Dwi Kewarganegaraan

Ini postingan singkat aja, gegara liat berita di tv akhir-akhir ini yang ngebahas masalah dwi kewarganegaraan jadi pengen ikutan ngebahas juga. Berhubung saya sedang hamil seorang anak yang In Shaa Allah akan memiliki dua kewarganegaraan jadinya gatel pengen curhat! (ujung-ujungnya curhat lagi,hehe). 

Saya bukan mau membahas masalah pak Mentri itu, tapi mau bahas masalah anak cewek yang jadi paskibraka itu loh. Setahu saya kan memang boleh ya anak-anak seperti Gloria itu punya kewarganegaraan lain selain Indonesia, kan dia merupakan anak-anak produk Affidavit, yang mana adalah anak- anak dengan kewarganegaraan ganda “TERBATAS”, maksudnya terbatas adalah anak-anak ini bisa memiliki kewarganegaraan ganda hingga usia 18 tahun dan bisa diperpanjang sampai usia 21 tahun, setelah batas waktu yang di tentukan baru deh mereka bisa milih salah satu kewarganegaraan yang di inginkan. Soooo, apa salahnya sih kalo Gloria punya kewarganegaraan prancis? kan bapaknya emang orang sono, iya gak? masalah buat loe?!

Dikira ngurus Affidavit anak yang berkewarganegaraan ganda itu gamfaaang apa? saya sampe sekarang masih baca-baca persyaratannya aja udah pusing duluan, harus bolak-balik ke jekardah, secara saya yang tinggal di daerah indonesia bagian timur ini untuk bisa sampe ke sana dengan direct flight membutuhkan waktu hampir 4 jam (bawa bayi pula, soalnya klo gak diurus sebelum batas waktu berakhir bisa kena denda!) dengan estimasi harga tiket untuk kami bertiga lumayan menguras kantong, apalagi kalo harus bolak balik lebih dari sekali, itupun belum termasuk mengurus dokumen si anak di kantor imigrasi sini, itu semua demi kelangsungan hidup damai selama di Indonesia raya tercinta! kalo semua dokumen kami lengkap kan hidup jadi lebih mudah, jadi siapa itu yang koar-koar masalah dwi kewarganegaraan berarti gak cinta sama Indonesia?! *edisi masih esmosi*

Merujuk pada kasusnya Gloria, suami saya langsung buka percakapan sebagai berikut : 

Suami : Berarti anak kita nanti kalau udah sekolah gak bisa ikutan upacara tiap hari senin dong ya? 

Istri : Loh, memangnya kenapa? 

Suami : Dia kan juga punya kewarganegaraan Romania, pasti dia gak boleh ikut seperti kasus cewek yang ada di tv itu

Istri : duh pak suami jangan tanya saya, nanti tanya sama kepala sekolahnya aja deh! 

Suami : Kalau kayak gitu mendingan kita “PINDAH” aja ke Romania, kasian nanti anak kita di diskriminasi kayak gitu! 

Istri : *nelan ludah* “pura-pura gak denger langsung lari keluar kamar” 

Cukup sekian postingan kali ini dan terima kasih sudah membaca πŸ˜‰ 

  
#calon ibu dan bapak yang lagi galau

Advertisements

80 thoughts on “Dwi Kewarganegaraan

      1. Halo kmrn gampang ga persyaratan nikah ama oranag romania,klo dr wna apa aja sih yang di butuh kan soalnya saya agak bingung kebetulan daya muslim juga,boleh minta no WhatsApp ga

        Like

      2. Langsumg lewat email aja ya di adhya_sahib@yahoo.com. Untuk persyaratan nikah di indonesia utk WNA hampir semua persyaratan sama aja kok bisa cari di google atau langsung tanya ke KUA tempat akan menikah, persyaratannya gak banyak dan yg pasti semua surat/dokumen harus sudah di terjemahkan ke dalam bhs indonesia πŸ˜‰

        Like

  1. Hai, Adhya.. Apa kabar? Kasus Gloria itu emang aneh menurutku.. Eh kenapa ngurus affidavit harus ke Jakarta ya? Apa karena ngurus paspor Romania dulu? Kedubes Romania mengharuskan ketemu langsung ya, gak bisa via pos atau online? Aku pengen nulis pengalaman bikin affidavit itu tapi koq ya gak sempet aja😁 Tapi kalo kamu perlu pencerahan (ciyeeeπŸ˜„), e-mail aja ke aku emmynurhasanah@gmail.com.. Ntar kalo perlu kita telpon-telponan, karena aku kurang doyan sebenarnya berkomunikasi via jari😬 kelamaan..😝

    Liked by 1 person

    1. Mbak Eeeemmmmm,, lari sambil minta peluk *lebay dikit gak apa ya*, hehe
      dari yang aku baca2 katanya indonesia menganut asas keturunan ayah jadinya begitu anak lahir harus ambil kewarganegaraan ayahnya dulu baru bisa ambil kewarganegaraan ibunya, nah utk bikin paspor harus bikin akte lagirnya versi romania dulu, dan mereka minta ayah, ibu plus anaknya dteng semua, gak bisa bia pos atau online mbak, dan kalo telat lapornya kena denda coba, ya ampun sutriiis aku mbak,hehe belom lagi akte lahir dia yg versi indonesia harus di legalisir di beberapa kementria dulu sebelum ngurus ke embassy Romania. huffft,,,banyak ya yang harus di urus, tapi nanti aku contact lewat email ya mbak Em, biar bisa tanya2 lebih jelas, dan yup komunikasi lewat telpon lebih cepet, kalo tulis2 lama,hehe

      Like

      1. Kelihatannya birokrasi Romania lebih rumit, tapi birokrasi Australia lebih mahal😬 Gak bisa ya mereka itu bikin proses yg lebih simpel dengan tarif yg lebih terjangkau..*ngarep.com*
        Ya sutralah.. Mari kita curhat-curhatan via telpon aja biar lebih nampol.. Aku cerita sama orang di sekitarku pun paling mereka bengong antara ngerti gak ngerti karena emang gak ngalamin.. *big hugs*

        Liked by 1 person

      2. nah itu dia, kayaknya birokrasi australia lebih mahal ya tapi ngurusnya gak ribet, kebalikan ma birokrasi Romania, semuanya mengharuskan kehadiran fisik disana, mau gak mau harus berangkat, mana kalo telat lapor kena denda pula, cape deh. duh kalo cerita ke orang lain sama aja orngnya gak ngerti cuman bisa geleng2 kepala aja dan ujung2 nya mereka cuma bilang, repot bener ya mau punya anak doang harus lapor sana sini :-))

        Like

    1. kalo anaknya WNA sementara kami tinggal di indonesia maka harus ngurus ijin tinggal si anak sama kayak ngurus ijin tiggal bpknya, dan itu berjangka waktu, harus perpanjang terus dan itu biayanya lumayan, sedangkan kalo punya affidavit gak perlu ngurusin ijin tinggalnya dia, tinggal ngurus affidavit sekali aja kelar deh, gak usah perpanjang lagi πŸ™‚

      Liked by 1 person

  2. Semoga ada solusi yg lebih baik ke depannya, aamiin. Smangat, mbak adhya!
    Kalo soal dibilang gak cinta Indonesia mah ada aja orang yg suka nge-judge begitu. Suka pake Bahasa Inggris dibilang gak cinta Indonesia, lbh suka nonton film luar ketimbang film Indo diblg gak cinta Indonesia, dll… Pdhal yg bisa ngukur kedalaman cinta kita ke Indonesia kan kita sendiri ya..cieee kedalaman cinta πŸ˜‚

    Like

    1. ahhahaha,,,iya nih jadi serba salah, justru krn cinta indonesia makanya plg kesini dan tentunya juga krn kaNgen ortu juga, tapi ya begitulah, dijalani sja, selalu semangat! Makasih supportnya ya Icha πŸ˜‰

      Like

    1. iya kasus gloria jadi heboh bikin saya jadi khawatir, suami saya malah ngusulin ide yg aneh2,,duh mereka bikin wna gak betah tinggal di indonesia, takut kenapa2, kan berabe kalo dia beneran serius mau pindah cuman gara2 hal ini *ngomong sambil sembunyiin koper*. hehe
      iya emang si Gloria cantik ya, mukanya kok kayak latin2 gitu, gak bule2 banget *mulai nyinyir*

      Like

  3. Dhy, dwi kewarganegaraan terbatas itu kan berlakunya mulai 2006, Gloria lahir tahun 2000 kalau ga salah. Utk anak2 yang lahir sblm 2006, orgtuanya sudah diberi waktu kesempatan kok utk mengurus kewarganegaraan Indonesia nya sampai tahun 2010 kalau ga salah juga hehehe. Justru yang menggelitik buatku, selama ini berarti dia bayar KITAP dong ya buat tinggal di Indonesia, hmmm ga sayang duit apa tuh emaknya bayar kitap melulu hehhe.. Untuk affidavit kayaknya di kanim deh ga mesti ke Jakarta kecuali kamu mau bikin Paspor Romania dulu. Temenku ada kok anaknya masih pakai paspor Indonesia aja karena ngurus Paspor negara ayahnya lama, ga masalaaaah itu mah Dhy urus aja pelan2

    Like

    1. menurut yang aku baca indonesia menganut asas keturunan ayah gitu deh mbak Fris, jadinya untuk bisa dpt kewarganegaraan ibunya maka dia harus dpt kewarganegaraan ayahnya dulu, nah makanya itu harus ngurus ke kedutaan bpknya, rencana bikin pasport, tapi kan bikin pasport harus bikin akte lahir romania dulu, jadilah bolak-baliknya 2 kali,kan semua dokumen harus kirim ke romania dulu buat dibikin akte lahirnya baru deh bikin pasport dan affidavit setelahnya, tp kalo kata mbak Fris ada anak temennya yg bisa langsung pake pasport indonesia berarti itu berita baik utk saya, gak perlu buru2 dulu ke jkt abis lahiran, heehee tp tetap aja haru lapor ke kedutaan bpknya, kalo melebihi batas waktu yg di tentukan kena denda juga :(, serba salah. btw iya bener dong ya berarti si gloria itu selama ini pake kitap ya tiggal di indo, wuiidiiih mahal pula biayanya tuh kalo harus perpanjang terus * baru kelar ngajuin kitap suami jadi tau biayanya mahal* πŸ˜€

      Like

      1. Secara teori seperti itu, paspor negara ayah, affidavit, kemudian paspor Indonesia. Paspor Indonesia nya boleh ga usah dibuat karena sudah ada affidavit. Tapi teknis pelaksanaannya tergantung kantor imigrasi masing2. Kedutaan Aljazair juga paspor nya dikirim dari Aljazair makanya lamaaaaa sementara temenku kemarin butuh urgent untuk mudik lebaran ke sono. Ya akhirnya apply paspor Indonesia, trus baru apply family visa. Lagian mengantisipasi supaya anak ga dideportasi sebelum dapat paspor negara ayah dan affidavitnya.. Coba deh Dhy join di Komunitas Kawin Campur di Facebook, berguna banget buat yang tinggal di Indonesia ya at least bisa baca pengalaman member soal birokrasi kawin campur. Ada tuh satu Ibu yang sharing akte lahir anaknya sudah ada keterangan si anak subyek dari UU dwi kewarganegaraan dan kata petugas imigrasi nya tidak perlu lagi ngurusin paspor dan affidavit. Kalau soal embassy lain lagi ya cerita nya haahhahaa nasiiiib aku pun urusan nya dua embassy sekaligusssss maaaak #jebolindompetsuami 😹

        Like

      2. aku gabung kok di FB kumunitas kawin campur, cuman gak aktif aja, itupun pake FB suami soalnya saya gak punya FB,hehe. wah itu kalo beneran akte lahir anaknya udah dijelaskan kalo mereka merupakan subyek dari UU dwi kewarganegaraan dan gak perlu lagi ngurus passport dan affidavit luar biasa itu, saya bakalan seneng banget, ngeringkes proses pengurusan dokumen,hehe
        iya ya mbak Fris harus ke 2 kedutaan kalo mau ngurus2 gitu ya, btw mbak Fris skrng mah di indonesia kh? suaminya juga tinggal di indonesia mbak?

        Like

      3. Aku juga silent reader Dhy di sono, cuma rajin baca doang hahhahahahhaha. Iya jadi si Mba itu ga ngurusin paspor dan affidavit apapun juga. Aku masih LDR an nih Dhy dah 9 bulan astaghfirullah merananyaaa lol.. Suami di Finland. Due date lahirannya kapan Dhy? Sehat-sehat terus dan murah rejeki yaaa..

        Like

      4. Due date nya akhir awal november tgl 5-6 mbak, duh bentar lagi jadi deg2 an. oh ya ampun saya pikir sudah bersama-sama ternyata msh LDRan ya mbak, tetap semangat mbak Fris! semoga bisa segera dipersatukan ;-). nanti aku coba ceki2 info di FB mereka ya, siapa tau bisa dapet banyak ilmu πŸ˜‰

        Liked by 1 person

  4. Kalau berita yang aku baca nih, Gloria lahir sebelum UU dwi kenegaraan diterbitkan 2006. Dia tetep bisa punya dwi kenegaraan tapi ya memang harus diurus dulu, lebih ribet dari urusan anak-anak yang lahirnya sesudah ada UU itu (urusan anak saya kemarik gampang). Nah masalahnya si emaknya Gloria nih, tidak mendaftarkan si Gloria…. Makanya dia ya bukan anak warga negara ganda.

    Like

    1. ooow jadi ceritanya si Emaknya Gloria ini gak daftarin anaknya untuk bekewarganegaraan ganda, lah trus nanti msh bisa milih ya? dia kan cuman satu kewarganegaraan, apanya yg mau dipilih?hehe, berarti dia bakalan naturalisasi gitu kali ya mbak. btw kemaren ngurusin affidavit Flipper lancar2 aja kh mbak Beth?

      Like

      1. Sepertinya ya dia akhirnya tetep bukan anak Indonesia ya hihi… Urusan Flipper kemarin lancar, hanya ngisi formulir permohonan UU ganda, ngasih copy akte kelahiran, surat nikah orang tua dan paspor ortu. Semoga nanti urusan si baby nggak rumit ya… Mustinya sih kalau di kedutaan luar negeri urusannya gampang harusnya di dalam negeri lebih gampang lagi πŸ™πŸΌ

        Like

      2. Mba aku lihat syaratnya sama kok dg pengurusan di luar negeri, bedanya kalau di Indonesia musti nambah KK doang. Insyaallah nggak rumit πŸ™πŸΌπŸ˜Š

        Like

      3. wah semoga beneran gak rumit ya, nanti mau sekalian sya tanyakan ke ktr imigrasi pas ambil KiTap nya suami saya yang sedang di proses #edisi lagi deg-deg an takut permohonan kitapnya gak di approve πŸ˜€

        Like

  5. Memang ngurus administrasi yang berhubungan kewarganegaraan itu ribet. Kadang bisa menjurus sakit hati dan sakit dompet 😦 Indonesia yang negaranya kepulaun gini, mestinya para birokrat ini bisa mengakomodir dengan pelayanan secara online and pos bagi mereka yang tinggal jauh dari ibukota..ampun deeh 😦
    KBRI dan konsulat Indonesia di Amerika Serikat udah ada pelayanan secara online buat WNI di Amerika Serikat. Saya perpanjang paspor gak perlu terbang dari Minneapolis ke Chicago, bisa via online dan kirim via pos. Mestinya aturan diperlunak untuk membantu warganya bkan malah nyulitin ya..

    Like

    1. urusan di jkt itu palingan legalisir dokumen di beberapa kementrian mbak Indah, sebenarnya bisa sih diwakilkan kalo punya sodara disana atau pake jasa agen yg mana bayarnya juga lumayan bikin donpet tipis,hehe. yang mengharuskan kami bertiga hadir itu dari kedutaan suami saya mbak, krn kalo mau bikin akte lahir mereka minta kehadiran fisik ayah, ibu beserta anaknya yang mau dibikinin akte lahirnya. berhubung yang saya baca sebelum anak punya affidavit harus punya kewarganegaraan ayahnya dulu (krn indonesia menganut asas keturunan ayah) makanya mau gak mau harus ambil kewarganegaraan ayahnya dulu baru bisa ambil kewarganegaraan ibunya (duh remfooong deh),tp gak apa deh, kita jalani sja, semoga dimudahkan. πŸ™‚
      btw mbak Indah di Minneapolis apa kbr? semoga diberikan kesehatan selalu ya mbak πŸ˜‰

      Like

      1. Itu kehadiran apa gak bisa pakai Skype atau Facetime? Aduuuh, jaman sekarang gitu ya..bener deh, aturan yang kayak gini ini kan gak mikir jarak jauh dan ongkos biaya ya..Legalisir ini memang ruwet mumet..sayang ya gak bisa diwakilkan di tingkat propinsi.. 😦
        Di sini baik-baik saja, sudah mulai adaptasi dengan siatuasi di sini, jadi mulai banyak inspirasi nulis lagi..hahaha…sama-sama ya, semoga lancar dan sehat selalu selama kehamilan πŸ™‚

        Like

      2. pokoknya kalo masalah urusan birokrasi saya hampir kenyang mbak,hehe waktu sebelum nikah dulu, trus ngurus lagi setelah nikah, trus pas pindah kesini, ngajuin ijin tiggal suami, udah mau expire saya bulan kemaren baru ngajuin perpanjangan lgi, belom ntar anaknya lahir birokrasi lagi nih, #singsingkan lengan baju :-P.
        Makasih doanya ya mbak Indah πŸ˜‰

        Like

    1. wah selamat ya, Usia kandungannya dh brp bulan mbak? nanti kalo dh pindah ke indonesia kita sharing2 informasi ya terkait birokrasi, kalo ada yg ingin ditanyakan bisa langsung contact sya juga, kalo saya punya pengalaman pasti saya bagi infonya πŸ˜‰

      Liked by 1 person

      1. Yeiyyy makasih mbak dhy. 32 minggu nih. Makin seksi perut kaya ukulele. Hihihi due date sebentar lagi akhir oktober jadi lagi belajar pernafasan kaya ikan mas biar ngedennya sip. Mbak dhy sudah berapa minggu?

        Like

      2. wah kita kayaknya berdekatan nih, saya 30 minggu, due date nya awal november tgl 5-6 gitu, ya ampun semoga kita berdua diberi kekuatan ya, saya nih belum apa2 udah takut ngebayangin sakitnya lahiran, disana bisa pake epidural kali ya, dsini belom ada ya ampun, semoga pas saya lagi bongkar muatannya gak pake acara teriak2 lebay,hehe

        Liked by 1 person

      3. Hihihi aku ngak minta epidural mbak dokternya ngak ngasih takut ada efek sampingnya juga ke aku katanya. Jadi normal senormal-normalnya. Iya yah kita deketan. Hihihi aku diceritain sama temenku gpp nanti pas udah waktunya pake teriak soalnya bikin berkurang beban sakitnya sampe jambak-jambak umi sama suaminya dia. Namanya juga melahirkan yah degdegannya udah keburu muncul bongkar muatnya masih beberapa minggu lagi.

        Like

  6. Hello Mbak Adhya, apa kabar? Sudah dapet berapa bulan, hamilnya? Sehat-sehat aja, kan ya si dedek n ibunya? udah tau cowok apa cewek? (#haha… ini nanya apa interogasi, sih?). Kira-kira kapan lahirannya? plis, boleh minta nomer WA or Line or BBM nya? Kalau gak mau di mari bisa di email saya : vitalia@bps.go.id. Semoga sehat n lancar lahirannya, nanti juga ngurus kewarganegaraannya mudah (secara saya gak ngerti masalah itu, jadi cuma bisa bantu doa ya..).

    Like

  7. Saranku, tidak perlu pusing soal kewarganegaraan macam2 dulu. Yang lebih penting lebih banyak, kok, kesehatan anakmu, pendidikannya, pengembangan bakatnya, dll. Anak2 kami lahir dari dua ortu Indonesia yang WNI di Amerika dan mereka otomatis jadi warga negara US. Aku dan suami tidak pernah mempermasalahkan kewarganegaraan ganda, karena kami berpikir pilihlah kewarganegaraan yg paling menguntungkan buat pribadi sesuai pandangan masing2. Ada beberapa teman yang membuatkan dua macam paspor untuk anak2 mereka yang juga lahir di US, sementara kami tidak tertarik. Karena sekarang calon anakmu masih dalam kandungan, urusan tetek-bengek soal kewarganegaraan letakkan saja di jajaran paling belakang. Apakah kalian akan tinggal di tanah air atau di luar Indonesia lebih lama? Itu yg nantinya akan jadi bahan pertimbangan juga. Semoga kamu dan calon bayimu sehat.

    Like

    1. saya kebanyakan mikirin kewarganegaraan udah stress duluan mbak,hehe abisnya kemaren baru kelar ngurusin ijin tinggal suami saya di indonesia dgn dokumen yg lumayan banyak jadinya makin kepikiran duh dokumen anak saya gmn ni nanti, harus ngelengkapin surat apa lagi, jadilah makin dipikirin, semoga saya bisa lebih tenang dan gak terlalu di pusingkan dgn urusan dokumen ya, makasih sarannya mbak πŸ˜‰

      Like

  8. Sepemikiran mbak. Itu kasusnya emang sengaja dibesar-besarkan, barengan sama pak menteri biar jadi trending topic. Kan emang di undang-undangnya sebelum usia 18 boleh dwi, sementara di persyaratan paskibrakanya kayaknya emang gak begitu strict bilang kalo dwi tidak boleh. Nyatanya dia bisa mewakili provinsinya berarti emang udah lolos dari persyaratan apapun kan. Hmm, emang negaranya latah kok.

    Like

  9. Temanku orang jogja anak2nya di jadiin warga sini (Inggris) berhubung di Indonesia masih kyk gitu. Tapi mereka jawa banget ! Walo tinggal di UK tetanggaan ma aku mamahnya manggil tole *panggilan anak laki dlm bhs jawa* dan manggil ndok sama anak perempuannya πŸ˜‰ muka n paspor boleh Inggris tapi sikap, bahasa dan tatakrama indonesia banget so apa masalahnya kan ? Mau kewarganegaraan rumania ato indonesia sama aja 1 bumi milik Allah πŸ˜‰ jadi bawa santai aja jgn belum jg bayi lahir udah pusing…jaga kesehatan πŸ˜‰

    Like

  10. kalau saya malah berharap bisa punya kewarganegaraan ganda untuk kondisi tertentu mbak. contoh pak mentri itu adalah pengecualian semestinya. semoga ada solusi bagus ke depan, termasuk buat anak-anak percampuran. mau banget anak-anak saya nanti tetap bisa pegang indonesia-jerman kewarganegaraannya, contohnya.

    sehat selalu ya bumil…. dan semoga yang di sini juga segera dipercayakan untuk dapat anak.

    Like

    1. amiin amiin, semoga cepat nular kesana, bisa cepat hamil juga, dan dapat banyak anak yg lucu2 :-D. iya nih seandainya ya ada peraturan baru kalo yg punya suami wna boleh ngajuin 2 kewarganegaraan bisa asik tuh, pas lagi liburan ke negara suami gak rempong urus visa #eaaak ngayal ketinggian πŸ˜€

      Liked by 1 person

  11. hai mbak salam kenal πŸ™‚
    aku suka baca post ini, nambah pengetahuan banget tentang ngurus kayak gituan mbak πŸ™‚
    semangat mbak ntar ngurusnya ;), gak kebayang gimana ribetnya, kadang ngurus ktp, atau mnta surat keterangan aja ribetnya gak karuan apalagi hal macam kayak gitu, hihi πŸ˜€

    Like

  12. Salam kenal mbak…

    Seneng banget deh baca dan lihat” foto di blog kamu, jadi tambah pinter,hehehe
    Aku memang blm menikah sih tapi insyaallah akan menikah dgn pria swedia, nah masalahnya bingung banget gmna enaknya nikah diindonesia apa di swedia sana πŸ˜“ klo baca blog” yang menikah beda negara gitu pusing juga ya…btw semoga nanti persalinannya lancar ya mbak 😊😊😊

    Like

    1. Hai Mbak Ulfa (beneran kan namanya Ulfa? hehe) , terima kasih ya sudah mampir dan baca blog saya. Wah selamat ya atas rencana pernikahannya, senyamannya kalian aja sih menurutku, nikah di Indonesia ataupun di swedia, kami kemaren memutuskan menikah di Indonesia krn pengen semua keluarga dan kerabat dari pihak saya melihat dan turut merasakan kebahagian juga, soalnya kalo nikah di eropa kelurganya dikit palingan yg inti aja yg dtang jadinya mending di Indonesia aja menurut kami,hehe.
      Terima kasih ya atas doanya πŸ˜‰

      Like

  13. ya ampun, ketinggalan banget beritanya. mbak adhya sdg hamil ya. semoga sehat selalu, lancar persalinannya. dan urusan dwi kewarganegaraannya jg dipermudah.
    urusan birokrasi ini mbak yg membuat sy malas tinggal di indonesia. tp meski tdk tinggal di indonesia, tp ttp kok, lidah ga bisa bohong, medhoknya ga ilang hehe.
    semangat ya mbak!!

    Like

    1. Halo mbak Em, apa kbr? lama banget nih ngilang dari peredaran, mbak Em sehat2 aja kan? alhamdulillah saya dpt rejeki bisa hamil mbak pas pindah ke Indonesia, hehe rencana Allah SWT sama kita memang gak ada yang tau.
      Urusan birokrasi asalkan kita sabar dan semua dokumen lengkap Insya Allah gak banyak masalah kali ya πŸ˜‰

      Liked by 1 person

  14. Saran saja mba…fokus saja dulu ke soal melahirkan. Soal yg lain delegasikan ke suami atau org lain. Krn melahirkan dan membesarkan bayi butuh energi dan konsentrasi besar…memikirkan hal yg membuat stress hny akan memproduksi kortisol dan menghambat bnyk hal termasuk sinyal2 dari dede bayi…(termasuk kelancaran melahirkan). Lebih bnyk kerugiannya. Afirmasi positif saja semua akan dilancarkan…soal surat2 sudah bnyk yg melaluinya, mba juga pasti bisa..ada waktu utk menguraikan benang kusut satu persatu.

    Like

    1. iya makasih saranya mbak, abis ya saya kalo dah tau harus ngelakuin apa langsung kepikiran, yg ada di pikiran cuman “duh ini dokumen saya lengkap gak ya, kira2 mereka minta dokumen yang lain gak ya, ngurusnya gampang gak ya” semuanya di pikirin akhirnya stress sendiri,hehe sekarang lagi mencoba untuk menenangkan diri sendiri sambil berdoa semua akan baik2 sja, semuanya di pikiran pas abis lahiran aja πŸ˜€

      Like

  15. Mbaaakkk aku kok baru baca ya hih. Sebel ya kalo didiskriminasi kayak gitu, pdhl anak2 affidavit menyumbang devisa negara jugaaa. Kalo kayak kasusnya Archandra nah baru lain lagi, dia juga kasian ampe stateless gt :lol;

    Btw kirain tinggal di negara suami, mbak? Di Indonesia Timur dimananya? Semoga pengurusan semuanya cepet beres ya, biar bisa nabung buat sektor lain huehehe

    Like

    1. kemaren sempat tinggal di Italy Ge, tapi sekaramg pindah ke indonesia, di Ternate (maluku utara). kasian juga anaknya nih yg bikin sedih nanti pas di haruskan untuk memilih satu kewarganegaraan, emaknnya aja bingung, apalagi anaknya,hehe

      Like

  16. kasusnya gloria kalau ga salah, katanya krn ibunya ga urus affidavit, peraturan dwikewarganegaraan masih terbilang baru, anak yg lahir dibawah tahun 2006 ga otomatis dwiwarganegara, ortunya yg kudu urus2 lagi. jadi deh dia ‘bermasalah’ tp ga tahu jg sih detail kasusnya.
    Kalau dipikir2 mash enakan lahirin anak di negeri bapaknya, ngurus doublecitizen ga serempong di tanah air, tapi kalo balik dan mo laporin kelahiran anak di catatan sipil..tetep rempong juga birokrasinya–sama aja ya:D– semoga kedepan birokrasi indonesia terutama buat kita2 yang pny anak doublecitizen bs lbh mudah gitu…btw salam kenal adhya…udah lahiran kah?

    Like

    1. Hai mbak, salam kenal juga, wah nambah teman baru nih di blog, saya udah folkow blognya, pengen baca2 cerita di blog mbak nih *kepomode on* :-D. Oow kasus gloria kek gitu ya, saya pikir dia emang dh punya affidavit ternyata belum di urus sama emaknya ya, duh sekarang harus teliti tentang birokrasi, semua2 mending di urus dari awal deh, jgn sampe ada yg kelewat, biar nanti gak rempong lagi ngurusnya.hehe
      Alhamdulillah dah lahiran 2 mingguan y lalu, sekarang lagi jadi mama rempong bru belajar ngurus bayi sendiri πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s