Hujan

Hari ini kota Roma di guyur hujan, hujannya awet banget dari kemarin sore sampe siang ini gak berhenti-berhenti, paling banter gerimis abis itu lanjut ujan agak deres lagi abis itu gerimis mengundang lagi begitu seterusnya. Minggu lalu juga gitu, hujan 2 hari gak berhenti bikin saya malas untuk jalan keluar rumah yang berakibat pada di pelototin pak suami karena gak berangkat ke sekolah bahasa. Untungnya bukan di jakarta ya, kebayang dah tuh jakarta yang hujan hanya beberapa jam aja bisa macet (gak ujan juga macet). 

Hujan yang non stop ini bikin suhu udara jadi turun lagi, padahal udah masuk musim semi yang harusnya suhu sudah mulai menghangat, tapi karena hujan terus jadilah suhu turun dibawah 10 derajat dan yang bikin kesel harus nyalain heater (alat pemanas ruangan). Akibat nyalain heater ini sudah pasti berujung pada tagihan gas bulan depan yang akan meningkat,huft….

Gila aja bulan kemaren saya bayar tagihan Gas hampir 100€, belom listrik, air, sampah, internet dll. Akhirnya ikutin tips dari mb Mikan buat penghematan,  pas lagi keramas shower di matiin, lampu di beberapa ruangan juga kalau gak ada orang ya dimatiin, kalau lagi masak ya masakannya di tutup biar cepat matang, masaknya juga yang banyak sekalian biar gak masak lagi berulang-ulang *hemat gas*

Sekian curhatan dari emak-emak pengangguran, bagi yang mau nambahin tips-tips biar lebih hemat listrik/gas dll silahkan di share di kolom komen ya, Terima kasih πŸ˜‰

Advertisements

100 thoughts on “Hujan

    1. geser dikit matahari kesini boleh gak?hehe
      eh ada cerita menarik waktu di jogja dulu pak suami bawa motor gayanya pake celana pendek dan baju kaos lengan pendek besoknya kulitnya terbakar,mengelupas semua dari leher,tangan sampai kaki,luar biasa jogja udah panas banget ya, tapi daerah kaliurang masih lumayan dingin kn? *klo malam* πŸ™‚

      Liked by 1 person

      1. Waah kalau kaliurang atas iya km 15 keatas, aku km 9 panas banget malam pakai AC kalau tidur parah kan.
        yogya beberapa hari ini sukses tembur 36 derajat panasnya kalau siang.

        Like

  1. Tipsnya Mbak Mikan itu memang applicable banget lho Mbak. Di rumah saya penghematannya sudah lumayan nyata :hehe. Saya paling suka dengan yang mencabut charger kalau tak terpakai–itu ternyata borosnya memang banyak :)).

    Liked by 2 people

      1. Aku cabut Dhy klo malam semua yang standby dan efek sih di billku. Microwave aja yg gak habis males set up jam-nya. Yg ini aku fungsikan sebagai jam juga soalnya. Mungkin kecil penghematannya tapi diliat per 3 bulan sampai setahun lmyn banget. Prinsipnya sama kayak charger itu. Klo aku repot dikit gpplah.

        Like

    1. oh ya jadi mencabut charger yang tidak terpakai di itu malah pemborosan kh? di biarin gitu atau malah kebalikannya, harusnya klo charger yang tidak dipake di cabut aja? informasi bermanfaat nih jadi tau

      Like

      1. Justru sebaliknya Mbak, charger yang tidak terpakai malah mesti dicabut :)). Tampaknya kata-kata saya membingungkan, ya. Maapkeun :hehe.

        Like

      2. Stau aq sbaiknya dicabut adya,kan menghemat penggunaan listrik. Klo dicolok terus ya listrik mengalir terus. Dan efek lainnya klo dicolok bs bikin konslet

        Like

  2. aku rindu hujan…hikshiks.
    jogja-solo puanasnya ampun dijeee…..diem aja keringat udah kayak gerontol jagung.gak pagi-siang-malam, pokoknya udah kayak sauna gratis keliling kota

    Like

    1. ahaah,,ya ampun iya tadi kata mbak Ria emang panas banget ya disana, panas gitu kalo mandi trus abis mandi malah tambah berasa gerah kayaknya soalnya aku sering ngerasa gitu πŸ˜€

      Like

  3. Emak saya seringnya ngomel tipi dimatiin kalo nggak ditonton, lampu matiin aja kalo udah mulai subuh subuh gitu, kalo ngidupin aer panas buat mandi harus ada lampu yg dimatiin, aer harus cepet domatiin kalo udah penuh, pokonya versi emak emak banget deh. Disitu kadang saya merasya pusying, hahahhahaha

    Like

  4. Tosss Adhya, di Den Haag masih dibawah 10 derajat terus tiap hari. Mendung dan hujan pula. Tapi kalau sore beberapa hari ini mataharinya sudah nongol sebentar. Semoga hangatnya matahari bisa segera mampir ke tempat kita yaa… Biar mak-mak pengangguran macam kita ini ga males2an lagi yaa hahaha

    Like

      1. Iya Betul, itu yang kutulis diatas kan, hujan dan mendung terus, tapi 2 atau 3 hari an ini kalau sore sudah ada matahari. Sore aja sih, kalau pagi masih sendu2 mendung gitu, hujan dan angin kenceengg banget seminggu lalu, kayak ada badai πŸ˜„

        Liked by 1 person

      2. Ga sampai badai sih Adhya, tapi angin kenceengg banget 2 hari. Sampai pas aku belanja ga kuat nahan badan keseret angin, untung ada tiang jadi bisa pegangan. Kalo nggak, kecemplung sungai kayaknya aku haha. Nasib punya badan mungil

        Like

    1. hehe bener banget mbak Deny, disini kalo gak hujan sudah mulai hangat kok jadi heater udah jarang dinyalain tapi krn hujan dan suhu mulai turun jadilah heater mode On πŸ˜€ (giliran bentar lagi musim panas pasti ngeluh lagi panaas panaaas :-p

      Like

    1. sekarang aku udah mandi 2 hari sekali loh mbak Nella ikutan orang sini sekalian penghematan,hehe
      untungnya hujan badai disana udah berlalu, berarti Benjamin udah siap buat jalan2 lagi πŸ˜€

      Like

  5. Kalo pake heater nya central, mending beli heater portable yg buat kamar gt. Itu listrik nya lbh kecil. Dan kalo emang pas tdr tinggal kamar ditutup, heater kecil gt bisa panas sekamar.

    Like

  6. Dhy klo mandi pas lagi sabunan matiin juga showernya dan mandi max 4 menit (yg tanpa keramas). Udah aku hitung beda efeknya di bill utilities huahaha (maklum krn krg kerjaan). Oia, cb deh gak nyalain heater, tapi pake jaket/sweater fleece, electric blanket dibawah seprai dan lapis selimut fleece dibawah quilt, pake kaos kaki dan sleeper hangat, pasti heater gak perlu nyala. Buatku mending uangnya dipake jalan2 ato makan enak soalnya huahahaha. Semoga berkenan.

    Like

    1. eh ini dia yang punya ide pengematan akhirnya datang juga,hehe
      berarti besok saya coba mandi max 4 menit aja klo gak pake keramas, di rumah pake kaos kaki lapis dua mbak celana panjang,kaos lengan panjang plus jaket. sekarang sedang berusaha untuk gak nyalain heater,mudah2an tagihan bulan depan berkurang, makasih ya mbak atas tips2nya yang selalu bermanfaat πŸ˜‰

      Liked by 1 person

      1. iya gemes aku soalnya Dhy. Masak uang habisnya ke yang kayak2 gini. Oya invest di robe berbahan fleece juga, yg kayak kimono bentuknya. Senjataku banget tuh, sweat pants yg mmg buat cuaca dingin, sleepersku aja berlapis bulu dan diatas ankle, wool socks. Worth it bgt buat invest di benda2 spt itu dan throws yg berbahan menghangatkan. Maaf ya klo aku sering bersemangat hbs masak kita gak bisa combat beginian.

        Like

      2. eh malah bagus ide2 nya mbak mikan sudah saya terapkan loh beneran, masalah penghematan begini kan emang harus di lakukan dari berbagai sudut, apa aja dari hal2 kecil, bener kata Mb Mikan walau agak repot sedikit ya gak apa, walaupun sedikit kan ngaruh juga ke tagihan bulan dpn, hehe makasih ya mbak sudah banyak ngasih saran πŸ™‚

        Liked by 1 person

      3. Sama-sama Dhy sebagai info penyemangat listrikku turun 40 dollar nih baru dikirimin email hahaha. Kalo kata mbak Yo ini tujuan ngeblog, untuk berbagi dan berinteraksi 😊

        Like

      4. hah?masa sih yang bener itu turun 40 dollar? mauuuu,,, (mulai singsingkan lengan baju langsung jadi polisi pengematan listrik dll) klo ada yang gak di pake langsung cabut πŸ˜€

        Like

  7. Di Denmark sih ga hujan (untungnya!) tapi dingiiiiiiinn. Tadi pagi matahari bersinar saya naik sepeda ke tengah kota pakai jaket yang tipis eh sejam kemudian langsung ga keliatan lagi mataharinya.. 😡

    Like

    1. begitu gak kelihatan matahatinya pasti langsung kedinginan ya? aduh di Denmark pastinya dingin banget ya, kalo saya pasti gak kuat tahan dinginnya apalg kalo salju, untung di Roma gak turun salju πŸ™‚

      Like

      1. Iya akhir2 ini juga dingin banget. Trus anginnya kencang naik sepeda jadi takut ketiup XD
        Di Italy memang lebih panas sih yah. Dulu saya ke Foligno bulan april pake summer dress (karena memang panas menurut saya cuacanya), sampe diliatin sama orang2 italianya, karena bagi mereka itu masih dingin. heheheheh

        Like

      2. iya bener banget,di italy sini memang lebih panas kalo dibandingkan bbrp negara eropa lainnya, apalagi di Roma juga gak turun salju krn suhunya juga emang jarang minus, kebanyakan turis2 inggris klo kesini bulan2 segitu kita disini msh pake jaket mereka udah pake summer dress aja makanya pada di liatin sama orang sini sama kayak kamu krn disana lebih dingin kan jadinya suhu segitu orang sini msh oake jaket tapi kamu berasa hangat aja pake,kalo aku yg ke tempatmu kayaknya gak sanggup deh nahan dingin πŸ˜€

        Like

  8. Sama nih..hujan seminggu kemarin buat dingin lagi.. Senasib dengan emaknya Benjamin..tp hari ini lebih cerah.jadi bisa jalan2. Oia..Sama kayak riemikan saranin,mba.kami sdh mulai jarang bgt pke heater.krn lbh srg dobel aja bajunya ,dinyalain saat ada orang aja, jg kdg pas tidur heater kdg dimatiin..spy ga kering jg c hidung/tenggorokan, hehe

    Like

  9. Di tempatku klo penggunaan listrik dari pukul 11 malam sampe 6 pagi biayanya lebih ringan begitu juga klo tanggal merah dan weekend . Jadi klo nyalain dishwasher sebelum tidur, begitu juga dgn wasmachine tinggal paginya baju baju dimasukin mesin pengering. Lebih bagus klo cuci bajunya seminggu sekali jadi bisa lebih irit.

    Like

    1. saya sempat tanya ke suami masalah ini mbak tapi kata dia sama aja gak ngaruh tergantung perusahaan listrik yg kita pake biasanya mereka ada paket2 tertentu yang harus kita request dari awal klo memang mau penggunaan listrik lebih ringan di jam2 tertentu. saya cuci baju seminggu 3 kali,heehee mulai minggu ini mengurangi jadwal cuci baju biar hemat :-p

      Like

      1. disini baru jam 11.33, disini malah baru libur, di indonesia udah dari jumat kan ya,semangat ngantornya ya! ntar lagi dh mw plg tuhbkan dh jam 4 πŸ˜‰

        Like

  10. Tips hemat gas?umm masak pake listrik, hehehehe *sami mawon yah?!
    Aq soalnya bgtu,dikosan kan masak pake tabung portable jd lumayan boros krn satu tabung kecil sama aja kya hrga gas ukuran 3kg. Jd klo mau menghangatkan makanan atau masak air pake listrik aja *mumpung listrik bebas dikosan mwahahahaha

    Jakarta juga ujan terus 😦
    Mana payung baru ilang dikereta hiks *mau beli lagi susah dpt payung yg cocok *ditoyor akang

    Like

    1. ahahaha, minta di beliin akang payung baru syer,bilang aja gara2 kemarin asik ngobrol terus sama akang jadinya lupa deh payungnya ketinggilan di kerera πŸ˜‰
      senangnya dikosanlistriknya bebas gitu,waktu kosan aku dulu listriknya pake listrik pulsa itu loh,jadi mahal pembayaran sebanding dgn pemakaian jadi di hemat2in

      Like

      1. Smp sekarang belum dibeliin hikss
        Pdhl sbnrnya bisa sih beli sndiri di indomaret dpn kosan.
        Hahaha cuma emg ga mau rugi aja pake duit smdiri *dicubit akang 😜😜😜
        Dsni nambah byr listrik klo pake AC sm kulkas ato dispenser
        Klo televisi kyana engga deh.
        Aq dsni perbulan kena 775rb plus kamar mandi di dalam. Tp ga pake AC.
        Klo pake AC kena 1,4jt.. Pedihlah utk kantong karyawan level staff biasa mah

        Like

      2. mahal ya,murahan kos2an di jogja,(ya iya lah) kamar mandi dlm paling mhal juga 400rbuan. akang mesti di kasih kode morse syer biar ngerti dia,trus aja ngomong payung ilang payung ilang paling juga langsung peka.syp tau langsung dibeliin payung sekalian lengkap digantiin ama sepatu yg ilang kemaren,hehe

        Like

    1. aih udah nyampe Camboja aja ni gak ngajak2 coba kemaren ikutan ngumpet di dalam bagasinga *padahal mbak Noni gak bawa bahasi juga*,hehe
      aku geser sedikit ujannya ke Camboja ya…

      Like

  11. yang sering saya sih dhy biar hemat klo tidur heathernya dimatiin semua termasuk kamar tidur.

    nah prakteknya disaya heather yang dinyalain adalah heather di ruangan yang kita gunakan saja. begitu juga dgn lampu….

    salam
    /kayka

    Like

    1. sekarang heater klo tidur dh dimatiin mbak berarti bsk2 heater yg di nyalain cuman di ruangan yg kita pake aja ya,itupun sebelum tidur jgn lupa di matiin, siip deh,makasih tipsnya Mbak Kayka πŸ˜‰

      Liked by 1 person

  12. Eng, iya sih. sebenernya, dimanapun kita tetep harus hemat listrik ya :3

    Eh, disini Jogja cuacanya agak labil. siang panaaaas banget, sore kadang hujan gitu -_- aku yang pulang dari kampus pucuk merapi kan gimana gitu ya -_-

    Like

      1. eh aku masih muda kok :-D, baru lulus s1 farmasi tahun 2012, lulus profesi apoteker 2013 *gak mau dibilang tua*, aku dulu fakultas mipa, kalo Febri fakultas apa?

        Like

      2. Wahahaaaaa masih mudaa banget πŸ˜€ baru lulus 3 tahun lalu brati πŸ˜€ hebat-hebat mbak πŸ˜€

        Ooooh, MIPA πŸ˜€ ciyee gedung barunya MIPA udah jadi loh mbak. Aku FTSP mbak :D, yah keliatan dari muka-muka suram yang mumet akan hitungan πŸ˜€

        Like

      3. wah dulu aku sering tuh kuliah di Gedung FTSP, maklum gedung mipa gak cukup nampung kami yg banyak ini, udah ada ya gedung barunya mipa? di bangun di mana?maksudnya deket gedung apa?

        Like

      4. Wahaaa iya nih, sampai sekarang beberapa anak mipa juga masih ‘numpang’ di FTSP :p ya cuma cewek-cewek dari MIPA itu yang menghias FTSP wkwkwk kalau nggak ada MIPA, batangan semua FTSP -_- wkwkwk

        Gedung barunya di samping rektorat mbak. Baratnya. SIni mampir dong mbak :p

        Like

    1. hehe, iya bener mbak Indah, enakan juga di rmh ya, hari ini matahari sudah bersinar, kemarin masih dingin dgn angin kencang mudah2an hari ini suhu mulai menghangat πŸ™‚

      Like

  13. Disini listrik juga dah mahal banget Dhy.. apalagi kl lg gak ujan, kan jd pasang AC terus. Bisa nyampe 400 – 500 rb bayar listrik sebulan. Tp kl musim ujan raada mayan ngirit coz gak pasang AC, jd “cuman” 200-300rb. emang yah AC itu penyedot listrik

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s