Jalan-jalan Sekolah Part 1

Saya bingung nih mau ngasih judul apa ke topik ini karena terkait sampai beberapa episode (kayak sinetron aja), soalnya isi cerita tentang jalan-jalan sekolah bahasa Italy saya yang diadakan sebulan sekali. Jadi, karena belom ada ide terpaksa pake judul ini dulu aja ya, kalau ada yang punya ide lain buat judul ini boleh di usul loh.

So, ceritanya hari sabtu kemaren kali pertama saya dan teman-teman kelas sekolah bahasa italy pergi jalan-jalan bareng tentunya didampingi bersama dengan 2 gurunya. Tujuan kali ini adalah ke musium, nama musiumnya “Museo di Roma in Trastevere”. Awalnya  janjian ngumpul di depan sekolah jam 9 pagi teng teng alias harus tepat waktu, sebenarnya saya udah males banget mau berangkat pagi itu karena malamnya saya pulang tengah malam dari acara KBRI kemaren, capek banget, seluruh badan rasanya sakit semua tapi karena saya penasaran pengen liat itu musium jadinya saya bela-belain deh tempuh satu jam perjalanan 3 kali ganti kereta buat menuju kesekolah.

sampai disana udah ada 6 orang yang dateng, ini diluar dugaan saya sebelumnya dimana saya mikirnya yang dateng bakalan banyak nih, ditungguin sampai jam 9.30 gak ada lagi yang dateng setelah saya (yang datengnya jam 9.15), akhirnya bu guru mutusin untuk berangkat saat itu juga dengan 7 orang murid (dikit banget), padahal yang ngakunya mau dateng kemungkinan hampir 20an lebih, nyatanya malah cuman 7 orang, itupun yang satunya lagi orang russia izin pulang karena sakit, tinggallah kami berenam plus 2 orang guru dan 1 anak kecil yang merupakan salah satu anak dari murid kelas bahasa italy yang ikutan emaknya jalan-jalan juga, emang sih kemaren gurunya pada ngomong kalau punya anak boleh dibawa juga sekalian biar rameee.

Berangkat ke musium naek metro atau subway trus nyambung naek bus plus lanjut jalan kali kurang lebih setengah jam udah sampai di musiumnya. Sepanjang perjalanan naek bus ke musium kita lewatin beberapa pusat-pusat bersejarah di italy dan gurunya langung ngejelasin ke kita tentang sejarahnya tempat-tempat tersebut, pas jalan kaki menuju musium gurunya juga ngasih tau bahasa Italinya setiap nama-nama benda yang kita liat dijalan.

IMG_0375[1]

 

IMG_0377[1]

IMG_0378[1]

Sampai dimusium ketemu temenya salah satu guru saya yang juga sedang menekuni bidang seni di universitas jadinya sebelum masuk ke musium doi ngejelasin dulu sejarah musiumnya dll (saya bilang dll disini karena doi ngejelasinnya dalam bahasa Italy pajaaaaang dan lebaaar jelas saya kagak ngarti sama sekali blaasss kosong au ah gelap).

IMG_0383[1]

Didepan musiumnya banyak terdapat kafe-kafe kecil dan banyak orang yang lagi duduk-duduk sambil minum kopi plus ngobrol-ngobrol disana. Ada juga beberepa orang yang jualan pernak-pernik, ada yang lagi ngamen dll.

IMG_0387[1]

Oh ya saya lupa kasih tau kalau tujuan kami ke musium kali ini buat liat pameran fotografi dengan tema Born Invisible milik Sheila McKinnon. Sebenarnya pameran udah mulai dibuka sejak tanggal 6 juni 2014 dan ditutup tanggal 28 september 2014, kami datang sehari sebelum acara penutupannya. Kalau mau liat karya-karyanya langsung bisa dilihat di webside ini http://www.sheilamckinnon.com/ karena saya tidak punya dokumentasi sebab pas masuk musium dilarang foto-foto.

Berhubung kami ini siswa sekolah bahasa Italy jadinya masuk ke musium gak usah bayar alias gratis, dan yang lebih menariknya lagi tur keliling dipandu langsung oleh Sheila McKinnon boow,,,ngaruh banget ya, sepanjang perjalanan tur sheila menjelaskan setiap cerita yang ada di foto yang diambil olehnya. Kebanyakan sih foto anak-anak dari negara Afrika dan India tetapi ada juga beberapa anak-anak dari vietnam dan negara timur tengah lainnya, dan yang lebih lebih menarik lagi penjelasannya menggunakan bahasa inggris pemirsa,,,(yeeeee kalau kayak gini kan saya ngerti apa yang di omongin) sambil sesekali diselingi pake bahasa italy juga karena ada beberapa murid yang tidak bisa berbahasa inggris. Setelah Sheila selesai menjelaskan, kami mulai diskusi dengan beliau, murid-murid sekolah di mintai pendapatnya satu persatu tentang foto-foto yang sudah di lihat tadi.

Kelar diskusi panjang lebar apalagi kalau bukan foto bersama sheila Mckinnon (hehe,,,ini dia yang saya tunggu-tunggu)

IMG_0416[1]

IMG_0398[1]

Selesai dari musium udah jam stengah 2 aja, pantesan saya lapeer buanget, langsung buru-buru pulang. Pas nyampe rumah udah jam 3 ternyata suami tercinta sudah menyiapkan makanan untuk saya karena dia tau saya pasti kelaparan walaupun cuma masakin nasi, gorengin telur, bikinin sambel tomat (protes mulu) tapi berarti banget untuk saya yang lagi kelaperan. Makasih suami,,baik deh,,sering-sering ya kayak gini (ngarep).

So, sampai disini deh cerita jalan-jalan untuk kali pertama, untuk jalan-jalan kali ke 2 akan menyusul ceritanya bulan depan ya karena acara jalan-jalannya diadakan sebulan sekali.

ciao ciao,,,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s