Roma dan Salju

Berbicara tentang salju tentu bukan barang langka di Eropa, terutama di kala musim dingin. Namun tahu kah Anda kalau salju bukan merupakan pemandangan biasa di kota Roma? iya! di kota Roma tidak turun salju teman (kecuali kalau pergi ke daerah pegunungannya ya). Jangan di kira karena ini salah satu negara eropa sudah pasti akan turun salju ya, suhunya boleh dingin tapi saljunya gak ada, padahal kan saya norak berharap ingin Β melihat secara langsung turunnya salju, hehe. Tapi menurut informasi bulan Februari tahun 2012 yang lalu tiba-tiba saja hujan salju melanda kota Roma. Sepertinya memang sedang ada badai salju yang menerpa daratan Eropa dan sekitarnya sehingga menyebabkan kota Roma turut kebagian salju juga.

Akibat turunnya salju ini menyebabkan lalu lintas di Roma terhenti. Tumpukan salju di jalanan membuat banyak mobil tanpa ban berantai tergelincir mengakibatkan sejumlah kecelakaan lalu lintas tidak dapat dihindari dan juga pemerintah kota Roma membuat keputusan menutup sementara tempatΒ wisata Colosseum untuk kunjungan wisatawan. Keputusan penutupan bangunan sejarah itu merupakan yang pertama kalinya sejak 26 tahun lalu. Penyebabnya adalah salju tebal yang menyelimutinya dan ke khawatiranΒ pengunjung akan terpeleset kala melintasi jalan yang tertutup es.

Untuk tahun ini juga kayaknya gak bakalan ada hujan salju di kota Roma (berharap ada) secara kan musim dingin juga sudah hampir berakhir atau malah masih lama ya? gak tau juga deh, eh tapi beberapa minggu yang lalu sempat turun hujan es *doang* bukan salju, ekye kuciwa deh. Padahal pengen liat salju dari balkon rumah (kan lumayan es serut gratis, tinggal tambahan sirup, jadi deh sluuurp sluurp). So, Sekarang kalian jadi tau kan kalau di kota Roma tidak turun salju πŸ˜‰

Advertisements

66 thoughts on “Roma dan Salju

  1. Februari 2012 memang sepertinya ada anomali dengan cuaca di Eropa. Waktu itu di Belanda juga bersalju lebat banget, sampai-sampai sistem transportasinya kacau semua, hehe.

    Haha, hujan es memang menyebalkan banget ya. Nggak seru sama sekali, berisik (kalo di dalam ruangan dan esnya mengenai jendela), dan kalau di luar kalau kena kulit sakit, haha πŸ˜› .

    Liked by 1 person

    1. iya ya, kayaknya waktu itu memang lagi ada badai salju melanda daratan eropa, sama transportasi di sini juga banyak yang terhenti
      hujan esnya nanggung banget, kenapa gak sekalian salju aja sih (ngarep.com), hehe, oh ya zilko pernah bersepeda sambil ujan es kan (pernah baca postingannya) jadi pasti tau gimana sakitnya kalau kena kulit πŸ™‚

      Like

  2. Wah…siapa tahu tahun ini turun salju ya? Siapa tahu loh..pernah di Belanda, salju turun di bulan Maret…
    Di Rotterdam juga sebenarnya tidak banyak harapan untuk turun salju..tapi lima tahun lalu salju-nya tebel banget dan bertahan seminggu lebih..dan tahun kemaren juga tapi cuman beberapa hari. Agak-agak kaget juga, cuman senang kalau lihat salju tebal..yang menyebalkan kalau salju-nya setengah-setengah πŸ˜€ becek abis itu…

    Liked by 1 person

      1. masa sih teh, tapi pas aku liat postingan teteh pas salju pertama apa ya gambarnya salju dibelakang/halaman rumahnya banyak,,putiih semua,kalau saljunya heboh pasti bakalan numpuk banget deh tuh sejauh mata memandang putih semua πŸ™‚

        Liked by 1 person

    1. yeay!asik anggi mau ke Roma,,,pokoknya drimu gak boleh balik ke Genova sebelum bertemu driku,hehe
      eh di Genova juga tak bersalju ya?sama dong ya,kalo mau liat salju harus jauh2 pergi ke daerah pegunungan dulu

      Like

    1. sama mb Em,saya juga dulu mikirnya gitu,pas udah gede juga tetep mikir gtu,begitu kenal suami trus dia bilang di Roma ak turun salju baru ngeh ternyaa gak semua negara eropa turun salju,hehe

      Like

      1. pengennya begitu, sok kuat tahan dingin,padahal kalo turun salju juga bakalan gak tahan di luar lama2,sekarang aja yang gak ada salju kalau di suruh berdiri diluar agak lama udah kedinginan πŸ˜€

        Liked by 1 person

  3. di tempatku udah 3x turun salju mba adhya, yg terakhir kali turun salju minggu kemaren, aku lihat pas abis nonton bioskop sama suami..ngalamin juga jalan2 dibawah hujan salju sama suami (maksud hati pengen romantis2an gt hehehe πŸ˜› ) cuma emang ga banyak sih paling hanya beberapa cm aja habis itu cair lagi karena besoknya udaranya berubah jadi hangat dan cerah. tapi yg kedua kali salju turun lumayan lama saljunya cair karena beberapa hari cuaca sempet berawan dan dingin mulu

    Like

      1. Hehehe iya soalnya aku kira waktu itu cuma hujan biasa dan pas abis keluar bioskop liat salju turun..udh deh norak+kampungannya keluar hehehe :p maklum lah br pertama x liat salju

        Like

    1. Dingin bgt..serasa ky masuk freezer haha norak bgt ya :p dan salahnya aku waktu minggu kemaren turun salju ga pake coat yg tebel dan jg ga bawa sarung tangan sama topi and alhasil cuma bs menggigil kedinginan tp pas suami tanya gmn, ttp stay cool jawabnya aku gpp pdhl mah dlm hati udah kedinginan n pgn cepet2 ngangetin bdn hehehe :D. Tp klo aku sih lbh enak bersalju drpd berangin soalnya klo cuma angin aja bs lbh dingin lg ditempatku makanya pk baju berlapis2 kdg ttp aja kedinginan

      Like

      1. iya bener kalau angin pas lagi bertiup kencang serasa badan langsung mengigil kedinginan,hehe
        waduh kebayang deh tuh gimana dinginnya,mana pas gak pake coat tebel dan gak bawa sarung tangan,lengkap suda penderitaan,hehe
        kita pake baju berlapis2 tp tetap aja kedinginan ya, tapi giliran balik ke indonesia ngeluh panas *banyak maunya* di italia bilang dingin,di indonesia bilang panas *sigh*

        Like

  4. Jangan dulu kecewa mbak Adhya… Winter masih ada beberapa minggu lagi, siapa tahu tiba tiba badai saljunya balik lagi πŸ˜€
    Mungkin juga karena posisi geografis Roma sudah terlalu ke arah selatan mendekati benua Afrika jadi meskipun suhu permukaan sangat dingin sekalipun dan secara teori bisa menghasilkan salju namun suhu di awan menjadikannya butiran es karena pengaruh udara panas dari selatan. hahaha… πŸ˜€ itu berdasarkan teori spekulasi.

    Liked by 1 person

  5. Jadi inget 2 tahun lalu sempet main-main ke eropa, tepatnya norway. Padahal si udah akhir februari, konon katanya sudah harus ada matahari yang senyum-senyum di langit.

    Tapi tetep aja saljunya numpuk plek di belakang rumah, kadang kalo ujanpun butiran hujan yang turun malah jadi salju. Brrr berasa dingin, hari pertama nyampe udaranya -17. cuma pake baju anget seadanya di jemput di bandara keluar dengan gigi gemeretak. Selama tinggal di sana beberapa bulan kerjaannya nongkrongin pemanas tiap saat karena terlalu dingin.

    Dan kalaupun matahari muncul yang ada malah bukan panas suhunya tambah dingin, karena saljunya mencair. Huuuu….
    #lohkokjadicurhat

    Tapi pengen sekali-sekali ngerasain winter di roma, kemaren ngak sempet nyambangin roma waktu tinggal disana.
    Salam kenal yah mbak, semoga next trip kita bisa ketemu.

    Like

    1. hahaha,,iya sama aku juga kalau suhunya lagi dingin biasanya duduknya deket pemanas ruangan, gak mau jauh2 dari situ, haduh -17 itu kalau saya udah gak mau keluar dari selimut, berat rasanya apalagi kalau harus kekamar mandi bersentuhan dengan air, brrrr,,,

      Like

      1. jgn panggil kakak,panggil nama aja langsung,nama saya adia,jadi tinggal panggi adia aja :-), iya saya dari indonesia,aslinya dari ternate,maluku utara
        trus aku panggil siapa nih untuk namamj?

        Like

      1. Iya.. sempat nonton Giro gag mb bareng suami sewaktu di Italy.. soalnya sya nnton di Youtube, antusias warga thd event ini sngt tinggi sekali ya..

        Like

      2. iya sepertinya warga sini sangat antusias dengan event tersebut, saya gak nonton, suami saya biasanya nonton olahraga sepak bola, tennis dll (nontonnya juga dari tv aja kok,gak kelapangan kangsung) πŸ™‚

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s