Festa di Scuole Migranti

Beberapa hari setelah selesai ujian bahasa tepatnya pada tanggal 6 juni yang lalu di adakan pesta untuk semua sekolah bahasa Italia yang ada di kota Roma bertempat di Citta dell’Altra Economia Piazza Orazio Giustiniani, 3 Testaccio. Pestanya itu berupa pementasan seni jadi setiap sekolah diharapkan mengirim perwakilan untuk melakukan pentas seni seperti menyanyi dalam bentuk group band ataupun soloist, pementasan teater, dan menari. (baca puisi, lomba balap karung, makan kerupuk *emang ini lomba 17an* ). Nah sekolah kami dari awal sudah di tentukan sebaiknya kita melakukan pementasan seni  tari, berhubung hampir seluruh siswa dikelas kami berasal dari negara yang berbeda jadinya kan unik kali ya bikin kombinasi gerakan tariannya gabungan dari beberapa tarian tradisional negara asal masing-masing siswa. Mati dah saya langsung berpikir keras *bawa tarian apa nih?! masa goyang itik, pinguin atau malah goyang uget-uget?!* (goyangan apa pulak itu)

Awal latihan saya masih hadir, tapi hari-hari berikutnya karena sadar diri badan kaku kayak kayu gini suruh nari dari pada nanti memalukan bangsa dan negara tercinta sebaiknya mundur teratur dengan cara gak pernah hadir lagi pas latihan ;-). Ternyata gak cuma saya doang loh yang mengundurkan diri dari grup nari dikelas, beberapa temen yang lain juga begitu sehingga hanya menyisakan 2 *pemenang* murid aja yang masih aktif latihan, yang pada akhirnya ya hanya mereka berdua saja yang mewakili sekolah kami. 

Awalnya saya pikir pestanya akan di adakan di dalam ruangan atau semacam Aula gitu kenyataannya begitu hari H pesta di adakan di tengah lapangan luas mamen! Buseeet dah panggungnya juga kayak panggung-panggung konser. Alhamdulillah saya gak jadi ikutan nari, bisa demam panggung aye “-“. Begitu liat panggungnya langsung berkata dalam hati “gak sia-sia kemaren gue langsung mengundurkan diri”,hehe. ya iyalah mana berani saya suru presentasi depan kelas aja gugup apa kabar ini suruh nari di panggung gede yang di tonton banyak orang *anaknya pemalu* ;-). 

Ohya saya sempat lihat salah satu sekolah yang bawain tarian India, bagus banget berasa nonton film India live. Mereka narinya beneran kayak di film-film loh. Sekolah kami sendiri pada akhirnya membawakan tarian dari Brazil, kenapa? ya karena yang nari murid dari Brazil sama Venezuela. kalau narinya goyang dumang berarti saya yang joged,hehe.

  
From left : Italy, Indonesia, Philiphine, Venezuela, Moldova, Brazil, and Poland

  
  
ini salah satu sekolah yang bawain tarian India

  
Kalo ini dari sekolah kami πŸ˜‰

  

  
  
Ini dia si Duo Dancer yang menyelamatkan wajah sekolah kami yang muridnya minim bakat ini *tunjuk diri sediri*

  
Acara di tutup dengan pemberian hadiah kepada para pemenang Games dan Kuis disertai dengan nonton bareng final liga champions Juventus vs Barcellona πŸ™‚

Advertisements

98 thoughts on “Festa di Scuole Migranti

  1. Saya lucu baca kalimat ini
    “Ini dia si Duo Dancer yang menyelamatkan wajah sekolah kami yang muridnya minim bakat ini *tunjuk diri sediri*” apalagi kata – kata menyelamatkan wajah sekolah. πŸ˜€

    Keren ya mba adhya acaranya…. serasa artis banget ya, tampil diacara dengan panggung segitu..

    Like

    1. ahahaha,,iya loh mereka berdua emang penyelamat bangsa deh,kalo gak ada mereka siapa dong yg mewakili sekolah kami,hehe
      kalo pentas di atas panggung segede itu sih udah kayak artis beneran deh πŸ˜€

      Like

      1. iya Mbak Tina, mungkin krn seluruh sekolah bahasa kali ya makanya dibikin acaranya yang gede sekalian,perkiraan pestanya di adakan di dalam aula malah meleset πŸ™‚

        Like

  2. Wih, baca ceritanya jadi pengen ikutan nonton πŸ™‚ Kalo aku yg disuruh, mungkin aku malah kebalikan dari Adhya kali ya πŸ™‚ Merasa tertantang gitu πŸ™‚

    Like

  3. Panggungnya megah ya Mbak, berarti ini acara pementasan yang cukup serius :hehe. Dan, menarik untuk diamati bahwa ada beberapa kata bahasa Italia yang mirip dengan bahasa Indonesia ya, seperti “festa” jadi “pesta” dan “sabato” jadi “Sabtu”? *ahngomongapasayaini*.

    Pertunjukannya tampak ramai dan seru! Tarian di sana pasti bagus-bagus, dan tentu saja banyak makanan yang bisa dinikmati :haha. Selamat ya buat kalian semua yang sudah lulus dari sekolah bahasanya, kalian luar biasa! :hehe.

    Like

    1. ahahaha teima kasih Bli Gara πŸ™‚
      Bli Gara jeli banget sih, emang bener beberapa kata dalam bahasa italia ada yang mirip dengan bahasa indonesia walaupun gak banyak sih,hehe
      panggungnya gede bikin nyali menciut kalo disuruh nari di atas panggung itu, untung gak jadi ikutan πŸ˜€

      Liked by 1 person

  4. Panggungnya keren abis tapi tetap santai (kalau melihat dari kursi,meja, dsbnya). Keren πŸ˜€

    Sayang mba Adhya mundur, sapa tau goyang dumang diminati disana hihi

    Like

      1. ahahaha,,,iya keren suasananya juga asik, untungnya saat itu suhunya belum sepanas sekarang jadi adem aja duduk di tempat terbuka kayak gitu πŸ™‚

        Like

    1. hahaha, trik meloloskan diri biar gak ikutan pentas ya begitu, untungnya juga gak jadi ikutan ya bisa salah kostum nanti disana :)). Acaranya seru mbak Nel, krn bisa liat beberapa tarian dari negara lain, bisa kenalan dgn murid2 dari sekolah yang lain juga πŸ™‚

      Like

      1. iya, kali aja mereka juga pada gak pede mau ikutan nari sama kayak saya, yang bertahan hanya murid dari amerika selatan gak perlu heran lagi ya, mereka emang jago2 nari, murid yang asia dan eropa mundur,hahaha

        Like

      1. ada sih yang rusuh2 gitu tapi gak sampe heboh2 juga, lumayan lebih teratur kayaknya jarang ada tawuran antara suporter, ada mungkin tapi gak sesering kayak di indonesia πŸ˜€

        Like

      2. Waaaah, namanya juga supporter kalik ya πŸ˜€ Jelas lebih teratur deh mbak, kalau diperhatiin ._.

        Mmm, jangan dibandingin sama indonesia -_- indonesia mah apa-apa tawuran pasti mbak ._.

        Like

      3. Iya mbak -_- boro-boro yang cewek, cowok yang sebenernya pengen bener-bener nonton bola dan nggak mau ikut-ikutan gitu juga pasti takut, soalnya ya gitu, pasti kena juga. Nggak aman banget kok -_-

        Like

  5. Adhya, keren banget ya disana ada gathering seluruh sekolah bahasa Italia. Jadi bisa tahu siswa dari sekolah-sekolah lainnya. Disini nampaknya ga ada. Padahal keren kan kalo misalkan aku tau siswa dari sekolah bahasa Belanda lainnya. Mana aku satu2nya dari Indonesia disekolah ini πŸ˜€

    Like

    1. wah di Belanda gak ada kh mbak Den? padahal kalo ada bakalan seru tuh bisa dpt banyak kenalan dari sekolah2 yang lain, bisa ketemu teman baru. sekolah ku sebenarnya banyak banget acaranya mbak Den, ada aja yang di rayain, sayangnya jarang ku ceritain di blog,hehe
      saya juga satu2 nya murid dari indonesia di sekolah :-D, berasa gak ada temennya ya mbak, kalo dari philipina malah banya jadi asik mereka bisa ngobrol pake bahasa mereka sendiri πŸ™‚

      Like

      1. iya klo disini jarang ketemu sama orang thailand tapi kalo dari philiphine banyak banget!dimana2 ada, saya malah sering di kira orng philiphine jadinya ikutan temenann juga sama orng philiphine,kalo temenan sama bule2 kurang nyambung,hehe

        Like

    1. disekolahku juga ada mbak, sebulan sekali mengunjungi museum :-D, kayaknya sekolahku doang ni yang banyak banget acaranya, ntah bazar lah, jln2 ke museum, ngerayain ultah temen, acara perpisahan dll πŸ˜€

      Like

      1. kalo kami malah jarang ke Cafe mbak, krn kebanyakan pada bawa makanan masing2 trus dimakan rame2,hehe
        kalo ngumpul2 di cafe asik kali ya mbak, bisa ngobrol2 seru, asiiik mau bowling bareng πŸ™‚

        Like

  6. seru bangeeet ya dhy, panggungnya keren udah kaya festival aja. siapa yang ngedanain tuh dhy? disini paling top makan bareng hasil ngumpulin makanan yang dibawa masing-masing gitu.

    salam
    /kayka

    Like

    1. disekolahku kalo makan bareng hasil ngumpulin makanan yg dibawa masing/ hampir tiap minggu, kayaknya emang sekolahku doang deh yg banyak banget acaranya, tiap sebulan sekali ngujungin museum, bazar lah, perpisahan,pesta natal macem2 mbak,hahahaha
      pesta kemarin itu yang ngadain dari pemerintahan kota Roma, jadi kalo di kota lain disini gak tau deh dari pemerintah kotanya ngadain juga apa gak πŸ™‚

      Liked by 1 person

  7. seru banget acaranya adhya..di tempatku setelah ujian selesai boro2 ada acara nari2, kumpul2 jg ga ada mungkin karena sekolahku disini semua kelasnya muridnya di campur jadi satu dan ga kaya di Roma 😦 lagian kayanya cm di Roma doang yah yg setiap saat ada acara sekolah khusus buat org asing. btw itu panggung nya niat amat yak gede gt kaya mau bikin konser wkwkwkwkw..ngomong2 di kelasmu ada org dr polandia? klo di tempatku kebanyakan dari Rumania, Albania, Ukraina dan Rusia doang πŸ™‚

    Like

    1. disana gak ada kh acara kayak gini? mungkin tergantung pemerintah daerahnya juga kali ya, soalnya acara kemaren itu yg sponsorin dari pemerintah kota Romanya sendiri, sekolahku memang banyak acaranya, bahkan ada acara perpisahannya juga, makan malam di rmh salah satu gurunya :-). mungkin krn kelasnya kecil kali ya jadinya hubungannya kebih erat,hihihi
      di kelasku ada orang polandia, serbia, yang dari afrika juga ada beberapa kayak senegal dan nigeria, ukraina, rusia bahkan kyrgystan juga ada,hehe

      Like

      1. Waktu itu cm ada acara jln2 ke museum dan peternakan yg namanya gita scuolastica domenicale tp itupun bwt yg masih pd single, sebenernya sih klo yg udh pd pny kluarga mau ikut jg gpp cm guruku lbh mewajibkan yg msh pd single, mgkn krn ga ada tanggungan klo pulang sore dsb krn kegiatannya jg setiap hr minggu selama sebulan. Mungkin jg x ya anggaran pemerintah daerah Roma lbh besar dr tempatku tgl krn kan secara aku tgl dikota kecil, jd ya paling cm menganggarkan yg seadanya aja :). btw enak itu ada acara diner brg di rmh guru, klo aku kebeneran gurunya bukan asli dr alessandria dan tiap week end mesti pp ke kota lain jd emang di sini ga ada acara diner brg dan selain itu jg setiap muridnya ga begitu akrab satu dgn yg lainnya, biasanya klo yg dr albania ngobrol dgn negara asal begitu jg yg berasal dr rusia, romania atau ukraina tp klo aku sendiri krn cm aku yg dr indonesia plg ngobrol sm yg dr afrika, india atau cuba. tp bagus sih ada acara diner brg, jd semakin mempererat silaturahmi meskipun dr negara yg berbeda2 :).

        Like

      2. ahahaha,,,kalo aku ngobrolnya ke sesama teman asia kayak dari philipina lumayan banyak, dan mereka bisa bhs inggris semua jd sering jalan bareng sama mrk juga, adapun yg dari india juga asik, biasanya yg sesama eropa ngobrol dgn yg eropa, yang dari amerika selatan ya ngobrol sesama meraka juga jadinya yg dari asia juga ikutan.ahhaha
        wah kalo di tempatku mbak wulan setiap bulan ada acara jalan2 bareng ke museum dan semuanya ikutan kadang anaknya pun ikut dibawa, gurunya loh yg menyarankan untuk bawa anak mereka (biasanya orang bangladesh) ada pernah satu temenku malah bawa suaminya *dyaaaar* :)). wah ternyata gurunya tinggal di luar kota ya susah juga ya kalo mau ngumpul2 bareng gurunya.

        Like

      3. kalo kaya begitu kan enak bs sekalian liburan keluarga gratis :P. iya kebeneran guruku yg kemaren berasal dr sicilia mknya setiap week end selalu pp dan aku juga kadang klo liat temen2ku yg dr rusia atau ukraina ngobrol pake bhsnya suka senyum2 sendiri soalnya mereka klo ngobrol cepet bgt :D. dan klo aku ngobrol sm tmnku yg dr cuba atau afrika mau2 ga mau pake bhs italia krn mereka ga ngerti bhs inggris, sedangkan yg dr cuba ngomongnya pake bhs spanyol dan yg dr afrika ngomong cm bs bhs prancis meskipun aku dl sempet belajar bhs prancis dikit2 πŸ˜€ tp ttp aja kita ngobrolnya pake bhs italia meskipun kdg2 suka pake bhs tarzan krn bingung mau jelasin maksudnya apa hahaha..cuma bagus sih biar semakin terbiasa berbahasa italia

        Like

      4. ahahhaha,,bener banget, aku juga punya teman dari peru dan dia juga gak bisa bhs inggris, kebanyakan yg dari amerika latin tu juga gak bisa bhs inggris ya tapi begitu y satunya ngomkng spanyol yg satunya ngomong portugis pada ngeri aku bengong2 aja.ahahha
        wah sempat bljr bhs prancis juga ya? hebat loh, bisa banyak bahasa. btw gurunya jauh banget dari sicilia πŸ™‚

        Like

      5. Iya karena aku suka belajar bhs baru dan jg aku dl sempet belajar bhs prancis 4 bulan cm krn ga di terusin mknya agak2 lupa meskipun msh ada yg inget dikit hehehe..makanya klo ngobrol sm mereka bs sekalian bljr bhsnya masing2 *mumpung gratis* hehehe. malah temenku yg dr cuba pengen belajar bhs indonesia hahaha πŸ˜€ ya udh aku ajarin aja dl dr yg simple2

        Like

  8. asyiik banget acaranya
    ada acara tambahan nonton final bola lagi ya .. aduuuh seru ., Juventus Barcelona .., ngiri
    selamat ya , sekarang makin lancar dong Italianya

    Like

    1. ahhaha,,,makasih ya, acaranya seru bisa liat banyak kebudayaan. dapat tambahan nonton bola juga, hehe
      bahasa italianya?hm…ya gitu deh walaupun gak lancar boleh lah untuk ngomong dikit2 πŸ˜€

      Like

  9. Aah…padahal pas buka postingan ini berharap nemu video nya mbak Dhya lagi nari ato goyang dumang *eehh* *langsung dipentung ama mbak Dhya*
    Btw…. seruu ya mbak. Kayak pensi gitu. Berasa ada aura keakraban antar negara πŸ˜€

    Like

    1. wah kalo saya yang goyang nanti bisa gempa bumi,haahhaaha… untungnya gak jadi ikutan nari juga, kalo nari saya pake kostum apa dong, barengan sama mereka? bisa fingsaaan emak saya kalo liat saya pake baju kayak gitu,ahahaha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s