Cerita Lebaran Idul Fitri 1436 H di KBRI Roma

Postingan Telat!!

Hai semua….apa kabar? gimana suasana lebaran kemarin? pastinya happy bisa ngumpul bareng keluarga dong ya plus Makan enak pula. Walaupun udah telat gak ada salahnya jika saya tetap ngucapin Selamat Idul Fitri untuk semua teman-teman yang merayakan :-).

Ceritanya lebaran tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya dimana kami tetap merayakan lebaran di KBRI Roma, yaaaah habisnya mau dimana lagi tempat yang bisa menampung “kami” orang-orang terbuang ini kalau bukan di KBRI *idih kami, kamu aja kali*. Kalau tahun lalu Shalat idul fitri-nya di mulai jam 9.30 pagi, tahun ini di mulai lebih awal yakni jam 8.00.

  
Selesai Shalat id saling maaf-maafan abis itu sambil nunggu acara open house oleh Bapak Duta Besar RI  kita di suguhi berbagai cemilan. Jam 11 tepat acara open house dibuka tanpa sambutan apa-apa, cuman salaman doang abis itu langsung ngacir ke ruang makan :-D. udah gitu doang lebarannya, sambil makan sambil sibuk ngobrol sana sini, gak ada cerita acara silaturahmi ke rumah eyang, om, tante. Perut kenyang mulut pun sudah berbusa kebanyakan ngobrol sana sini jadinya kami pulang deh, begitu keluar dari pintu KBRI maka kembalilah kita pada realita kenyataan hidup dimana suasana lebaran pudar seketika begitu saja, hahaha ya iyalah lebaran di Eropa sini mana berasa suasananya. 

  
  
#sstttt….BB suami turun 5 kg loh selama puasa sebulan kemarin, BB saya? hm…. *hilang sinyal*

  
  

  
  
  

Lebaran hari kedua saya pulang ke Romania karena mau memperpanjang paspor suami. Sebenarnya sih bisa perpanjang paspor di Kedutaan Romania yang ada di Italia tapi prosesnya lama bisa sampai 3 bulan nunggunya. Kalau diperpanjang langsung di Romania kurang lebih hanya 1-2 minggu saja jadi anggaplah sebagai mudik lebaran walaupun gak mudik ke Indonesia melainkan mudik ke negera suami ;-). Baru nyampe Romania langsung terima kabar duka dari mama yang ngabarin kalau oma saya meninggal dunia!! langsung deh nangis kejer sambil peluk ibu mertua :(. Sebenarnya saya sudah persiapan mental sih karena sebelum lebaran keadaan oma sudah mulai memburuk, kadar gula darah beliau naik gila-gilaan yang mebuat oma hilang kesadaran dan gak mampu mengenali keluarganya sendiri. Beliau keluar masuk rumah sakit karena penyakit Diabetes yang sudah bertahun-tahun diderita. anak-anaknya juga udah pada ngumpul tapi gak disangka beliau pergi secepat itu. semoga seluruh amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT, amin. 

  
#Oma maafkan cucumu ini ya yang gak bisa datang di acara pemakaman dan belum sempat memberikan cicit untukmu, hiks :(( *eeeelaap air mata*

Advertisements

109 thoughts on “Cerita Lebaran Idul Fitri 1436 H di KBRI Roma

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, turut berduka cita Adhya
    dan selamat lebaran ya, maaf lahir batin.., alhamdulillah ada juga hidangan lebaran lengkap ya, pasti langsung diaerbu

    Like

  2. Selamat Lebaran Adhya meskipun telat, minal aidin wal faizin ya. Turut berduka atas kepergian Oma…may she rest in peace.

    Makanannya enak2 kliatannya ya πŸ˜€ Pasti beda ya lebaran di sana dengan di Indonesia pastinya lebih berasa lebaran di Indonesia ya.

    Like

    1. makasih Mbak Ria, msh di indonesia kh? aku liat cerita kopdarnya di postingan mbak Jo ma Christa *kepo* :-P. makanannya enak mbak (krn gratis,hehe). bener lebaran disini gak berasa suasananya mana pas lebaran hari jumat masih hari kerja juga, jadi berasa seperti hari2 biasa πŸ™‚

      Like

  3. mantep bener menu lebarannya dhy #sambilnyodorinpiring

    turut berduka cita dhy utk omanya ya, semoga diampuni segala dosa-dosanya dan diterima segala amal baiknya #amin

    salam
    /kayka

    Like

  4. Halo… selamat Lebaran ya Mbak, mohon maaf lahir batin kalau ada kesalahan saya yang kurang berkenan di hati Mbak. Turut berduka cita dengan omanya, Mbak, semoga diterima di sisi-Nya dan Mbak serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan :amin.

    Makanannya tampak legit-legit banget Mbak… kemeriahan Lebaran komunitas Indonesia tak kalah ya dengan yang di dalam negeri :)). Ada kue lupis dan bolu ya, kesukaan saya tuh :haha.

    Like

    1. Amin, makasih atas doanya ya bli Gara :-). untungnya ada KBRI makanya kita orang2 indonesia ini masih bisa sering bertemu walaupun tinggalnya pada jauh2, kemarin banyak juga yang datang dari luar kota Roma soalnya. kalo tau itu kue kesukaan Gara pasti saya bungkusin deh *sambil lirik2 biar gak ketahuan pak dubes,hahaha*

      Liked by 1 person

      1. ahahaha,,ah kayaknya beli dari sana aja lebih fresh deh, ngapain jauh2 kirim dari sini, rasa kue yang disana juga kayaknya lebih enak dari yang ada disini *disambir petugas kbri*

        Liked by 1 person

      2. Oh jadi yang di kbri kurang enak… *minta disembelih petugas KBRI :haha*. Duh kok kita jadi ngecengin petugas KBRI begini sih Mbak :haha.

        Like

      3. iya lama2 nanti aku di black list nih sama petugasnya. gak boleh dateng lagi pas ada acara, mana bentar lagi dh mau 17 an pasti banyak acaranya, hihihi *sungkem satu2 sama petugasnya*

        Liked by 1 person

      4. Oh iya, 17-an pasti seru banget Mbak :)). Aak tidak sabar untuk tahu bagaimana keseruan hari kemerdekaan di sana :hehe.

        Like

    1. amin makasih doanya mbak Winny, lebaran disini simpel gak repot pake acara silaturahmi sekampung, wong gak ada yg kenal ini,hehe
      asik langsung di kasih linknya biar bisa baca juga cerita lebarannya mbak winny sekeluarga πŸ˜‰

      Like

  5. Turut berduka buat omanya yaa!!! 😦

    Btw, itu lama bener ya proses perpanjangan paspor bisa sampe 3 bulan gitu. Padahal kan sama-sama di negara EU. Disini perpanjang paspor Indonesia cuma 1 minggu aja udah jadi loh, haha πŸ˜› .

    Like

    1. makasih ya Zilko. iya aneh ya perpanjang paspornya lama bener, KBRI sini juga cpt, kemaren temenku yang dari Genova malah gak nyampe seminggu perpanjang paspornya. kalo menurutku lama krn disini banyak banget WN Romania nya, jadi banyak orang yang harus di urusin kali sama kedutaannya. hehe
      tapi menurut suami kenapa lama, karena proses paspornya harus dikirim ke kota asalnya dulu di bikin disana baru dikirim lagi ke sini, ntah bener apa gak πŸ˜€

      Like

  6. Hai Adhya, maaf lahir batin yaa. Semoga berkah dan dipertemukan lagi Ramadan yang akan datang. Turut berduka cita buat Oma.
    Lebaran di KBRI nya enak banget ya suasananya. Lebih sepi dibanding di Belanda. Makanan disana juga lebih banyak variannya. Makan disini aja musti pakai kupon saking banyaknya orang Indonesia. Dan saking banyaknya itu, aku yang kenal cuman 3 orang haha. Akhirnya setelah makan langsung pulang.

    Like

    1. maaf lahir batin juga mbak Deny dan mas Ewald. ya ampun itu beneran makan aja harus pake kupon?!emang bener mungkin krn saking banyaknya orng indonesia ya disana, rame dong ya lebaran disana mbak? disini makan sampe nambah berkali-kali juga gak ada yg protes,hehe
      sya juga sebenarnya gak kenal semua orang indonesia yg datang tapi sok2 akrab aja di ajakin ngobrol ya di ladenin, hihihi

      Like

  7. Selamat lebaran maaf lahir batin. Ikut berduka cita atas kepulangan oma. Suasana lebaran di KBRI nya menyenangkan sekali. Terutama makanannya, ya.

    Like

    1. Terima kasih, Maaf lahir batin juga Fee. iya suasananya walaupun gak sa kayak di indonesia tapi gak apa yang penting tetap ada acara ngumpul2 nya, makan bareng juga πŸ˜‰

      Like

  8. halo mbk adhya mohon maaf lahir batin ya, mudah2an ibadah kita tahun ini diterima oleh-Nya Amiinn.. bersamaan dgn ini turut berduka cita ya mbk dhya semoga oma ditempatkan ditempat yang terbaik.. mbk dhya itu kue lebarnnya lapis surabaya kan hehe salah fokus..

    Like

  9. Selamat Idul Fitri Adhya dan suami.. turut berduka cita atas kepergian oma tercinta, semoga khusnul khotimah… kalau Lebaran di negri orang bukannya rasa kekeluargaannya lebih terasa ya?

    Like

    1. Amin, terima kasih mbak Sinta. memang rasa kekeluargaannya lebih terasa hanya dalam lingkup kbri sja, begitu keluar hilang sudah gak ada rasa suasana lebaran kaya di indonesia, semuanya jadi biasa2 aja *banyak maunya* hihihi

      Like

    1. Terima kasih mas Dani. mohon maaf lahir batin juga dan met lebaran untuk mas Dani sekeluarga (salam ketjup untuk Al dah lama gak baca postingan tentang Al soalnya,hihihi), oh ya saya selalu baca postingan mas Dani kok walaupun dh gak pernah komen lagi krn dah gak bisa di komen langsung lewat reader, maafkan ya πŸ˜€

      Like

      1. Santai Mbaaaak Adhyaaaa. Gapapa koook. Hihihi. Saya seneng baca blognya temen temen dan seneng komen. No worries Mbak Adhya. πŸ™‚

        Like

      2. saya seneng baca blognya mas Dani, ceritanya ringan gak berat2 kalo harus dibaca, topiknya pun bermacam-macam mulai dari kerjaan sampai kemaren masalah PRT juga, trus bahasanya juga lucu2 gitu jadi bacanya gak bosan πŸ™‚

        Like

      3. Aduuuh saya ge er niih. Makasih banget ya mbak Adhya sudahau baca. Ini kemaren saya migrasi user name buat reader. Makanya jadinya agak lama baru bisa keliling lagi ke blog temen-temen.

        Like

      4. saya kalo buka WP, sampe posting pun selalu dari hp jadi agak rempong hore kalo mau komen tapi gak bisa komen langsung lewat reader,hehe
        walaupun saya jarang komen tapi postingannya selalu saya baca mas karena isi postingannya selalu menarik buat saya πŸ˜€

        Liked by 1 person

  10. Maaf lahir batin ya Dhy. Turut berduka cita, semoga Omanya diberikan tempat terbaik di sisiNya. Aamiin
    SI Matt juga turun loh BB’nya sampe 7 KG dan istrinya karena gak puasa 2 minggu akhirnya gak turun samsek huhaha

    Like

    1. wah matt malah turun lebih banyak ya,hebaat *tepuk tangan*. iya nih kok bb saya juga gak turun sih seandainya bisa kayak pria2 itu kenapa mereka puasa bb nya bisa turun sebanyak itu ya? padahal sama2 puasa

      Like

  11. Maaf kahir batin juga Adhya.. Turut berduka cita ya 😦 semoga segala amalan ibadah Oma mu diterima dibsisi Nya.

    Itu liat ada kue lapis surabaya hihihi enak ya lebaranan di KBRI banyak makanan indo πŸ˜‰

    Like

  12. turut berduka cita atas berpulangng oma. semoga diampuni dosa beliau dan diberikan tempat terbaik ya.
    selamat idul fitri jg. duh, ngiler deh liat menu lebarannya.

    Like

    1. Amiin, terima kasih doanya mbak Em :-). selamat idul fitri juga untuk mbak Em sekeluarga di sana. saya sempat baca postingan mbak kemarin tentang lebaran disana, seneng baca pengalaman lebaran orang2 indonesia di luar negeri πŸ˜€

      Like

      1. menunya cuma kue2 lebaran yg manis2, mbak. kalo menu makanan, umumnya tidak ada. makan ya seperti makan biasa aja. eh kalo mertua biasanya bikin sütlaç, seperti bubur putih jawa, dari beras, tapi pake susu. manis banget dan susunya bikin neg. jd saya ga suka.
        kalo di daerah lain bisa jadi ada menu lebaran.

        Like

      2. sepertinya menu2 lebaran disana (kue2 lebarannya) memang kebanyakan yang manis2 ya mbak Em. wah penasaran pengen cobain sutlac itu tapi bikinnya emang harus manis banget ya, kalo bikinnya gak terlalu manis orang sana bakalan gak suka kali ya,hehe

        Like

  13. Turut berduka cita Mbak, semoga Oma Mbak diterima di sisi Allah SWT Amin.. Hebat ya Mbak ada di Roma dan hari kedua di Romania.. hehehehe πŸ™‚ Saya suka liga Italia, jadi ke Italia adalah impian saya, dan saya suka orang italia cantik-cantik hehehehehehehehehehehehehehe πŸ™‚

    Like

    1. amin, Terima kasih doanya ya Diar. iya lebaran hari pertama di Roma italia, hari kedua dah terbang aja ke Romania, abisnya negara eropa kan deket2 ya jadi cepet nyampenya,hehe
      wah penggemar liga italia rupanya, semoga impiannya bisa terwujud ya, bisa nonton bola langsung ke sini πŸ˜‰

      Like

  14. Semoga Allah Swt. menerima amal ibadah beliau. Aamiin…

    Ngomong-ngomong soal makan-makan di open house dubes, makanannya ada yg di bawa pulang gk Mbak? Kali aja sama kayak buka bersama di cerita sebelumya.

    Like

      1. Kyk di film warkop DKI, yg berperan sebagai orang Madura. πŸ™‚

        Waduh, padahal itu hanya imajinasi saya. Kog ya pas Pak Dubesnya berkumis tebal. *Maaf lahir batin Pak Dubes.

        Like

  15. Innalillahi wa innailaihi rojiun.. Turut berduka cita yah Adhya.. Smoga amal inadah oma diterima di sisiNya dan diampuni semua dosanya..aamiin

    Eh kl acar makan makan di KBRI itu gratisan atau hrs bayar sih? Asik banget yah kl gratisan! Hahaha *girang banget sama yg gratisan*

    Like

    1. makasih doanya ya mbak Amel, amin…
      acara makan2 gini gratisan kok, kalo gak gratis mana mau saya dtang,ahahahaha,,,tujuan terselubung utk dtang ke acara2 kayak gini kan apa lagi kalo bukan utk makan gratisan,,wkwkkwwk, gak deng memang mau ngumpul aja sama orang indonesia yg lain *alibi* πŸ˜€

      Like

  16. Aaad, innalilahi wa innailaihi rojiuun.. turut berduka cita wafatnya oma yah. Senengnyaaaa lebaran masih bareng orang2 indo, trus itu makannya kalap dong πŸ˜›

    Like

  17. Met Lebaran Mbak Adhya, mohon maaf lahir dan batin juga yaa.. sekaligus turut berduka cita, moga almarhumah oma mendapat tempat terbaik di sisiNya dan segala amal kebaikan di dunia mendapat balasan pahala yang berlipat ganda, amin..

    Like

  18. Selamat Lebaran Dhy πŸ™‚ Seru ya kalau ada open house gitu bisa makan makanan Indonesia.. Nyam.. Ngences liat balapisnya..hihih..

    Turut berduka ya Dhy buat Oma mu. Smoga semua keluarga diberi penghiburan selalu. Amin..

    Like

  19. waaah aku lebih telat lagi komennya ini.. selamat lebaran ya dhy, dan turut berduka juga buat omanya..

    btw open housenya cemilan dan makanannya enak2 yahhh hihihih πŸ˜€

    Like

  20. wah berkaca kaaca baca postingan ini, semoga Amal ibadah beliau dterima disisi Nya dan mendapat tempat terbaik, semua manuasia ada waktunya kita pun sisa menunggu waktu, oh ya… seru juga baca pengalaman lebaran di sana yahhhh serunnya beda… nanti kan bakalan merasakan lebaran indah di Indonesia serunya tak habis habis…

    Like

    1. amin makasih doanya mbak Siti, iya dsini untungnya kbri selalu ngadain shalat ied bersama jadi gak terlalu merasa kesepian saat lebaran,ada open housenya juga jd makin seru bisa makan masakan indonesia juga πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s