Bazar Sekolah

Hari Sabtu tanggal 6 Desember jam 19.00 *waktu Roma* di sekolah di adakan acara bazar makanan. Menunya adalah makanan khas dari negara masing-masing siswa. Tujuan di adakan bazar ini selain buat ajang kumpul-kumpul juga sebagai ajang pengumpulan dana untuk melakukan protes (nah loh!) karena denger-denger pihak sekolah ingin melakukan pembebasan lahan agar dapat membangun sekolah yang baru tetapi dari pihak pemerintahan disini atau comune di Roma tidak mengijinkan *begitu yang saya tangkap dari penjelasan mereka dalam bahasa italia, kalau salah ya saya mohon maaf, namanya juga baru belajar *ngeles* ;-).

Ini bazarnya cuman bazar kecil-kecilan aja kok, jangan dibayangkan bazar yang heboh dan gede dengan banyak event2 yang seru, bikinnya juga cuman di dalam ruangan kelas, yang dateng ya keluarga dan teman-teman staff disana.

So, tebak saya masak apa? hadeeh, sudah tau kan saya baru memulai belajar masak beberapa bulan ini, itupun terpaksa karena kalau gak masak ya saya gak makan,hehe (emangnya ini di indonesia, ada ART, banyak makanan murah dan sesuai selera serta halal). Awalnya saya pengen bikin nasi goreng biar simpel gak repot gitu, tapi dipikir-pikir lagi, dikelas saya kan banyak orang philipina, ada juga orang cina, takutnya mereka juga masak makanan yang mirip nasi goreng, jadi gak spesial dong masakan saya, *ini ceritanya bawa nama negara #eaaak.

Tanya pendapat suami kira-kira enaknya masak apa ya,,,

Suami : bikin nasi kuning aja dari pada nasi goreng,

Saya : nasi kuning?lauknya apa dong?

Suami :ayam goreng aja yang ada bumbunya itu, yang waktu itu aku pernah makan di KBRI

Saya : bumbu apa? *mencoba mengingat menu makanan yang pernah di makan saat di kbri*

Suami : bumbu kelapa

Saya : maak, maksud kamu aku disuruh bikin ayam serundeng gitu? (eeet dah, dia pikir saya ini ahli dalam membuat masakan yang sulit-sulit seperti itu).

Saya lagi : gak mau ah bikinya susah *padahal belom pernah bikin malah bilang susah duluan*

Suami : coba di cek aja resepnya di internet, siapa tau gampang buatnya

Begitu saya cek di internet ternyata ya susah, hehe. Tapi suami bilang, nanti dia bantuin saya masak jadi gak usah hawatir. nah gitu dong, kalau ada yang bantuin saya mau deh, jadi diambil keputusan untuk bikin nasi kuning dan ayam serundeng. liat resepnya di internet, nasi kuningnya masak di rice cooker :-).

IMG_0716[1]
ini dia nasi kuning dan ayam serundeng
Mohon maaf penampakannya tidak menggugah selera karena tidak bisa garnish yang lucu-lucu dan cantik, mau pake timun atau tomat tapi lupa beli, males ke swalayan lagi, mengenai rasa masakannya boleh lah untuk dimakan, gak bikin sakit perut kok, walaupun bumbu gak selengkap kalau di Indonesia.

Oh ya beberapa masakan khas negara Bangladesh, Brazil, Bulgaria, Cina, Eritrea, Etiopia, Filippina, India, Italia, Moldavia, Russia, Senegal, Serbia juga ada loh disini (sesuai negara masing-masing siswa tentunya)

IMG_0718[1]
Zighini – Eritrea
IMG_0719[1]
Masakan Italia
IMG_0722[1]
ehm ehm,,gak pake garnish kurang cantik ya
IMG_0724[1]
masakan dari Serbia dan Bangladesh
IMG_0726[1]
Pastel – Brazil
IMG_0736[1]
Patatnik- Bulgaria
IMG_0744[1]
Pasta ala filippina
IMG_0747[1]
Riso – Cina
IMG_0748[1]
Yassa Yap – Senegal

Acaranya lumayan ramai, banyak yang datang, tapi berhubung diadakan di dalam ruangan karena di luar dingin, dan tempatnya lumayan kecil, alhasil didalam kita dempet-dempetan.

IMG_0752[1]

IMG_0754[1]
bapak yang duduk di tengah itu makan nasi kuning saya loh πŸ˜›
IMG_0755[1]

IMG_0760[1]
maaf ya gambarnya gak jelas, maklum karena fotonya pake hp, hehe

IMG_0762[1]

IMG_0756[1]

IMG_0765[1]

Selama acara saya was-was takut gak ada yang makan nasi kuning saya ternyata ada kok, malah habis tak bersisa

IMG_0769[1]
cieee,,,habis loh

Kenapa habis? Karena jumlah pengunjungnya lebih banyak dari pada jumlah makanannya, hehe. Eh tapi pengunjungnya juga pada penasaran karena semua makanan pengen di coba Β dan mereka tanya-tanya ke kita bagaimana cara pembuatannya ( ini dia yang namanya cobaan), bagaimana gak, kan bahasa Italy saya masih goyang patah-patah *annisa bahar kali*, jadi penjelasannya setengah bahasa Italy setengah bahasa inggris, sisanya di bantuin sama salah satu temen dari Serbia yang sudah lancar berbahasa Italy.

IMG_0728[1]

Selesai acara sebelum pulang foto dulu dong πŸ™‚

Advertisements

64 thoughts on “Bazar Sekolah

    1. hehe,,bikin ayam serundeng resep ala kadarnya, menurut aku sih repot krn karena nungguin kelapanya sampe kering bener, ayamnya direbus abis itu di goreng lagi, tapi kan ada suami jadi asisten jadi lebih ringan πŸ˜€

      Like

    1. oh iya ya, kok saya gak kepikiran irisan telur dadar itu, ya ampun telat deh, coba dikasih tau dari awal mbak :-D, laen kali saya coba pake telur dadar juga ah, perkedel kentang dan abon tambah irisan tomat dan ketimun itu ide bagus,,yum,,jadi lapeer
      makasih loh mbak dah di ingatkan πŸ˜‰

      Like

      1. ahahaha,,,kabar alhamdulillah baik saja kaka,,trus ko pu kbr bgmn? ah ko bagimana ini bisa lupa sa pu blog tu,,eh iyo sa tu jaga suka nonton mop papua, yg epen deng cupen tu,lucu skali πŸ˜€

        Liked by 2 people

      2. Itu sudah. Sa tra hafal baik2 alee…hahahaha. Sa pu kabar alhamdulillah juga baik dsni. Baru sa panggil siapa nih enaknya. Masa mba?? :/ bahahahaha, video konyol itu. Ana ana Merauke dong yang bikin. Tapi dong pu film “Melodi Kota Rusa” tuh jadi idola di Jayapura.

        Like

    1. hm,,kalo udah biasa sih kayaknya gampang kok, cuman saya aja yang males makanya bilang susah,hehe
      btw ada juga ya nasi kuning dalam box berbentuj kapal2an? saya belom pernah liat loh πŸ™‚

      Like

  1. pastel brazil itu saya udah pernah nyobain lho πŸ™‚

    btw hebad suaminya dhy kog ngerti nasi kuning ya?

    cincai dhy gak pake garnish, yang penting enak lagi mereka juga gak tau penampakan nasi kuning yang asli πŸ™‚

    salam
    /kayka

    Like

      1. sepertinya begitu ya dimana2 populasi orang thailand di eropa lebih banyak dari orang indonesia. udah gitu mereka sukanya bisnis resto πŸ™‚

        salam
        /kayka

        Like

  2. Pagi-pagi lihat nasi kuningmu jadi laper tapi di kantin kampus ga ada yang jual hahaha… Kereenn ih kamu bikin nasi kuning. Aku doyan masak, tapi belom pernah niat bikin nasi kuning. Tapi bener kata pepatah. Kalau kepepet, semua jadi mungkin ya. Termasuk kamu yang katanya baru belajar masak, nyatanya nasi kuning ludes juga di acara bazar πŸ™‚

    Like

    1. ludes krn yang datang malah lebih banyak dari perkiraan mbak den,hehe
      itu masaknya sambil liat resep di internet,masaknya di rice cooker pula dan bener kata mbak deny,kalau kepepet semua jadi mungkin,hadeeeh πŸ˜€

      Liked by 1 person

  3. Ngaa ditanyain tuh gimana komentar mereka abis makan nasi kuning?:D
    Terus nasinya pakai bawang goreng ngga? Pas banget tuh padahal kalau ditaburin bawang goreng. Hehehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s