Papanași

Bingung kan apaan itu? awal denger suami bilang kata ini juga saya bingung, apaan sih itu? nama obat? atau sejenis tumbuhan baru? ternyata bukan, Papanași adalah sejenis traditional fried or boiled pastry khas dari negara Rumania. Papanași ini  menyerupai sebuah bola kecil, biasanya diisi dengan keju lunak seperti keju sapi dan segala jenis selai asam (selai blueberry biasanya). Beberapa hari yang lalu suami bikin kue ini special untuk saya, katanya sih biar saya juga cobain sesuatu yang khas dari rumania dan “mudah-mudahan” saya suka, kenapa suami bilang “mudah-mudahan” saya suka? hal ini dikarenan setiap kali suami masak masakan khas dari rumania saya selalu gak suka, termasuk makanan italy loh, saya gak suka makan pasta dkknya itu, walaupun saya coba nyicipin paling dikit aja abis itu ganti makan nasi, entah mengapa saya hanya suka makan makanan khas dari Indonesia raya tercinta.

So,,lanjut kita cerita tentang Papanași, buatnya simpel banget loh, berhubung bahannya gak lengkap jadi suami pake bahan-bahan yang kebetulan ada di dapur aja, sebagai berikut :

250 g keju
1 sendok teh garam
1 sendok teh kayu manis
2 sendok makan gula pasir
2 butir telur
500 ml minyak (untuk menggoreng)
Tepung terigu 250g
selai blueberry
Panna cream

Cara buatnya :

1. Campurkan keju didalam mangkok dengan garam, kayu manis, gula pasir, telur, dan tepung terigu. aduk rata

2. bentuk adonan menyerupai bola-bola kecil lalu dibolongi tengahnya mirip bentuk donat

3. goreng adonan hingga warna berubah kecoklatan, angkat adonan dan tiriskan

4. Letakkan 2 buah Papanași (ditumpuk) di atas piring lalu diatas 2 tumpukan itu di beri Panna cream dan selai blueberry

selesai deh,,,rasanya,,,enaaaaaak bangeeeeeet,,,

IMG_0579[1]
ini keju yang kami pakai (kejunya kiriman dari ibu mertua)
IMG_0580[1]
Tolong abaikan saja bentuk adonan yang kurang rapi, yang penting rasanya *ngeles*
IMG_0581[1]
Digoreng sampai warna berubah kecoklatan
IMG_0589[1]
selai blueberry (dikirim ibu mertua dari rumania juga)
IMG_0586[1]
Papanași
IMG_0588[1]
ada yang girang banget bisa makan Papanași yang dibuat sendiri
Gampang kan buatnya,,yuk dicoba,,,saya suka banget, malah ketagihan, suruh suami bikin lagi besoknya,, 😀

Advertisements

45 thoughts on “Papanași

      1. di Indonesia taunya aja keju untuk martabak.. hehe. Saking banyaknya jenis keju, sampai ada yang disimpan satu tahun dulu baru dimakan 😦 namanya altekaese (keju tua) hedeeh minta ampun baunya mbak… haha

        Liked by 1 person

      2. aneh juga sih, sudah baunya gak enak tapi orang-orang disini suka sekali makan keju tua. Bahkan mereka sendiri menyebutnya Fusskaese (Keju Kaki)… bisa ditebak apa artinya keju kaki… hehe

        Like

    1. hadeeh,,,jgn ditanya deh kalo urusan birokrasi,,agak ribet sedikit krn menyangkut tiga negara,buku nikah sya sampe di terjemahkan dalam 3 bhasa, indonesia + udah ada bhs inggrisnya, bahasa rumania, bahasa italy 🙂

      Like

      1. ternyata ada yang lebih rempong sakira hidupku yang ribet masih ada ternyata yang se rempong diriku……….. aku nda legalisasi karena saya nda mau hijrah ke luar ..kami disini saja……

        Like

      2. makanya mi sa juga mau ikut kita, bisa bawa suami tinggal disana, karena disini sa tidak kerja jadi sa bosan saja di rumah *mudah2an mengerti pake bahasa sana*.
        kayaknya berikutnya sa bakalan banyak tanya ke kita masalah birokrasi wna yg tinggal di indo, mudah2an tidak mengganggu 😀

        Like

      3. saya bahagiami kalo ada temanku disini… sesama penderita ekhh sesama pelaku…bisaji itu asal suamita … tabah dan bisa adaptasi tapi sebagai istri harus tahan banting .. ya kumpulkan uang sebanyak banyaknya ya ntar buka warung.. apa kek di Ternate …

        Like

      4. itumi saya lagi pikirkan mau buka usaha saja di ternate untuk suami,kalau saya kan nanti bisa kerja, sementara lagi cari2 peluang usaha yg bagus di ternate, kalau saya pulang ke ternante insya Allah nanti kita ketemu ya 🙂

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s