalam hati nanti pasti ada surat resminya dari masjid. Beberapa hari kemudian suratnya datang dan memang sesuai dengan apa yang dia informasikan ke saya sebelumnya, luar biasa ni bule udah mulai pinter

2. Ceritanya udah 2 hari siaran tv di rumah kami gak berfungsi trus saya bilang ke dia

Saya : kok sudah beberapa hari ini siaran tv kita gak berfungsi ya?

Suami : oh, itu katanya karena ada orang yang nebang pohon trus pohonnya jatuh nimpa kabel dan ternyata itu kabel untuk tv cable di lingkungan kita jadi semua tetangga juga tv-nya gak berfungsi

Saya : masa sih? kamu tau dari mana? (secara kan ya saya gak percaya kok dia bisa tau kejadian itu dan saya gak!)

Suami : tadi pas aku pulang shalat dimesjid ketemu salah satu tetangga kita terus aku tanyain deh masalah tv yang gak berfungsi dan dia jelasin seperti itu

Wuiidiiih udah banyak aja temennya nih bule (glek…*lagi nelen ludah* makanya adhya… rajin shalat di mesjid biar bersosialisasi! jangan ngurung aja di rumah! ngumpul kek ma ibu-ibu pengajian/ariasan)

Dua contoh di atas kan sedikit banyak menandakan kalo dia udah bisa mengerti informasi yang di dapat dari luar dan udah bisa komunikasi dengan baik bersama orang lain, tapi terkadang saya sebagai istrinya selalu gak percayaan kalo dia bisa ngomong lancar dengan orang lain, takut ada kesalapahaman gitu, namun dia buktikan kalau dia bisa dan ini udah sejak kurang lebih 7 bulan tinggal di indonesia loh! luar biasa (kemudian bertanya pada diri sendiri : kenapa saya 2 tahun di Italy gak bisa ngomong dalam bahasa Italy selancar dia ya?! apa diriku yang lurang pintar? *cry*

Selain menyampaikan informasi dengan benar kadang juga ada beberapa pertanyaan dia mengenai kosa kata dalam bahasa indonesia yang membuat dia bingung semacam persamaan kata atau kata-kata yang mirip tapi berbeda arti, sebagai contoh  untuk persamaan kata yang pernah dia tanyakan seperti ini :

perbedaan Enak dan lezat apa?, bisa dan boleh, bikin dan buat, punya dan milik, selesai dan habis, kalau dan jika dan seandainya, memberi dan kasih, tukar dan ganti

contoh kalimatnya

1. Apa bedanya kalo dia ngomong “saya baru selesai nonton” dgn “saya baru habis nonton”? (ini ngejelasinnya gimana nih?mau tanya sama rumput yg bergoyang tp rumputnya kemaren dah di potong dan gak bisa bergoyang lagi)

Contoh untuk kata-kata yang mirip tapi berbeda maknanya dan sering bikin dia bingung dan salah ucap misalnya : 

cari-curi, pakai-pikir, kiri-kirim, teman-taman, renang-tenang, tangan-tangga-tetangga-tantangan

ada juga beberapa bahasa kekinian yang pernah di tanyain ke saya misalnya : 

Apa arti  “oke bingiiitss” atau arti “iya keleeeeus” ? (duh gusti siapa sih yg nyiptain kalimat ini! sekarang jadinya saya harus jawab semua pertanyaan si bule ini kan!)

Terkadang ada juga cerita lucu yang mana dia salah denger kalimat dari tv atau lirik lagu, misalnya : 

Ceritanya kita berdua lagi nonton TV, trus ada lagu yang liriknya kurang lebih seperti ini *semua hanya dusta…… semua hanya dusta* (gak tau juga lagu siapa ini, udah lupa)

suami bilang : Kenapa lirik lagunya  bilang “semua kena kusta?!” 

istri : cuma ngelirik sambil sodorin korek kuping >.<, itu dia bilangnya hanya dusta bang! hanya dusta! kenapa melipir sampe ke kusta kusta segala sih. (ih gue jedotin juga ni pala ketembok!) * bumil cantik lagi sensi* 😛

Pada intinya biar suami bule bisa cepat beradaptasi dengan bahasa setempat ya dia harus rajin bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, semakin banyak dia mendengar maka semakin cepat dia mengerti dan tau, kalau dia gak praktek langsung di luar rumah maka mau kita ajarin bahasa sampe mulut berbusa pun si suami bule bakalan sulit untuk cepat bisa. Jadi suruh suaminya rajin-rajin keluar rumah, ngobrol ma tetangga jangan di kekep aja di dalam rumah, dengan rajinnya dia bersosialisasi, tetangga jadi lebih mengenal dia loh dari pada saya, dan dia juga lebih kenal tetangga kita dibandingkan saya, kenapa saya bilang begini? karena beberapa kali saat kita ketemu orang di jalan trus mereka bertegur sapa dengan suami saya setelahnya saya selalu bertanya

Saya : itu barusan siapa?

Suami : itu tadi tetangga kita, menantu yang rumahnya sebelah ma rumah pak X

Saya : loh kamu sampe tau ya menantunya rumah itu, (luar biasa ini bule antara rajin bersosialisasi atau kepo tinggkat tinggi beda tipis ya,hahahaha)

  
#neng, abang pergi ke masjid dulu ya

Sekian cerita bule belajar bahasa kali ini, nanti kalo ada perkembangan yang lebih baik akan saya update lagi tulisan ini menjadi part 2, ciao 😉

Random Stories

1. Kitap (kartu ijin tinggal tetap)

Hari jumat kemaren dapat telepon dari kantor imigrasi yang mengabarkan kalau kitap suami saya dah jadi,horeeeey! buru-buru ganti baju (gak pake mandi) terus cabut ke imigrasi bawa suami untuk foto dan ambil sidik jari, disuruh balik lagi sorenya buat ambil kitap yang dah di cetak, alhdulillah, done! kitap berlaku sampai tahun 2021, walaupun tiap 2 tahun tetap harus bayar Multiple Exit Re- entry Permit ( MERP) , tapi gak apa yang penting gak tiap tahun bolak balik ke imigrasi lagi ;-). 

2. Kehamilan

Alhamdulillah sampai sekarang kehamilan lancar, udah masuk usia kandungan 8 bulan. Sekarang lagi persiapan batin buat lahiran anak pertama, walaupun masih bulan depan tapi saya deg-degannya dah dari awal hamil, gimana gak gitu, tiap hari kerjaannya nonton youtube video orang-orang yang lagi berjuang melahirkan *jangan di contoh*, yang ada saya tambah parno, dah mundur duluan sebelum berperang, liat gimana sakitnya, belum lagi denger cerita-cerita dari ibu-ibu yang lain yang dah pernah ngerasain sakitnya melahirkan, kesannya kok ya nakut-nakutin saya, akhirnya kepikiran apa saya sesar aja ya, tapi pas nonton video orang ngelahirin sesar di beleh-beleh perutnya gitu malah lebih parno, duh mulai bimbang *seandainya di sini dah ada epidural*, kemudian mencoba berpikir tenang dan di jalani aja, insya Allah kuat pas lahiran. Masa ibu-ibu yang lain bisa saya gak bisa! buktinya mereka abis lahiran biasa aja, semua berjalan dengan lancar #edisi menguatkan diri sendiri, Mohon doanya ya manteman *minta doa mulu, situ mau ikutan audisi?!*
3. Pekerjaan

Sementara lagi rempong hore ngurusin laporan. Sekarang (daerah indonesia bagian timur) laporan Narkotika dan Psikotropika dah gak bisa lapor manual (laporan di print lalu kirim ke dinkes setempat) lagi, harus online kakak…kalau di daerah jawa sana mungkin dah sejak lama kali ya lapor online, di Ternate sini baru di mulai nih, duh kemarin seluruh Apoteker Penanggung Jawab di training dari Dinas Kesehatan untuk belajar cara lapor online ini, jadi berasa kalo saya ni gaptek banget,ahahahha

4. Sakit lagi!

Setelah hampir 3 kali sudah kena malaria, hari ini suami saya sakit lagi, saya kasian banget ma suami saya sejak pindah sini kok dia jadi lemah gini ya, sakiiiiit terus. padahal 5 tahun pacaran sama dia gak pernah loh saya lihat dia sakit, selalu pas lagi ke indonesia baru jatuh sakit, ntah diare lah, infeksi virus lah, bakteri lah, huffffttt pusing pala bumil. Hari ini demam tinggi lagi dari semalam udah saya kasih paracetamol gak turun demamnya, malah makin tinggi, jadilah paginya langsung saya bawa ke UGD! ntah udah kali ke bepara nih masuk ugd, dokter ma perawat disana dah bosen kali ya liat muka kita berdua,hehe. Saya curiga dia kena DBD nih, dari gelaja yang timbul tapi pas cek lab tadi (ceknya sampe 2 kali) hasilnya negative semua, malaria pun begitu, balik lagi ke dokternya juga bingung dia sakit apa, nah loh, jadilah kami di rujuk ke dokter spesialis penyakit dalam. Kalo dilihat dari ciri-ciri sakitnya yang lain menurut tante saya kayaknya pak suami nih kena campak, banyak banget bintik-bintik merah di badannya, tadi siang mulai keluar tambah banyak sampe ke tangan dan muka dia, yang bikin saya khawatir tuh karena demamnya dia yang gak turun-turun, jadinya dia cuma bisa gegoleran karena berasa pusing banget. Fyi, bulan lalu suami saya baru sembuh dari sakit malaria LAGI! baru kelar malaria bulan ini sakit lagi, *omeygooot kartu bpjs mana nih?!*. Mohon doanya ya pemirsah yang budiman. Semoga suami saya cepat sembuh, dan dengan sakitnya ini menggugurkan sebagian dosanya, amiin 😀 (dan semoga pas dia dah sembuh gak minta balik ke negaranya, karena selama di indonesia yang ada dia sakit-sakitan terus) 😛

  

Dwi Kewarganegaraan

Ini postingan singkat aja, gegara liat berita di tv akhir-akhir ini yang ngebahas masalah dwi kewarganegaraan jadi pengen ikutan ngebahas juga. Berhubung saya sedang hamil seorang anak yang In Shaa Allah akan memiliki dua kewarganegaraan jadinya gatel pengen curhat! (ujung-ujungnya curhat lagi,hehe). 

Saya bukan mau membahas masalah pak Mentri itu, tapi mau bahas masalah anak cewek yang jadi paskibraka itu loh. Setahu saya kan memang boleh ya anak-anak seperti Gloria itu punya kewarganegaraan lain selain Indonesia, kan dia merupakan anak-anak produk Affidavit, yang mana adalah anak- anak dengan kewarganegaraan ganda “TERBATAS”, maksudnya terbatas adalah anak-anak ini bisa memiliki kewarganegaraan ganda hingga usia 18 tahun dan bisa diperpanjang sampai usia 21 tahun, setelah batas waktu yang di tentukan baru deh mereka bisa milih salah satu kewarganegaraan yang di inginkan. Soooo, apa salahnya sih kalo Gloria punya kewarganegaraan prancis? kan bapaknya emang orang sono, iya gak? masalah buat loe?!

Dikira ngurus Affidavit anak yang berkewarganegaraan ganda itu gamfaaang apa? saya sampe sekarang masih baca-baca persyaratannya aja udah pusing duluan, harus bolak-balik ke jekardah, secara saya yang tinggal di daerah indonesia bagian timur ini untuk bisa sampe ke sana dengan direct flight membutuhkan waktu hampir 4 jam (bawa bayi pula, soalnya klo gak diurus sebelum batas waktu berakhir bisa kena denda!) dengan estimasi harga tiket untuk kami bertiga lumayan menguras kantong, apalagi kalo harus bolak balik lebih dari sekali, itupun belum termasuk mengurus dokumen si anak di kantor imigrasi sini, itu semua demi kelangsungan hidup damai selama di Indonesia raya tercinta! kalo semua dokumen kami lengkap kan hidup jadi lebih mudah, jadi siapa itu yang koar-koar masalah dwi kewarganegaraan berarti gak cinta sama Indonesia?! *edisi masih esmosi*

Merujuk pada kasusnya Gloria, suami saya langsung buka percakapan sebagai berikut : 

Suami : Berarti anak kita nanti kalau udah sekolah gak bisa ikutan upacara tiap hari senin dong ya? 

Istri : Loh, memangnya kenapa? 

Suami : Dia kan juga punya kewarganegaraan Romania, pasti dia gak boleh ikut seperti kasus cewek yang ada di tv itu

Istri : duh pak suami jangan tanya saya, nanti tanya sama kepala sekolahnya aja deh! 

Suami : Kalau kayak gitu mendingan kita “PINDAH” aja ke Romania, kasian nanti anak kita di diskriminasi kayak gitu! 

Istri : *nelan ludah* “pura-pura gak denger langsung lari keluar kamar” 

Cukup sekian postingan kali ini dan terima kasih sudah membaca 😉 

  
#calon ibu dan bapak yang lagi galau