Prosedur Pembuatan Kitas Sponsor Istri

Yup, kali ini postingan tentang birokrasi, harus serius nih nulisnya, gak boleh cengengesan :-P. Baeeklah untuk bu ibu atau istri WNA yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga (tunjuk diri sendiri) kalian bisa kok jadi sponsor suami untuk tinggal di Indonesia. Ada 2 plihan visa ( yang dapat di alih statuskan) untuk dipakai suami saat masuk ke Indonesia jika ingin mengajukan kitas yakni visa 317/telex visa (visa penyatuan keluarga) dan atau visa sosial budaya, perlu diketahui hanya kedua visa ini yang bisa di alih statuskan menjadi kitas (Kartu Ijin Tinggal terbatas), untuk visa turis tidak bisa dialih statuskan menjadi kitas.  

Nah, saya pake pilihan yang ke dua, yakni suami masuk ke Indonesia pake visa sosial budaya, so berikut ini akan saya jelaskan prosedur alih status VKSB (visa kunjungan sosial budaya) ke kitas (kartu ijin tinggal terbatas) sponsor Istri sebagai berikut : 

1. Datang ke Kantor imigrasi (kanim) di daerah tempat tinggal anda untuk mengajukan kitas

2. Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain :

  • isi formulir pengajuan kitas
  • fotocopy visa dan passport WNA
  • fotocopy KK, KTP dan passport WNI/ pasangan
  • fotocopy buku nikah
  • fotocopy surat ijin menikah (letter of no impediment) dari kedutaan
  • surat sponsor istri

3. Serahkan berkas ke petugas kanim dalam bentuk rangkap 3 dan jangan lupa semua dokumen asli juga dibawa karena nanti akan di cek oleh petugasnya

4. beberapa hari kemudian pihak kanim akan menghubungi kita untuk datang survey ke rumah plus wawancara dan ambil foto berdua, eh bertiga deng sama salah satu petugas kanimnya juga πŸ˜€

5. Hari berikutnya (atau jika sudah di kabari oleh petugas kanim) kita datang lagi ke kanim dan melakukan pembayaran untuk ITAS masa berlaku 1 tahun sebesar 800.000, ditambah MERP (multy exit re-entry permit) 1 tahun sebesar 1.000.000 plus jasa penggunaan teknologi sistem informasi manejemen keimigrasian sebesar 55.000 jadi total yang harus dibayarkan sebesar 1.855.000

6.  Pihak kanim akan menerbitkan surat pengantar untuk di bawa ke kanwil (kantor wilayah) hukum dan HAM plus satu rangkap dokumen persyaratan (point nomor 2) di atas

7. setelah surat pengantar plus berkas dibawa ke kanwil hukum dan HAM maka pihak kanwil akan menerbitkan surat yang di tujukan kepada Ditjen Imigrasi kuningan jakarta

8. Jika tidak berdomisili di jakarta maka semua dokumen plus surat pengantar dari kanwil bisa dikirim melalui pos (saya kirim pakai JNE)

9. now it’s time to wait and pray semoga kitas suami cepat di Acc πŸ˜€

10. Setelah kitas keluar (sepertinya bisa dilihat melalui online oleh petugas dikanim) maka suami WNA akan diminta datang untuk foto dan pengambilan sidik jari, lalu menunggu sebentar dan vooilaaa kitasnya dah jadi dan bisa ambil passport yang sudah di cap oleh pihak kanim πŸ™‚

Bacanya kelihatan simple ya? tapi percayalah urus birokrasi itu butuh kesabaran dan banyak dramanya! tapi alhamdulillah di balik ke rumitan ternyata ada juga loh kemudahan yang di berikan Allah, misalnya : 

  1. untuk urus alih status vksb ke kitas biasanya estimasi waktu kurang lebih 1-2 bulan (saya tanya mbak Siti di Makassar dan baca dari internet juga) sedangkan saya sejak berkas di serahkan ke petugas kanim sampe kitas keluar hanya 15 hari saja kawan! rejeki anak soleha euy πŸ˜€
  2. sekarang sudah gak ada lagi pungli-pungli, asalkan semua kita urus sendiri ya, yang penting mau repot sedikit tapi jadi lebih mengerti semua urusan birokrasi dan bisa save lebih banyak uang dari pada pake agen yang bisa bikin harganya berkali lipat
  3. karena kantor imigrasi itu letaknya cuman selemparan kolor dari rumah saya jadinya kalau ada apa-apa misalnya dokumen kurang lengkap bisa cepat bolak baliknya, jalan kakipun juga bisa sih dari rumah asalkan kuat nahan panas,hehe

Oh ya semua proses di atas adalah murni pengalaman saya secara pribadi dalam mengurus alih status kitas suami saya di kantor imigrasi kelas 1 kota Ternate, sangat mungkin jika terdapat perbedaan seandainya pengurusan dilakukan di kota lain. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat ya πŸ˜‰

Advertisements

90 thoughts on “Prosedur Pembuatan Kitas Sponsor Istri

  1. Ternyata gak mahal-mahal amat ya? Aku kira bisa puluhan juta ngurusnya..semoga cepat kelar KITAS-nya dan terimakasih banyak info-nya..siapa tahu kejadian juga dengan diriku, pulkam bawas suami bule πŸ™‚

    Like

    1. sama-sama mbak, iya biasanya kalo pake agen2 gitu jatohnya jadi mahal, makanya ngurus sendiri aja, lumayan duitnya kan ya, sekarang karena udah gak ada pungli2 lagi jadi harga sudah sesuai dgn yang di tulis di peraturan undang2. semoga pas mbak Indah pulkam kesini kitasnya udah gratis, amiin kenceng,hihihi

      Like

    1. iya bener, baru baca persyaratannya aja udah sakit kepala duluan, itu yang di tulis belum semuanya juga, krn setelah itu msh harus ngurus bbrp surat lagi *tarik nafas panjang* πŸ˜€

      Like

    1. sama2 mbak Em, iya bisa jadi referensi misal kitas suami mbak ganti sponsor, semoga kedepannya urusan birokrasi ni bisa jadi lebih mudah, sayangnya kitas cuman di kasih setahun, tahun ni harus ngurus lagi deh

      Like

      1. ahahaha, iya pas pindah baru nyadar, lah kok ini rumah deket banget dari ktr imigrasi, kalo mau ngurus2 gampang nih, kalo ada razia dokumen trus gak lengkap bakalan kena duluan nih,wkkwkw semoga gak ya :-P, nih udah mau nyoba ngajuin kitap mbak, karena kata mbak Siti kalo pernikahan dah diatas 2 tahun udah bisa ngajuin kitap (dikasih 5 tahun), biayanya juga lumayan sih *nelen ludah*

        Like

      2. Aku juga pengen ngajuin Itap alih sponsor (dari perusahaan ke pribadi) tapi entah kapan itu.. Sementara sekarang ini lagi sibuk sama dokumen anakku supaya dapat dwi kewarganegaraan.. Abis itu mau ngurus PR Australia.., duit lagi semua itu, jumlahnya total: lebih dari lumayan.. Gak apa-apa deh yg penting ada rezekinya.. Amin..

        Like

      3. lagi ngurusin Affidavit nya si Bear ya mbak Em?rempong gak mbak? pokoknya semoga mbak Em banyak rejekinya dan segala urusannya dilancarkan ya mbak πŸ™‚

        Like

      4. Eh maap baru balas.. Ya waktu itu lagi urus dokumen dwi kewarganegaraan buat Bear, dokumen sisi Indonesia dan Australia juga.. Makasih buat doanya.. Sekarang semua udah beres, tinggal liburannya di rumah Australia ntar bulan Mei.. Cihuyyyy..πŸ˜ƒ Kapan-kapan pengen tulis di blog soal urus dwi kewarganegaraan ini..

        Like

  2. Saya mbayangin prosesnya ribet banget dan mahal banget Mbak. Ternyata terlalu lebay bayangan saya ya. Hahaha. Makasih infonya ya Mbak. πŸ™‚

    Like

    1. sama2 mas Dani. sebenarnya sih ribet tapi drama2 nya gak usah di tuliskan disini, kasian yang baca nanti pas mau ngurusin kitas suaminya dah takut duluan,biarkan mengalir aja *ciieee bahasanya*, untungnya dah gak ada pungli loh mas jadi bayar sesuai peraturan di undang2 *senyum lebar*

      Like

      1. memang lumayan mahal sih, tapi biasanya kalo pake agen2 atau orng dalam gitu malah lebih mahal, bisa berpuluh2 juta katanya,bisa pingsan saya kalo di suruh bayar segitu, tapi biaya segitu cuman untuk kitas satu tahun, dan tiap tahun harus di perpanjang, kalo udah cukup persyaratan bisa ngajuin kitap dan itu di kasih 5 tahun langsung tapi masalahnya biaayanya tentu lebih mahal, kemungkinan di atas 5 jutaan *tarik nafas panjang*

        Liked by 1 person

    1. amiin, untungnya udah kelar sih, makanya sekarang udah boleh cerita sambil cengengesan,hihihi
      selemparan kolor itu pokoknya deket lah hm… gmn jelasinnya yak * bingung sendiri*

      Like

  3. ada surat ijin menikah segala? punya saya udah ga tahu kemana.
    kalo istrinya ibu rumah tangga yg ga kerja, ga perlu buku tabungan kah? ato apa gitu yg menunjukkan kondisi finansial.
    ternyata butuh multi reentry permit ya. kirain dapat kitas otomatis bisa keluar masuk. dan lbh mahal ya harganya dr kitasnya hehe.
    satu lagi, berarti suami ga boleh kerja ya?
    hehe.. maaf, banyak nanya. dan terimakasih udah diposting. bermanfaat. siapa tahu suatu saat saya jg jd sponsor suami.

    Like

    1. harus punya mbak surat ijin menikah dari kedutaan, kemaren gak sempat di fotokopi kh? nikahnya di indonesia kan? minta tolong KUA tempat menikah waktu itu untuk cari berkasnya lagi mbak, trus di fotokopi deh (repot juga ya),saya waktu itu emang di fotocopy perbanyak buat jaga2 aja ternyata memang di butuhkan.
      multi reentry dulunya gak wajim ambil tapi sekaramg dah di wajibkan mbak, dan ya itu harganya lebih mahal dari kitas itu sendiri,kalo cumam kitas wna gak bisa keluar masuk indo tanpa multi reentry nanti kitasnya hangus trus mesti bikin baru
      kitas sponsor istri suami memang gak boleh kerja tapi di sektor formal, harus ada ijin kerjanya dulu cuman bisa di sektor non formal gitu mbak, semacam buka usaha kecil2an, ngajar bhs inggris di rmh kayaknya bisa deh mbak
      saya kemaren gak di suruh lampirkan buku tabungan sama skali padahal juga saya gak kerja, gak nanya2 juga masalah finansial, mereka cuman liat2 kelengkapan berkas, gak banyak di tanya2 juga sih. postinga ini berdasarkan requestannya mbak Em, nanti klo ada yg ingin di tanyakan tinggal kontak aku aja mbak, semoga bisa bantu jawab πŸ˜‰

      Like

      1. ada sih dulu. tp lupa, sempat kopi apa ga ya. kpn2 deh dicari lg.
        yg multi reentry andai dlm setahun ga keluar negeri berarti ga kepake ya. ato bisa dipake utk periode berikutnya?
        iya mbak. makasih banget udah diposting. berguna sekali. mudah2an birokrasi ke depan makin bersih dan ga panjang.

        Like

      2. coba mbak di cari2 lagi, semoga ada, soalnya aku denger2 surat ijin nikah dari kedutaan itu bakalan dipake terus sepanjang kita ngajuin kitas ataupun ngurus2 dokumen anak di indonesia. yang multy exit reentry itu hanya berlaku satu tahun dan kalo gak dipake tahun itu ya hangus, tahun berikutnya tetap harus bayar lagi mbak, makanya itu kita rugi ya kalo gak dipake ke luar negeri, dulu gak wajib, jadi misal wna mau keluar negeri baru deh ngajuin multi exit reentry itu tapi sekarang dah jadi keharusan untuk ambil satu paket saat ngajuin kitas.

        Like

      3. langsung dicari, mbak. ketemu, msh ada 2 kopi. eh tp aneh ya, kan udah ada buku nikah. knp masih perlu surat itu ya?
        dulu urus akta lahir anak, ga pake ini. cuma pake surat ket lahir dr KBRI dan kopi buku nikah, ktp.
        yah sayang ya itu reentry permit. kyknya yg punya sistem ini cuma indonesia ya. di negara lain, kalo udah punya ijin tinggal, otomatis bisa keluar masuk. yah, lain negara lain aturan.

        Like

      4. alhamdulillah ada, nanti di fotocopy perbanyak mbak Em, biar aman gak usah nyari2 lagi pas dibutuhin,hehe
        nah itu dia saya juga heran kenapa ya mereka msh minta surat ijin menikah dari kedutaan itu, padahal jelas2 udah ada buku nikahnya kan, aneh banget. kalo dari yg saya baca2 pas mau ngurus affidavit anak untuk dual kewarganegaraan butuh surat itu juga, tapi gak tau deh bener apa gak soalnya saya juga belum pernah ngurus affidavit, nanti saya cari2 lagi ya informasinya mbak. iya sepertinya di indonesia aja yg beda, saya sejutu tuh mbak harusnya kalo udah punya ijin tinggal maka bebas dong ya keluar masuk gak perlu pake reentry permit lagi, semoga besok2 dihapus nih peraturan ni (ngarep),hehe

        Like

    1. iya Ko, karena sekarang udah selesai makanya udah boleh cerita dgn santainya, waktu itu kalo langsung di tulis pasti tulisannya penuh berapi2 krn drama baru sja usai,lebay banget,ahahaha

      Like

  4. Makasih say untuk infonya, bermanfaat. Nggak ada rencana pindah ke Indo, tapi siapa yang tau besok. Senang dengarnya, kalo proses ngurus surat-surat gini sudah bersih, nggak ada pungli.

    Like

  5. Jadi cukup aman ya Adhya kalau berkas kita kirim by post ke Ditjen Imigrasi? Aku takut ilang malah ngulang lagi dari awal hehe. Oh iya, balasan dari Ditjen Imigrasi itu ga dikirim ke kita lagi kah? Tetapi langsung ke Kanim di tempat kita ngajuin, dan kita tinggal tunggu mereka telepon untuk pengambilan foto dan sidik jari ya? Maafin Dhy banyak nanya hehehe. Makasi yaa πŸ™‚

    Like

    1. gak apa, saya senang kalo bisa berbagi informasi sukur2 bermanfaat :-). nah yang aku tau saat searching informasinya itu begitu, dari Ditjen imigrasi ngirim ke kita trus kita bawa lagi ke kanwil trus ke kanim kan? nah saat aku itu gak gitu prosesnya, sempat bingung juga kok gak di kirim ke kita ya, lamgsung aja gitu di telepon katanya mereka liat di komputer mereka kalo kitas suami dh keluar trus langsung di suruh datang foto dan ambil sidik jari, walaupun sempat bingung tapi seneng juga sih gak usah repot2 lagi ke kanwil. awalnya saya was2 juga ngirimnya pake pos gitu takut ilang tapi kata petugas imigrasinya gak apa kok, mudah-mudahan sampe, toh isinya fotocopyan semua, yg asli kan ada di tangan kita, paspor suami kan juga gak ikut dikirim (dalam hati tetep sih takut, gak mau ngulang proses dari awal) πŸ™‚

      Liked by 1 person

      1. Aduh alhamdulillah banget ya Dhy bisa kirim lewat pos dan aman. Soalnya semenjak balik lagi tinggal di Medan, aku keder sendiri mikir harus bayar tiket berdua Medan-Jakarta PP untuk ke Ditjen Imigrasi. Mudah-mudahan saat nanti kami ngurus kitas, dipermudah seperti kamu dan suami. Huwaa seneng akhirnya ada yang merhatiin blog aku, ini lagi dikutak katik draftnya. In sha Allah bisa segera publish.. Makasi ya Dhy infonya πŸ™‚

        Like

      2. iya saya awalnya juga mikir ya ampun kalo harus dibawa ke jkt lumayan tiket PP berdua dari ternate ke jkt, bisa habis 5 juta sendiri,belom lagi biaya hotel dll, jadinya demi kesehatan dan keselamatan dompet mending dikirim pake pos aja, insya Allah sampe,hehe
        ih asik mau nulis lagi, aku penasaran pengen baca2 blognya mbak Fris πŸ˜‰

        Liked by 1 person

  6. Aaaad, alhamdulillah ya gak ribet. Aku pikir juga yang bisa jd sponsor itu kantor/ tempat kerja loh. Alhamdulillah jg gak ada pungli. Hidup Indonesia bersih! 😊

    Like

    1. kalo emang dia dh punya kerja ya sponsornya ganti ke sponsor kantornya Dil, kitas sponsor istri gak berlaku lagi, rempong pula tapi yg ngurusin kantornya dong ya, istrinya bisa santai ;-). iya gak ada pungli loh, ih seneng, walaupun tetap aja ya harganya lumayan :’))

      Liked by 1 person

    1. visa sosial budaya berlaku 60 hari Mar, dan bisa diperpanjang sampe dgn 4x dengan masa waktu satu kali perpanjangan adalah 30 hari jadi max untuk visa sosbud bisa stay di indonesia 180 hari :-), sayang kitas di kasih hanya satu tahun, kalo aku waktu di italy kemaren langsung dapet yg 5 tahun. di NZ rempong hore juga ya bikin ijin tinggalnya? biasanya langsung di kasih brp tahun Mar?

      Like

      1. Kitasnya setelah setahun diperpanjang lagi ya? Di sini opsinya turis visa, resident visa sama work visa. Work visa bisa dikasih 1-2 tahun biasanya tapi opsinya kalau sudah work visa 2th berturut2 biasanya bisa apply resident nah setelah di-grant, gak usah pakai visa rempong lag

        Like

      2. kitas tiap tahun perpanjang Mar, tapi besok rencana mau ambil kitap (kartu ijin tinggal tetap) di kasihnya 5 tahun nanti di perpanjang lagi, coba ya indonesia ada sistem bisa langsung apply resident biar gak rempong perpanjang trus, tiap kali perpanjang kan biayanya lumayan juga *keluhan bu ibu kere*

        Like

  7. tsk tsk dhy sampe survey ke rumah dan pake foto segala gitu ya.
    beruntung banget ya kantor imigrasinya deket rumah jadi gak masalah klo harus bolak-balik.
    btw lengkapin sama contoh surat sponsor dari istrinya juga dong dhy.

    salam
    /kayka

    Like

    1. ada mbak nanti ya coba saya tulis lagi yg baru, agak rempong ngetiknya ini soalnya saya posting dan blog walking selalu dari hp, gak bisa dri laptop krn nungguin petugas dtang pasangin internet dirmh lama banget gak dteng2, pdahal udah di minta sejak akhir tahun lalu *malah curcol*. Iya mbak Kayka, petugas imigrasinya datang survey ke rumah juga, katanya sih biar percaya gitu kita beneran nikah, tinggal serumah, foto juga sebagai bukti kalo petugasnya udah beneran ngecek datang ke rumah, trus di wawancara juga sih tapi pertanyaan standar2 aja, paling di tanya dah brp lama nikah dll πŸ™‚

      Like

      1. siiip mudah-mudahan internetnya cepet kepasang ya dhy. coba ditelefonin aja tiap hari πŸ™‚

        petugasnya datang tanpa pemberitahuan gitu apa gimana dhy?

        salam
        /kayka

        Like

      2. udah di datengin ktrnya tapi sampe mrk bosen sendiri liat muka saya dan masih aja kasih banyak alesan, sampe sekarang internetnya blm juga terpasang, haduh nasib nih tinggal jauh dari peradaban (dibaca:indonesia timur) hehe
        petugas imigrasinya telepon dulu kok mbak sebelum datang ke rumah, itupun cuman bentar wawancara sedikit trus foto 2 kali udah deh gak banyak neko2, saya suguhin minuman sama kue juga

        Like

      3. providernya gak customer oriented deh dhy. alamat harus sabar tingkat dewa.

        foto satunya lagi mesti deh pak imigrasinya pengen foto ekstra sama pak suami πŸ˜€

        salam
        /kayk

        Like

      4. ahahaha,,,awalnya juga saya pikir cuman foto suami istrinya aja, eh ternyata pas mau foto gitu dia bilang dia ikutan foto juga soalnya di surat penugasan kan namanya dia jadi sekalian ikut foto biar jadi bukti gitu :-D. ini maksa pengen pasang internet di rmh krn sinyal hp selalu timbul tenggelam jadi esmosi tp malah gak ditanggepin juga sama mereka,grrrrrr….

        Like

  8. Ini bagus banget dan pastinya bermanfaat banget mbak adhya buat pasangan kawin campur yang tinggal di indo, semoga menjadi amal jariyah bagi mbak *benerin kerudung* wkwkwk
    Tpi serius, istri emang perlu aware sih mau ga mau soal ranah hukum dan izin tinggal suami yang WNA. Pernah ada kejadian temen suami orang Swedia yang istrinya orang indonesia dicegat di Soetta pas mau balik ke Sweden. Ternyata oh ternyata si suami visa sosbud nya udah expired sejak 3 tahun lalu! WOW ga kebayang denda yg musti dibayar 😦 Yang bikin bingung apa si istri ga pernah ngecek ya izin tinggal suami..

    Like

    1. ya ampuuun itu kok bisa ya visa sosbudnya udah expire selama itu, mereka kok ya gak ngecek?,duh duh duh aku jadi takut nih, semua urusan surat2 cumamih harus lengkap nih.
      ahahahah amin2 ya semoga postingannya bermanfaat bagi banyak orang siapa tau juga bermanfaat untuk dirimu, mungkin suatu hari nanti mau pulkam juga kan bisa di pake informasinya,hehe
      bener banget katamu Sya, kita (cieee kitaaa) sebagai istri wna harus aware dan banyak cari tau informasi terkait hukum dan birokrasi dinegri ini! pokoknya semangat untuk kita!hihihi

      Liked by 1 person

      1. sama2 say…. hehehe btw, aku tunggu postingannya tentang gerhana matahari total dari ternate yoo… soalnya di makassar cuman gerhana sebagian hehe… tadi pagi mataharinya bagus tanpa mendung.. jd bisa lihat gerhana dgn baik cuma sayangnya gak gerhana total kayak ternate πŸ˜€

        Like

      2. wah tadi seru abis liat GMTnya say, euforianya luar biasa, nanti kalo lagi ada rajin aku tulis ya, ni di rmh msh ada tamu jadi gak konsen mau nulis,hehe

        Like

      3. oki siap kaka… hehe wah sy kebayang gimana ya rasanya waktu gerhana total itu, terang…gelap… terang… bikin merinding kayaknya πŸ˜€ oooh iya, sy baca postingannya ttg kamar yg disewakan itu… rejeki anak soleh benar2 ya πŸ˜€ klo sy ke ternate nanti boleh nyewa jg gak ya kak? πŸ˜€

        Like

  9. wihh maafkan saya lama tak mengunjungi blog ini, selamat datang di INDONESIA raya…senangnya saya ada teman senasib… mudah kan… apalagi di kota kecil mah gampang.. cepat … sy skrg urus KITAP nih.. doakan lancar yahhhh..

    Like

  10. Hallo mbak adhya, saya tertarik membaca postingan ini. Saya ada pertanyaan via e mail, boleh ya mbak adhya? πŸ™‚ Saya coba kirim ke alamat e mail nya mbak, ya. Terima kasih.

    Salam kenal
    Nia

    Like

    1. Hai Yenny, salam kenal
      Contoh surat sponsor istri itu banyak kok di internet, tinggal di lihat aja, yang penting itu intinya kamu nukis disitu kalo kamu sbagai istri wna bertanggung jawab penuh atas segala tingkah laku suami kamu selama berada di indonesia

      Like

  11. Hi, mau tanya dong…berarti e-kitas terbitan 2016 sudah termasuk exit permit ya? Jd tidak perlu apply exit permit terpisah lagi apabila sudah memiliki e-kitas terbitan 2016?

    Like

  12. Selamat malam Mba Adhya..Saya baru menikah dengan pria USA, untuk konversi visa sosial ke VITAS/KITAS apakah harus meninggalkan indonesia dulu atau bisa langsung konversi tanpa meninggalkan indonesia. Mohon pencerahannya.

    Like

    1. Malam mbak Ria, jawabannya bisa, kalo konversi dari visa sosbud ke kitas suami gak perlu meninggalkan indonesia mbak, langsung aja di ajukan permohonan kitasnya, tinggal nunggu di approve aja dari pusat. Semoga penjelasannya membantu ya πŸ˜‰

      Like

  13. Mbak… Tulisannya menghibur dan informatif juga πŸ˜€ Aku pengin alih status visa sosbud ke kitas juga nih. Tapi kok pernah blogwalking nemu kalo copy surat nikah harus dilegalisir 3 kementrian (kemenag, kemenkumham, kemenlu)? Kl mbk copy buku nikahnya gmn? Semua halaman? Dijadiin selembar?

    Maaf pertanyaannya banyak hehe

    Like

    1. Hai mbak Reni,salam kenal. Setau aku gk usah di legalisir di 3 kementrian deh say, punyaku sengaja dilegalisir kemaren untuk keperluan visa ikut suami aja sih, bukan krn mau ngajuin kitas jadi menurut aku gk masalah kok klo buku nikahnya gk dilegalisir

      Like

  14. Hi mbak adhya
    tulisan nya bermanfaat banget, makasih ya informasi nya, tapi dah kebayang banget gimana ribet drama nya,aku ngurus documents perkawinan campur aja sampe 1 setengah tahun, menguras tenaga pikiran dan bathin hehehe, Dan yg sangat di butuhkan hanyalah kesabaran,
    Ayo semangat bu ibu!!! Smoga kita semua dapat kelancaran dalam mengurus per KITAS an
    BTW thanks for the info…
    Salam kenal ya mbak Adhya

    Like

    1. Hai mbak Endang, salam kenal juga. Wah saya senang kalo bisa berbagi dan tulisannya bermanfaat untuk orang lain. Btw itu ngurus dokumennya pama banget mbak, kok bisa? Memang mengurus birokrasi ini butuh kesabaran ekstra, ni saya malah lagi rempong juga mau ngurus dokumen anak saya, pokoknya selalu semangat πŸ˜‰

      Like

  15. Hi mbak adhya Salam Kenal mbak aku mw Tanya nih, kan Aq April kemaren br nikah sm pria inggris tp suami ku sblumnya kerja di Indonesia jd sponsor nya dr kantor nah Aq Kalo mw jd sponsor suami mw buat kitas soalnya
    Itu visa sosial budaya nya pas suami masuk ke Indonesia ato kita apply dulu gt mbak
    Makasih atas info nya mbak
    Bnerr2 membantu buat yg nikah campuran

    Like

    1. Hai mbak Sari salam kenal juga ya. Utk visa sosial budaya apply dulu dari luar negeri sebelum masuk ke indo, nanti klo dh nyampe indo bru deh di alih statuskan utk jadi kitas. Sebang sekali bisa membantu semoga postingannya bermanfaat πŸ˜‰

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s