Marhaban Ya Ramadhan

Apart from Romania Trip’s Post

Yeay! Bentar lagi puasa nih, Marhaban ya Ramadhan! Selamat datang bulan Ramadhan, bulan yang di rindukan oleh seluruh umat Islam di dunia. Bulan yang Agung, penuh berkah dan tentunya bulan sabar juga ya, sabar menahan hawa nafsu mau makan ini dan itu minum ini dan itu ;-). Untungnya disini gak ada iklan-iklan sirup yang menggugah selera kayak di Indonesia jadinya aman dari godaan,hehe. Tidak ada tayangan infotaiment juga yang tayangin artis-artis mendadak alim, khususnya yang perempuan pada sibuk menutup aurat padahal lebaran 3 hari juga di umbar lagi *eh malah ngegosip* :-P. 

Kembali ke bulan Ramadhan dimana bulan ini rezeki orang-orang beriman bertambah karena segala kemudahan dibuka oleh Allah SWT seluas-luasnya, amiiiin kenceng. Berarti bulan puasa ini harus lebih rajin baca Qur’an dan satu PR yang gak pernah selesai yaitu ngajarin suami saya baca Iqra. Selain itu juga saya harus tulis niat-niat shalat sunah misalnya shalat Tarawih dan witir di kertas, niat buka puasa dan sahur untuk suami saya, jadi dia belum hafal niat-niat shalat sunah itu, tahun kemarin sempat saya tuliskan tapi abis puasa kertasnya pun hilang tak berjejak, hadeeeh. 

Oh ya tahun ini adalah tahun kedua suami saya menajalankan ibadah puasa loh setelah resmi menjadi Mualaf. Tahun lalu Alhamdulillah dia puasanya FULL sebulan penuh!! gak ada bolongnya barang seharipun, padahal itu puasa pertamanya *tepuk tangan*. Puasa di Italia khususnya di kota Roma kurang lebih 18 jam, imsaknya sekitar jam 3.10 pagi dan buka puasa jam 9 malam, alamak lumayan yah buat nurunin BB, shalat Isya jam 11 malam, yang ada pas tarawih malah ketiduran,hehe

Berhubung sudah mau puasa dan sebelum terlambat saya mohon kerelaan maaf jika ada kata yang salah khususnya saat berkomentar di blog teman-teman sekalian, mungkin ada ucapan yang tidak pantas ataupun laku yang tidak elok #tsaaaah bahasa gue. Sekali lagi selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan. Mohon maaf lahir dan batin ya ;-). 

  

#duileee….pak ustad ma bu ustad nih yeee 

149 tanggapan untuk “Marhaban Ya Ramadhan

      1. iya sama puasanya sekitar 18 jam-an. karena ga ada beduk maghrib jadi ya dikira2 aja, hehehe tapi biasanya aku liat waktunya di aplikasi sholat lewat hp biar ga kebablasan puasanya πŸ˜›

        Suka

  1. Maaf lahir bathin juga mba Adhya…
    Puasa 18 jam… wow banget, dan hebatnya lagi suaminya mualaf tapi sanggup menjalankan 30 hari puasa… Subhanallah banget ya mba, semoga selalu diridhoi Allah mba Adhya dan Suaminya… Aaamiin.

    Suka

    1. awal puasa disini juga gitu, baru jam 6 sore saya sudah grasak grusuk kok ya lama banget sampe jam 9 sih, gak kuat :(, eh lama2 malah terbiasa (padahal sih terpaksa krn kalo mau buka puasa duluan malu sama yang mualaf itu) πŸ˜›
      selamat puasa juga untuk Mr and Mrs Muhandoko sekeluarga πŸ™‚

      Disukai oleh 1 orang

  2. huwooow kamu hebaaaat….kebayang beratnya puasa disana, tapi asal dijalani dengan ikhlas pasti gak berasa ya πŸ™‚

    Selamat puasa untuk Adhya dan suami, semoga dilancarkan

    Suka

  3. Iklan syrup itu iya banget, Mbak hahaha. Tapi sebenernya yg paling sulit pengendalian rasa marah sih buat aku πŸ˜€. Selamat menunaikan ibadah puasa Mbak Adhya, maaf lahir bathin. 😊

    Suka

  4. Sama-sama. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah puasa ya pak dan bu ustadz πŸ˜‰

    Btw, tips aja. Mending niat2 itu diprint aja huruf arab, latin, sama artinya trus ditempel di tempat yg keliatan. Kalo aku yg udah pasti ditempel jadwal imsakiyah, hehehe.

    Suka

    1. ahahahaha,,bisa aja mamanya Teona :-D, tipsnya bagus mbak, biasanya cuman saya tulis tangan sih niat2 itu dalam tulisan latin aja, hehe
      Met puasa juga untuk mbak Frany sekeluarga πŸ˜‰

      Suka

  5. maaf lahir batin ya mba adhya,, wah hebat ya mba kuat puasa selama 18 jam, klo aku mungkin udh kurus kali ya dalam sebulan puasa 18 jam sehari .. dan hebat jg ya mba suami nya padahal mualaf tapi bisa full puasanya ..

    Suka

    1. iya dia bisa ya tahan puasa segitu lama padahal sebelumnya belum pernah puasa sama sekali, saya sih waktu awal puasa udah gak tahan kok lama banget puasa disini tapi lama2 jadi terbiasa loh. Met puasa ya buat Febi sekeluarga πŸ™‚

      Suka

      1. Ada yg maghribnya jam 5 sore juga..πŸ˜† *Adhya tambah ngebet pindah*
        Ya kurang lebih lama siang harinya cuma 11-12 jam gitu.. Kan lagi musim dingin di belahan bumi bagian selatan.. Persisnya lagi musim dingin utk Australia bagian tengah ke selatan (termasuk pesisir timur dan baratnya)..

        Suka

      2. ada yg jam 5 sore juga? *langsung beli tiket* :-P, iya ya disana udah masuk musim dingin jadinya waktu siang harinya lebih pendek, pas puasa musim dingin asik kali ya gak berasa hausnya πŸ˜€
        btw met puasa juga buat Mbak Em dan Mr. M juga, mudah-mudahan babynya tetep anteng walaupun mommynya puasa *aku kapan ya* πŸ˜›

        Disukai oleh 1 orang

      3. Hahaha..πŸ˜†beli tiket😝
        Amiiiinnn.. Makasih buat doanyaπŸ‘πŸΌ Semoga puasa kalian berdua lancar juga, dan semoga harapan lainnya segera terwujud.. Amiiinnn..

        Suka

      4. Kalo lagi musim dingin enak mba puasa di aussie, bukanya super cepet. Saya pernah kebagian buka jam 5 sore tuh dulu hahaha. Tpi klo kebagian summer bisa lama juga bukanya. Pernah diceritain si mister, di melbourne kalo summer jam 9 malam pun masih ada matahari hahaha

        Suka

  6. Selamat berpuasa Mbak πŸ™‚

    jadi inget dua tahun lalu puasa di New York pas musim panas karena ada business trip. Imsak jam 3, buka puasa jam 9lebih waktu malam. Alhamdulillah kuat beberapa hari disana full. Tapi efeknya itu loh, lemes, dan karena bawaan lapar jadi cepet marah dan gampang senewen.
    salut sama Mbak adhya dan suami, semoga dilancarkan ibadahnya πŸ™‚

    Suka

    1. wah mbak Alfira sempat merasakan juga ya puasa yang lumayan panjang itu, mana pas musim panas terik mataharinya langsung bikin sakit kepala :-D. met puasa juga ya mbak πŸ™‚

      Suka

    1. hah? masa sih? mirip dari mana? tapi gak apa deh dibilang mirip berarti jodoh *ya iya lah wong udah nikah ini masa blom jodoh*,hehe
      18 jam? *tarik nafas panjang* mudah-mudahan kuat :-D.

      Suka

  7. Mohon maaf lahir batin juga Mbak, siapa tahu saya ada punya salah kata, mohon dimaafkan, semoga puasa kalian berdua tahun ini lancar dan jumlah yang bolong-bolong bisa diminimalkan :hehe. Lama juga ya puasanya di sana, ini pengaruh letak Rumania yang ada di belahan bumi utara jadi musim panas dan siang menjadi lebih lama ya, Mbak. Tapi semoga tetap semangat menjalani ibadah puasanya, supaya siap menyongsong hari kemenangan di Idul Fitri :hehe.

    Suka

      1. Itu pasti ngaruh banget ke jam tidur ya Mbak? Atau di sana malah terbiasa bangun pagi tapi yang masih gelap begitu? Banyak adaptasi ya Mbak di sana :hehe.

        Suka

      2. disini kalo musim panas jam 5 pagi juga dh mulai terang kok Gara, kalo musim dingin baru kebalikannya malam lebih panjang jadi jam 7 pagi aja msh gelap :-), banyak adaptasi tapi tetap semangat! πŸ˜‰

        Disukai oleh 1 orang

      3. Yep, dan jadi menarik juga Mbak :haha. Bangun pagi saat masih gelap, tapi mesti semangat beraktivitas :yosh.

        Suka

  8. rentang puasanya relatif sama ya dgn istanbul. tapi di sini lebih ceoat satu jam. yg lalu-lalu, hari2 pertama saya gegoleran aja. hihi, lemes abis deh.

    selamat menunaikan ibadah puasa ya. mohon maaf lahir dan batin juga. semoga puasanya lancar dan dimudahkan.

    Suka

  9. mbaaa selamat menunaikan ibadah puasa dan lainnya! smg kita smua mendapat keberkahaann.. ah senaaang senaang

    tapi suaminya hebat bisa puasa full meski pertama! yang udah biasa puasa ga boleh kalah nih πŸ˜€

    Suka

    1. makanya saya kalo jam 6 udah lemes.com tapi begitu suami pulang kerja langsung pura2 seger biar gak kelihatan kalah sama dia yg baru belajar puasa :-D, met puasa juga ya, mudah-mudaha puasa kali ini bisa kumpul sama suami ya πŸ˜‰

      Suka

      1. hapa? tahun lalu gak pulang? *hug* berarti tahun ini harus pulang kalo gk pulang ntar disangkain bang toyib lagi, hehe becanda kok mbak Haya πŸ™‚ mudah-mudahan tahun ini bisa lebaran bareng ya mbak, amiin

        Suka

  10. bu ustaaadz met puasa juga ya…. mohon maaf kalo selama ini ada pesan-pesan yang kurang berkenan ya…

    salut dhy, semoga ya keiginan baiknya bisa terwujud….#jadiingatkalosayabelumpernahngajariniqra tapi untung suami rajin baca terjemahan.

    salam
    /kayka

    Suka

    1. ahahhaha jadi malu nih dipanggil bu ustad *kibas mukena* , kali aja jadi kenyataan beneran jadi, hehe. Met puasa juga untuk Mbak Kayka sekeluarga mudah-mudahan puasa kali gak panas2 banget biar gak kepikiran air es yg dingin,hihihi. saya mesti ngajarin krn suami mau bisa baca quraan jadi tanggung jawab saya deh wong gk ada lagi orang di rmh selain saya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. amin kenceng, insya Allah mbak kita semua dipantaskan untuk masuk surga, yang penting suami-suami kita yang muallaf ini dituntun dan di ajarkan dengan baik *sok ngajarin orng yang lebih tua,hehe*. ngajarin suami yang mualaf ini kayaknya merupakan ladang amal tersediri untuk kita ya πŸ˜€

        Disukai oleh 1 orang

      2. amiiin amiin semoga masuk golongan tersebut…

        hahahahah gak lah dhy bukan hal yang mudah soalnya. gak hanya dia kitanyapun masih harus terus belajar. belum lagi kalo malas menyerang. kalo di jakarta sih cuek ya. nah kalo disini males, suami mau nyontoh siapa coba…j

        salam
        /kayka

        Suka

      3. bener juga mbak, terkadang malah saya jd mikir kayaknya kita harus belajar lebih banyak juga, kadang pertanyaan2 yang di ajukan suami sulit juga ngejelasinnya terkadang sampe harus browsing dulu baru dijawab, dan masalah2 memberi contoh itupun berat ya mbak, kalo lagi malas ya ampun yg ada malah suami yg jadi contoh buat saya,hehe

        Disukai oleh 1 orang

      4. samaaaa dhy… jadi berasa deh betapa masih ceteknya ilmu agama. yang sering kita browsing bersama. ngeri soalmya kalo dia nyasar ke site yang error. biasanya saya baca dulu. paling gak kita kan udah pernah belajar jadi punya gambaran kurleb jawabannya seperti apa.

        hahahah bangets dhy suka gimana gitu kalo dia udah ngambil wudhu duluan dan nungguin ya…

        salam
        /kayka

        Suka

      5. ih setuju banget mbak sekarang baru sadar kalo ternyata ilmu agama saya cetek banget, belajar lagi dari awal, dan bener gk mungkin minta mereka cari tahu sendiri nanti malah nyasar ke situ error di ajarkannya yg salah2 *pengalaman pribadi* bacaan shalat suami saya pernah aneh2 gara2 ngikutin situs error,hehe

        Disukai oleh 1 orang

      6. ngeri banget dhy kalo liat di berita gimana orang-orang yang berminat mempelajari agama islam terdamparnya di tempat yang tidak seharusnya… #amitamitcabangbayidhy

        salam
        /kayka

        Suka

      1. Iya sihh Adhya.. Aku waktu puasa di Inggris taun 2010 pas summer juga.. Sampe ampir jam 9 seingetku. Tapi ngga kuat, banyak bolongnya huuhuuu.. Taun pertama selalu sulit emang, salut makanya sama ceritamu πŸ™‚

        Suka

      2. ahahaha,,soalnya saya cuman di rmh aja, namanya juga ibu rmh tangga,kalo mau keluar rmhpun pilihnya yg deket2 aja gk mau yg jauh2, hehe. Christa kalo gk salah waktu itu kan kuliah ya? jadi banyak kegiatannya, perlu banyak tenaga, kata pak usatad juga gk apa sih kalo baru awal gitu buka puasanya ikutan waktu buka puasa kayak di indo (jam 6) namanya juga baru pertama :-D.
        yang salut untuk pak suami krn puasa pertama dia dan bisa full padahal dia kerja juga loh walaupun setiap plg kerja mukanya menunjukkan tanda 5 L (lemah,letih,lesu,lelah,lunglai) hehe tapi puasanya lancar πŸ™‚

        Suka

      3. Iya kuliah Adhya.. lagi tesis pula (seribu alasan hiks), cuma emang perlu diakui lemah banget nahan godaan hehehehe. Iya salut untuk suamimu. Kamu juga, semangat yaaa πŸ™‚

        Suka

    1. pas q lagi gk puasa ya di usahakan juga gak makan depan dia, padahal pengen makan tuh tapi ditahan, sebenarnya dia juga gk apa sih klo q makan depan dia tapi sebagai istri yg tau diri *tsaaah…kibas mukena* makan/minum ngumpet2 :-P.tapi biasanya jg dia kn kerja jadi pas dia gk drmh mkn sepuasnya pas dia plg bru deh mulut kunci lagi :-D.

      Suka

      1. Secara adabnya emang kaya gitu ya… kita makan jangan di depan orang yang berpuasa.

        Yeaayy istri yang baik nih ceritanya, hehe

        Tapi salut juga loh sama suamimu. pertama kali puasa eh pas summer lagi kan. sanggip dia…. saluuutt…

        Suka

      2. iya loh awalnya sudah q bilang puasanya setengah hari aja dulu namanya juga baru belajar, eh apa daya Mark KW itu ngeyel katanya dia bisa kok mau coba puasa seharian baeklah biarkan saya, q mikirnya paling klo dia gak sanggup bakalan buka puasa juga tengah hari eh malah tahan tuh sampe jam 9, walaupun pas pulang kerja mukanya sdh menunjukkan tanda 5 L (lemah,letih,lelah,lesu,lunglai) :-))

        Suka

  11. selamat menunaikan ibadah puasa di Romania, jangan lupa, cerita kesan-kesan puasa di Romania, ya! aku pesan satu πŸ˜›

    Suka

      1. #tutupmuka..:)

        di mana pun, pokoknya harus ceritakan kesan puasa di luar negeri. titik.. hehe..

        Suka

  12. Mohon maaf juga ya mbak kalau aku banyak salah, sering ngatain sesepuh kampus :p hehheeh

    Semoga kita dilancarkan pada puasa kali ini πŸ˜€ yuhuuuuy bahagianya bulan ramadhan :))

    Ciyeee Pak Ustad sama Bu Ustad ciyeeh :3

    Suka

  13. Met puasa yaa buat mbak Adhya dan suami ☺ tahun ini juga tahun pertama Bapak Bebi puasa dan alhamdulillah 2 hari ini belom bolong hihihi. Wah luar biasa ya mbak, puasa 18 jam… di russia aku dengar puasanya 22 jam! Alamaak…cobaannya bener2 ya hahah. Moga2 kita semua selalu dimudahkan di bulan ramadhan ini. Amin πŸ˜‡

    Suka

    1. met puasa juga buat Sya, maaf lahir batin ya. wah hebat ya si Bapak Bebi belom ada yg bolong puasanya, mudah-mudahan lancar terus puasanya sampai akhir ya, amiin. iya nih puasanya lama banget,pengennya buka puasa jam 6 juga tapi malu sama yg mualaf ini πŸ˜€

      Suka

  14. Mohon maaf juga ya mbak kalo selama ini saya ada salah-salah komentar. Selamat menunaikan ibadah puasa bersama suami tercinta πŸ˜€

    Btw, puasanya 18 jam… Lamanyaaaa….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s