5 Perbedaan Italy Dengan Indonesia

Semenjak tinggal di Italy ada beberapa hal yang saya rasakan berbeda dengan saat saya tinggal di Indonesia, tapi ini menurut pendapat pribadi saya sendiri, gak tau kalau orang lain berbeda pendapat dengan saya.

  1. Trolley : Masalah trolley ini mungkin di negara lain juga sama kali ya tapi gak tau juga deh, ย menurut saya ini pengalaman baru untuk saya. Disini kalau belanja ke swalayan trus mau pake trolley harus masukin koin dulu buat buka kunci trolleynya, biasanya pake koin 1 euro atau 2 euro tergantung swalayannya sih. Kadang saya pas lagi gak punya koin malah minjem ke kasirnya dulu, nanti kelar belanja baru di balikin lagi koinnya. Kalau di indonesia mau pake trolly ampe 10 juga gak usah pake acara masuk-masukin koin kali *pertanyaanya : bagimana cara dorong 10 trolly itu?*
  2. Tas Plastik : Kalau belanja di swalayan pas bayar dikasir barang-barangnya harus masukin ke tas plastik kan, nah disini kalau mau pake tas plastik harus beli temaaan,,10 cent sih, tapi kalo belinya 10 begimana? jadinya saya kalau mau belanja ke swalayan bawa tas sendiri dari rumah, lumayan pengehematan gak usah beli-beli tas plastik lagi. Kalau di indonesia biasanya disediakan dari pihak swalayannya kan, mau belanjanya berapa banyak, pake tas plastiknya berapa banyak pun gak usah bayar alias gratis
  3. Tempat penitipan barang : Disini tidak ada tempat penitipan barang macam di indonesia, sebagai contoh kalau kita mau masuk keswalayan trus bawa barang misalnya tas plastik dari tempat lain atau ransel maka harus dititipkan ke bagian kasirnya atau biasanya tas kita di selotip atau di staples biar gak boleh dibuka. Pengalaman saya waktu nitipin barang saya di kasir pas kelar belanja mau ambil tas yang di titipin tadi malah udah gak ada, raib hilang entah kemana, pas nanya ke kasirnya malah bilang gak tau siapa yang ambil, cape deh,, ekyeee kecopetan dong
  4. Menunggu Bus : saya udah pernah bilang kan kalau saya disini gak punya kendaraan,, kemana-mana harus naik kereta atau bus, karena saya tinggal dipinggiran kota roma jadi biasanya saya naik kereta regional, nah jadwal kereta regionalnya itu setiap hari sabtu dan minggu berubah tidak seperti hari kerja biasanya, kadang stop beberapa jam antara jam 09.00 – 13.00 lah kalau udah begitu berarti kalau saya mau keluar harus naek bus dong, nunggu busnya itu ampuuuun dah lambretaaaa,,,alias lama buaaanget bisa ditinggal pulang kerumah dulu, abis itu makan trus tidur siang balik lagi baru deh busnya nonggol *lebay*. Kalau di indonesia ibaratnya *ini ibaratnya loh* belom keluar dari rumah aja angkotnya udah nungguin,,hehe
  5. Anak-anak : disini anak kecil jarang maen diluar rumah, yang ada malah maen didalem rumah terus, kalau mau maen di luar biasanya dibawa sama orang tuanya ke taman bermain di daerah sekitaran rumah mereka. Kalau dikampung aku ternate anak-anak maen diluar rumah semua, mana ada yang mau duduk diem di dalam rumah, pada maen ama anak tetangga maennya jauh-jauh lagi dari rumah, kalau belom dipanggil sama emaknya pulang pasti tetep asik maen

Masih banyak sih perbedaanya tapi yang ke inget baru 5 itu,, nanti di tambahin lagi deh kalau tiba-tiba ingat dan gak males nulisnya.

ciao ciao

Advertisements

27 thoughts on “5 Perbedaan Italy Dengan Indonesia

  1. Harusnya di Indonesia diberlakukan spt itu jg ya utk kantong plastik. Aku udah mumet jg kebanyakan kantong plastik, klo belinya dikit ya memang suka gak mau dikasih kantong plastik, udah beli tas belanja tp malah jd tas utk naruh laundry, untuk belanja tetep pake kantong plastik dr supermarketnya.. Praktis sih..

    Like

      1. Harus dipaksa kayaknya.. Hehehe.. Tp di Lotte Mart gak ngasih plastik lhoo, dy jual tas belanja, kalau gak mau beli atau bawa sendiri ya pake kardus.. Kalo kehabisan kardus ya “derita lo” hehehe..

        Like

    1. ada jadwal busnya, kalau hari senin-jumat sih tepat waktu, kadang molor tapi cuman 5 menitan lah, tapi kalau weekend biasanya malah gak sesuai jadwal.
      kalau metro sih emang cepet tiap 3 menitan selalu ada ๐Ÿ™‚

      Like

      1. ih saya kemaren juga gitu mbak, kantongnya di umpetin dikolong meja dekat kasir tapi hilang juga tuh,,hadeeh,,,kasirnya malah gak bertanggung jawab, pura-pura sibuk trus bilangnya gak tau siapa yang ngambil,,

        Like

  2. Aku pikir di Eropa sana udah aman kali lah dari pencurian. Eh ada juga ya rupanya. Hahaha…
    Poin yang terakhir itu lucu ya. Beda sekali sama yang difilm-film dan di Indonesia. Anak-anaknya main-main di luar rumah. ๐Ÿ˜€

    Like

    1. disini juga sama aja, gak aman tapi tingkatannya masih mendingan sih dari pada di indonesia, hahaha
      iya disini anak-anaknya gak ada yang maen di luar rumah,,jadi berasa sepiii banget, beda dengan di indonesia,,

      Like

      1. ya ampyuun di Italy juga ya, asiik akhirnya saya punya teman juga disini,,saya malah gak tau kalau mbak anggi tinggal di Italy,,kapan-kapan saya maen ke Genova kali aja kita bisa ketemu ya,,
        ooo yang aktif blog yang satunya lagi ya,, sudah saya follow mbak,,mau baca ceritanya aah,,,

        Like

      2. Hahahaha iyaaa.. Dari roma kesini paling 5 jam Hwehehehe.. Aku taun depan harus ke Roma nih, perpanjangan paspor.

        Blog yg satunya buat jualan Hwehehehe.. Yg ini pun nggak terlalu aktif. Tergantung mood. Padahal dulu semangat bgt bikin. Ntar laah cari mood dulu :p

        Like

      3. 5 jam jauh juga ya,,siip maen-maen ke roma kali aja kita bisa kopi darat, hihihi
        Ayo mbak Anggi semangat nulisnya, saya juga pengen liat pengalamannya selama hidup di Italy, maklum kan saya anak baru di mari,, ๐Ÿ˜€

        Like

      4. baru setahun ya di marih? saya setengahnya lah hampir 6 bulan disini,,,susah gak belajar bahasa Italy? saya kok udah hampir 6 bulan belum bisa-bisa ini. Oh ya disini cari kerja juga susah ya apalagi kalau gak bisa bahasa sini *malah curhat*

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s