Jenis Kopi Di Italia

Minum kopi dipagi hari memang sudah menjadi ritual banyak orang, termasuk orang-orang di Italia.  Di Italia, orang mengonsumsi kopi dengan sangat cepat dan dalam frekuensi sering, tanpa mengobrol, membaca, atau duduk berlama-lama. Bedanya dengan  di Indonesia, tujuan orang ke coffee shop adalah untuk bertemu teman, meeting, atau bekerja dengan laptop. Orang Italia biasanya minum kopi itu di “bar”, jangan berpikir bar tempat orang minum-minum alkohol dan mabuk-mabukan ya. Kalau di indonesia kita biasa menyebutnya dengan kata “cafe” di sini disebutnya “bar”. Di Roma sini banyak tersebar “bar” hingga di sudut-sudut kota.

Orang Italia lebih menyukai kopi ‘asli’ yang sangat pekat. Oh ya, disini juga jarang ada orang yang minum kopi sambil duduk, semuanya berdiri, mungkin karena memang ukuran kopi yang diminum dengan gelas yang relatif kecil kali ya, diminumnya pun dengan hanya sekali teguk langsung ngacir pergi, pokonya gak pake acara berleha-leha alias berlama-lama.

Berikut ini ada beberapa jenis kopi yang biasa di minum di “bar” :

1. Normale, merupakan kopi yang lebih kita kenal dengan nama Espresso. Kopi murni yang disajikan dengan kental dan hitam dalam cangkir yang kecil ini merupakan jenis kopi ini yang paling popular di Italia. (suami saya biasanya suka minum kopi ini, kalau saya gak suka kopi ini soalnya pahit, biasanya suami saya nambahin satu sendok teh gula, tapi menurut saya tetep aja pahit)

2. Caffè Lungo, yaitu espresso, namun ukurannya dua kali lebih besar.

3. Cappuccino, merupakan salah satu minuman kopi yang popular di dunia. Kopi yang tersusun atas espresso, susu, dan foam ini hanya diminum orang Italia pada jam sebelum makan siang. Padahal, di belahan dunia lainnya cappuccino diminum kapan saja. (ini yang biasa saya minum, itupun saya tambahin 2 sendok teh gula. Ini karena orang Italia jarang yang meminum kopi mereka dengan gula. Jadi minuman kopi jenis apa pun yang kamu minum harus kamu tambahi gula sendiri, kalau di indonesia biasanya udah ditambahin gula sedikit kan ya, kalau masih kurang manis baru ditambah lagi :-D)

4. Caffè Macchiato merupakan kopi yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Unikya, susu tersebut tidak diaduk, melainkan hanya “diendapkan” dibagian atas espresso yang hanya mengisi sepertiga bagian gelas.  Hal tersebut dimaksudkan untuk melapisi espresso dari udara terbuka sehingga kopi tersebut dapat tetap panas lebih lama daripada biasanya.

5. Caffè Latte kebalikan dari caffe macchiato, merupakan jenis kopi yang juga patut dicoba di Italia. Jenis kopi yang berasal dari Amerika ini memiliki komposisi yang tersusun atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu.  Setelah itu, akan ditambahkan foam setebal 5-10 mm diatasnya. (intinya lebih banyak susunya dari pada kopinya)

6. Marachino merupakan jenis kopi yang sangat nikmat dinikmati saat pagi hari. Berbeda dengan Macchiato yang hanya dilapisi dengan susu atau foam di atasnya, pada Marachino juga ditaburkan coklat di atas foam tersebut.

IMG_0945[1]
ketahuan orang indonesia, minum kopi aja mau duduk

Iya! saya kalau mau minum kopi bawaanya mau cari tempat duduk aja, males mau minum kopi berdiri-berdiri gitu, emang mau upacara bendera apa. *suami jambak-jambak rambut* kesel karena istrinya mau ngaso mulu.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis kopi lainnya juga tapi pas kemaren dijelasin sama guru saya disekolah bahasa tidak sempat saya catat semua, apalagi alesannya kalau bukan “gak ngerti-ngerti banget dia ngomong apa”

Kalau kalian suka minum kopi gak? 🙂

100 thoughts on “Jenis Kopi Di Italia

  1. Hahaha tidak jauh beda dengan orang Jerman mbak. Kalau orang Indonesia minum kopi saat santai, orang Eropa pada umumnya minum kopi itu kebutuhan. Tapi menurut saya pribadi kopi di Indonesia jauh lebih enak ya ?.
    Eh btw tahun ini saya punya rencana liburan di Italy mbak, doakan ya semoga semua lancar siapa tahu bisa ketemu 🙂

    Like

  2. Aku sebenarnya suka ama kopi tapi gak bisa minum kebanyakan langsung pusing dan deg2an. Sekalipun yang decaf. Kalau lagi minum kopi aku paling suka latte. 4 teguk aja langsung deh kleyengan abahaha. Norak emang. Makanya prefer teh atau hot chocolate aja klo lagi di cafe.

    Like

  3. Duluuuu kecanduan Kopi, trs lambung luka sudah stadium 3, jadinya stop sama sekali, palingan cium2 wanginya saja huhuhu

    Tapi sesekali bandel juga, latte ajalaaah itu pun ngga sebulan sekali… Berbulan2 baru bandel hehe

    Like

  4. Eeeh saking candunyaaa, kopinya ngga pernah pake saringan atau Cafe maschinen, langsung diseduh kaya kopi di Indonesia dan serbuknya dimakaaaan…!!! Parah emaaang hahhaa

    Like

  5. Ak cucok sm bbrp kopi tertentu. Msh nganalisis jg. Krn kdg abis minum kopi tertentu bisa lgsg deg deg ser bgt. Tp yg pasti pasti hasrat pipisnya lgsg meningkat deh. Hehehe.

    Btw kopi2 di italia gt suppliernya dr negara mana ya? G ada kebon kopi kan ya di itali?

    Like

    1. salam kenal juga deva (bener gk sih namanya deva?) :-), makasih sudah mampir ya…
      aku jg awalnya gk suka kopi,baru belakangan ini mulai suka minum tp gk terlalu juga sih,kalo ada ya minum kalo gk ada jg gak nyari 😀

      Like

  6. saya tak suka kopi, buka warkop demi bisnis saja dan untuk suami buat rutinitas karena kalau cuma private teaching schedulenya gak rutin………..saya sendiri gak suka kopi, suami cuma suka kopi mixed ( 3 in one ) sachet … udah cukup buat dia…..

    Like

  7. Aku ga suka banget sama kopi. Dari kecil dirumah ga menyediakan kopi. Ga suka juga aroma kopi. Pernah pas SMP coba2 minum kopi, ternyata muntah2. Akhirnya sampai detik ini ga pernah minum kopi. Dapet suami yang ga doyan juga ngopi. Klop hehehe

    Like

    1. iya kok kebanyakan gitu ya disana,dsini kok tua muda, laki perempuan semuanya suka minum kopi, kd mikir kok jantung mereka kuat banget ya,atau memang krn udah kebiasaan kali ya jadi dh gk pake acara jantung deg2 an 🙂

      Liked by 1 person

  8. Sukaaaa *ngacung*.. Suka Cappuccino sama cafe latte 😀

    Aku kalo macam ke sbux gitu nyarinya wifi gratisan sih bukan kopi nya..haha :p *ngaku* Jadi kudu duduk nongkrong yg lama..haha.. Indonesia banget lah :p

    Like

  9. Dy, aku link ya postinganmu ke postinganku hahaha kebetulan lagi mo bahas topik yang sama. Btw, dengan animo orang Indo yang makin tinggi akan kopi, sekarang semua pada ga digulain lhooo…jadi kita gulain sendiri. Aku sendiri seih lebih suka rasa kopi asli, dengan atau tanpa susu sedikit selalu tanpa gula 🙂

    Like

    1. Silahkan mbak Rie :-), oh ya? sekarang malah di gulain sendiri ya?kalau di daerah asalku masih pake gula, kebanyakan malah suka kopi yg sachetan 3 in 1 itu, walaupun udah ada gulanya masih aja di tambahin gula sedikit 😀

      Liked by 1 person

      1. Tengkiu Dhya, ooh memangnya asli mana di Indo? Hahaha orang kita memang suka yang manis-manis ya. Kalo masuk kafe sih sekarang standardnya datang tanpa gula menurut pengalamanku 🙂

        Like

      2. saya asli dari Ternate (Maluku Utara), lumayan jauh deket2 papua mbak Rie:-D, jadi orang2 sana masih terbiasa dgn minum kopi harus pake gula, kalau di kota2 besar macam jakarta memang sudah standarnya ya mb minum kopi udah gk pake gula lagi, kalau kata suamiku :ngapain tambahin gula, merusak aroma dan kenikmatan asli dari kopinya 🙂

        Like

  10. Saya tidak begitu suka kopi, tahunya cuma susu yang dikasih kopi :hehe
    Ternyata hidangan kopi juga sangat beragam, ya :barutahu hehe…

    Like

  11. Hai mbak Adhya, salam kenal ya.. aku Dila. Oiya, aku langsung triiiing sama postingan ini karena aku mantan barista warkop putri duyung hijau itu loh hehehhee.. emang iya katanya di italy orang minum espresso shot itu sambil bediri, kalo disini mah dilama2 in hehhehee.. seneng nemu blog ini ♥

    Like

    1. hi mb,,salam kenal juga,,terima kasih sudah mampir, saya kemarin sempat mampir ke blognya mbak tapi pake hp juga tapi belom sempat kirim pesan, mikirnya nanti aja pas buka WP dari laptop eh ternyata udah disamperin duluan sama neng mumun,hehe termima kasih
      iya dsini orang minum espresso sambil berdiri dan cepat gak pake lambreta macam di indonesia:-)

      Like

  12. Gw abis minum kopi langsung kembung, ada nyeri nyeri dikit di lambung, abis tu harus di gelontor air putih 2-4 gelas. Sekarang kopi lagi trend, coba coba lagi kopi yg aman buat gw.kata temen, gw bikin kopinya blom bener.

    Like

Leave a Reply

