Cuaca Dingin Bikin Malas

Hellooo eperibodeeeeh…bagaimana kabar kalian semuanya? sehat? Alhamdulillah. Bagaimana cuaca di tempat kalian?masih anget-anget aja? di sini sudah mulai dingin, dan ini adalah musim dingin pertama saya sejak tinggal di Roma *penting ya di kasih tau?* 😀

Musim dingin gini menghambat banyak kegiatan di luar rumah yang mana efeknya bukan itu saja, cuaca dingin juga membuat nafsu makan saya bertambah dan sudah pasti berat badan ikut meningkat. *nestapanya*.

Menurut penelitian ada kecenderungan orang untuk makan lebih banyak pada saat cuaca dingin. Keadaan ini dapat meningkatkan berat badan rata-rata 0.5- 1 kg/orang dan bagi orang overweight atau kegemukan peningkatannya cenderung lebih banyak. Dan dalam penelitian lainnya menyebutkan pada musim dingin (disaat matahari jarang timbul dan suasana menjadi gelap) konsumsi makan seseorang menjadi 200 kalori lebih banyak daripada hari biasa.

Yup kita tinggalkan masalah berat badan saya yang meningkat karena musim dingin. Beralih kepada beberapa hal yang malas saya lakukan akhir-akhir ini sejak musim dingin dimulai :

  1. Males bangun pagi, haduh ini dingin bawaannya pengen ngeringkuk di dalam selimut aja tiap pagi. Beruntung saya punya suami yang baik, jadi sebelum dia berangkat kerja sarapannya dia buat sendiri, saya gak perlu repot bangun lebih pagi untuk buatin dia sarapan.
  2. Males mandi, dingin bhooo… selain karena emang jarang keringetan ya yang pastinya dingin banget. Biasanya sebelum musim dingin saya selalu mandi 2 kali sehari, sekarang cuman 1 kali sehari. pas lagi mandi sih emang gak dingin ya karena ada hot waternya, tapi pas selesai mandinya itu, keluar dari kamar mandi, ada angin dikiiit aja,,brrrrrr.. it’s cold..!!. 
  3. Males pipis, padahal musim dingin gini, frekuensi saya untuk pipis jadi lebih sering, tapi malah males ke kamar mandi karena kamar mandinya juga dingin, mau duduk di kloset dinginnya minta ampun, apalagi pas *maaf* mau cebok,,di rumah sih ada heater, tapi kan gak mungkin juga saya nyalain 24/7, bisa tekor bayar tagihan gasnya.
  4. Males keluar, apalagi alasannya kalau bukan D I N G I N, plus kalau anginnya lagi kencang, trus ditambah lagi turun hujan, becek gak ada ojek *cinca laura kalee* dan sialnnya lagi gak bawa payung. *sigh*. Pengennya tuh kalau jalan keluar pakai selimut aja, tapi gak bisa ya, bakalan diketawaain satu kelurahan nanti. Kalau bukan karena harus ke sekolah bahasa haleuhhh mending di rumah deh nonton film sambil selimutan.
  5. Males cucian gak kering. Walaupun pake mesin cuci yang sudah ada pengeringnya tapi kan gak terlalu kering ya, masih ada basah-basahnya dikit. mau dijemur butuh beberapa hari baru kering, karena gak kering sempurna kadang malah bikin pakaian bau apek, alhasil saya cuci lagi deh. Paling bete kalau cuciannya kebanyakan kaos kaki. alamat nggak bisa sering-sering ganti kaos kaki  atau bisa diterapkan pola pemakaian side-A side-B. dih, jijay!
  6. Nah ini, yang bikin kita tambah males waktu musim dingin. Badan yang kurang fit dan kurangnya kekebalan tubuh jadi gampang terserang penyakit. kehujanan dikit, langsung flu, langsung meriang. Jadi deh cuma tiduran aja. Enak sih, tapi kan sakit, masa enak?

Kok saya malah jadi banyak komplain sih, apa emang dasarnya saya aja yang males ya,hihihi. Kalau kalian sendiri gimana? punya pengalaman apa kalau lagi musim dingin atau musim hujan?

Advertisements

54 thoughts on “Cuaca Dingin Bikin Malas

  1. Dingin itu paling enak ga mandi, mlungker bawah selimut, nangis2 bombay lihat drama korea sambil ngemil yang hangat2 dan pedas hhehehe. Bangun dari tempat tidur yang ada badan makin gembul 😀

    Like

  2. Di Singapore gak pernah dingin, ujan2 pun tetep panas…. Padahal pengen tuh ngerasain hawa dingin, terus berselimut tebal meringkuk di sofa sambil minum teh panas dan nonton tv… Padahal kalo kena dingin beneran kayak pas dulu tinggal di Prancis dan Australia suka ngomel2 pengen kepanasan…. Btw kalo lagi musim dingin gini biasanya olahraga apa? Masa mau jogging gitu? Apalagi pas udah bersalju? Apa ke gym? Kalo renang ada ya kolam renang indoor yang anget? Tapi bayangin buka bajunya aja udah males kali, hihi….

    Like

    1. ih bener,,mau ngapa2in serba males,,eh tapi untungnya di Roma gak turun salju 😀 *kata suami*
      disini boro2 mau jogging, dirumah aja selimutan.
      oh mbak citra dulu pernah tinggal diprancis dan australia? waduh udah melanglang buana aja, gimana adaptasinya mbak? *malah penasaran* 😀

      Like

      1. Adaptasi dengan cuaca? Atau in general? Kalau cuaca sih gak masalah benernya, budaya juga nyantai aja ya…. Mungkin karena waktu itu aku masih young and single, hehe…. di Prancis pas umur 23, di Australia umur 25-27. Sekarang kan kalo mau pindah lagi yang bikin pusing itu anak2….

        Liked by 1 person

      2. Apa ya tipsnya? Kayaknya yang penting dibikin enjoy aja deh, cari kesibukan baru, membuka diri untuk bertemu orang2 baru baik lokal atau sesama pendatang, dan keep your mind open. Udah berapa lama di Italy? Betah2 aja kan di sana? Enjoy life wherever you are 🙂

        Liked by 1 person

  3. Aku sih udah biasa suhu dingin dan ngga lihat matahari selama winter. Yang ngeselin itu kalo akhir Maret masih dingin dan gelap sementara akunya udah pingin pake baju yang tipis dan pingin pake sepatu model terbuka.

    Like

  4. 😀 😀 I feel you…huhuhu…mana di luar pun gelap mulu…alias udara abu-abu bukan biru cerah ceria..
    Sudah pakai selimut listrik belum? Lumayan itu menghangatkan tempat tidur sebelum dimasuki..

    Like

  5. No.1 samaaaa Dhy hehe.. suami bikin sarapan sendiri plus bikinin kopi untukku. Kencup aku pergi dia cari nafkah 😆 .

    No.2 aku 2 hari sekali, kecuali klo lg sibuk ngurusin tanaman stl berkebun ya mandi.
    No.3 untuk klosetku dudukannya plastik, klo keramik ampunn dah dingin. Oh ya aku selalu ada botol air mineral di dekat closet, biasanya selalu kuisi, klo dingin ya bikin air hangat buat cebok 🙂 .
    No.4 iyaa anginnya yg bikin dingin 😦 .
    No.5 coba naikkan settingan pemutar mesin cucimu deh Dhy, klo aku gunakan 1200 atau 1400 1,5 hari digantung kering ko cuciannya.
    No.6 nah tuhhh biar sehat makanya harus banyak makan 😀 .

    Liked by 1 person

    1. mo reply jawabannya mba Nelly, untuk point yg nomer 1 bener bgt..suamiku kalo pulang kerja pasti nyiapin breakfast sendiri (karena suami aku biasa dpt shift kerjanya malem) dgn ala kadarnya karena dia tau istrinya klo dia pulang psti masih selimutan dan akan heran buat suamiku kalo dia liat istrinya bangun pagi2 dan nyiapin dia sarapan 😛 (mungkin karena udah terbiasa mandiri dari masih lajang), biasanya kalo udah kaya gt dia biasa nyuruh aku tidur lagi n bangun siangan hehehe

      Liked by 1 person

      1. ah beruntungnya kita punya suami2 yang baik hati dan sayang istri ya :-D, iya orng sini kayaknya emang terbiasa mandiri ya, sarapan gak repot harus bikin macam2, dia bisa bikin sendiri tp abis itu malah brantakin dapur, jadilah saya baru bangun tidur langsung cuci piring deh 🙂

        Like

      2. bener banget mba adhya, kalo aku bangun tidur pasti ngeliat dapur udah kaya kapal pecah, berantakannya luar biasa jadi aku cuma bisa ngelus dada aja kalo bangun tidur dapur udah ga kinclong lagi hehehe..makanya kalo aku bangun tidur bukannya sarapan tapi malah nyapuin lantai dapur sama nyuci piring hehehe..soalnya kebiasan jelek suamiku kalo udah makan piringnya ga mau ditaruh di wastafel makanya jadilah aku bersih2 dulu baru sarapan 😀

        Like

  6. Hehehe, bener banget, kalau dingin memang rasanya nafsu makan meningkat ya. Kalau teoriku sih ini karena badan juga membakar lebih banyak kalori untuk beraktivitas dan menjaga suhu badan agar tetap hangat. Jadi makan lebih banyak dikit nggak masalah deh, asal lebih banyaknya nggak kebanyakan, hahaha.

    Dan yang jadi malas bangun itu bener banget!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s