10 Hal Tentang Negara Rumania

Kemaren saya sudah sempat posting 10 hal tentang negara Italy (karena saya tinggal di Italia) nah sekarang mau posting 10 hal tentang negara Rumania (karena saya menikah dengan orang Rumania :-)), yuk mari disimak :

  1. Rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam.  Rumania juga berbatasan dengan Hongaria dan Serbia di barat, Ukraina dan Republik Moldova di timur laut, dan Bulgaria di selatan.
  2. Bucarest menjadi ibu kota Rumania pada tanggal 24 Januari 1862 dan menjadi pusat media massa, budaya dan seni Rumania. Arsitektur Bucarest merupakan gabungan dari gaya historis, komunis dan modern. Bucharest adalah ibukota dan kota terbesar di Rumania. Dengan populasi sekitar 2 juta jiwa, kota ini menjadi pusat komersial, industri, dan budaya negara. Sebelum Perang Dunia II, Bucharest dikenal sebagai Paris of the Balkans, sebuah kota yang berkilauan dengan istana, hotel, kafe, dan bioskop. Bucharest tetap menjadi kota yang indah sampai pada hari ini.
  3. Cluj adalah kota terbesar kedua. Cluj adalah ibu kota Transylvania, yang merupakan bagian dari Hungaria sampai daerah ini diakuisisi oleh Rumania setelah Perang Dunia I. Sekitar 40 persen dari penduduknya adalah keturunan Hungaria. Cluj adalah pusat industri dan budaya yang besar. Karena lokasinya di kaki bukit Pegunungan Apuseni, kota ini menjadi sebuah resor olahraga musim dingin yang populer. Buah dan anggur dari pedesaan di sekitar kota dianggap sebagai yang terbaik di Rumania.
  4. Sibiu, sebuah kota di Transilvania, pada tahun 2007 terpilih sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa. Rumania juga bergabung dengan NATO pada tanggal 29 Maret 2004, dan juga merupakan anggota dari Uni Latin, Francophonie, OSCE, dan CPLP.
  5. Rumania adalah wilayah dengan iklim yang ekstrem, berkisar dari musim panas yang sangat panas hingga musim dingin yang sangat dingin dan berangin. Rata-rata suhu pada bulan Januari di Bucharest, ibukota Rumania, sekitar -13 °C. Pada bulan Juli suhu naik menjadi rata-rata 23 °C (ini suhu rata-ratanya ya). Curah hujan sedang, dan sebagian besar hujan jatuh pada bulan Mei. Selama bulan Juli dan Agustus sering ada periode kekeringan yang parah.
  6. Nadia Comaneci yang merupakan pemenang medali emas gimnastik di Olimpiade musim panas di Montreal, Kanada tahun 1976 dengan skor sempurna 10, berasal dari Negara Rumania,  dan rekor Nadia masih kekal hingga ke hari ini.
  7. Rumania pernah dipimpin selama 25 tahun oleh seorang pemimpin diktaktor bernama Nicolae Ceaușescu. Protes terhadap kebijakan Ceaușescu dilakukan dengan cara demonstrasi mahasiswa dan rakyat yang diadakan di hadapan gedung Universitate Bucharesti yang dinamakan Piata Universitatii. Protes selama 10 hari itu mengorbankan ribuan nyawa dan akhirnya Nicolae Ceaușescu beserta istrinya ditembak mati di dataran universitas di mana demonstrasi bermula yang masih kekal hingga hari ini. Masih ada jambangan bunga diletakkan untuk memperingati rakyat yang menjadi korban dalam menuntut demokrasi di Rumania.
  8. Pemerintah Rumania baru berkuasa setelah pemilihan umum pada tahun 1990. Pemerintahan ini dipimpin oleh seorang presiden, yang merupakan kepala negara dan pejabat eksekutif negara itu. Seorang perdana menteri mengepalai Dewan Menteri, atau kabinet. Parlemen adalah lembaga legislatif negara.
  9. Bahasa Rumania adalah salah satu jenis bahasa Romawi. Seperti bahasa Prancis, Italia, Spanyol, dan Portugis, bahasa Rumania berasal dari bahasa Latin, bahasa Romawi. Bahasa Rumania juga mengandung kata-kata dari bahasa Slavia yang dituturkan oleh beberapa tetangga Rumania.
  10. Kebanyakan orang Rumania adalah anggota Gereja Ortodoks Rumania. Gereja Katolik Timur (atau Uniate), kelompok agama terbesar kedua, dihapuskan pada tahun 1948 dan propertinya dipindahkan ke Gereja Ortodoks. Ada juga sejumlah kecil pemeluk Katolik Roma, Protestan, dan Yahudi.

33 tanggapan untuk “10 Hal Tentang Negara Rumania

    1. ah gak terlalu jauh,,pertanyaan biasa itu,,hehe
      sehari-hari pake bahasa inggris, tapi kadang dicampur bahasa italy buat pembelajaran saya biar lebih terbiasa ngomong dalam bahasa italy, selebihnya pake bahasa inggris semua 🙂

      Suka

      1. wah maaf salah tulis, maksudnya ternate bukan makassar.. hhmm…
        Itu sih namanya luar biasa mbak ! tidak sabar menunggu cerita-cerita selanjutnya… soal kewarganegaraan anaknya pasti penting juga ya mbak ? Indonesia, Italy atau Rumania 😀 Hebat!

        Suka

      2. kalau anak kan sekarang udah bisa 2 kewarganegaraan, setelah usia 18 tahun kalo gk salah baru harus pilih salah satu,,nah loh anak saya ikut warga negera siapa dong kalo gitu? seandainya bisa 2 kewarganegaraan ya,,,bingung2,,hehe

        Suka

      3. amiin,,iya anaknya pasti bingung tuh mau ikut siapa (mudah2an ikut ibunya),hehe tapi paspor ijo biasanya kurang sakti,,ini tampa mengurangi rasa hormat ya,tp saya tetap cinta indonesia,,peace 🙂

        Suka

      1. Wah Salam kenal kak.;) kalo boleh tau kakak tinggal di Romania ? Akhirnya ketemu juga org Indo nikah ama Romanian di website. Thanks for info nya kak. Suami saya juga Romania kami tinggal Di Australia.

        Suka

  1. Post yg bagus, Adhya👍😃 Jadi inget dulu waktu kuliah di Sastra Rusia UNPAD Bandung, ada dosenku orang Rumania yg kuliah bhs Rusia-nya di Rusia, di mana dia ketemu sama suaminya yg orang Indonesia yg lagi kuliah kedokteran di univ yg sama di Rusia.. Waktu itu dosenku sih udah jadi WNI dan udah jadi PNS malah..

    Suka

  2. Yg saya tahu sih itu yg kota Transylvania, dongeng drakulanya.
    Eropa sebelah sana juga kayaknya terkenal sama kecantikannya, bakalan punya jodoh orang sana ga ya? 😆

    Suka

    1. iya bener saya juga gitu dulu awal denger nama Negara Rumania pikirannya langsung transilvania tempat drakula2 itu,eh gk taunya malah nikah sama orng sana,,hehe
      tenang,,,kali aja emang berjodoh sama orang rumania.

      Suka

Tinggalkan komentar