Permesso di Soggiorno

Dua hari yang lalu saya dan suami pergi ke kantor imigrasi roma buat ngambil *carta di soggiorno per stranieri* atau foreigners’ permit of stay. Alhamdulillah,,,akhirnya setelah bolak balik beberapa kali kesana plus menuggu berkepanjangan di kantor imigrasi roma kelar juga surat itu,,hufft,,,nunggu buat ngambil suratnya itu beneran lama loh,,saya datang dari jam stengah 9 pagi,,baru di panggil namanya jam 2 siang,,ampuun dah itu kepala udah pusing saking laparnya,,itupun dipanggil karena suami udah bolak balik nanyain kok nama istrinya gk dipanggil2 ya.

Emang sih yang ngantri banyak tapi pegawai yang kerja disana juga selooow banget kerjanya santai kayak dipantai, bukan cuman kita aja yang kesel gara gara kinerja pegawainya yang lambat, banyak loh yang datangnya lebih pagi dari kita dan mereka marah marah ke pegawai imigrasinya tapi apa ditanggepin omelan mereka? Bahkan ada satu orang bapak yang marah marah di salah satu loket yang bikin heboh satu ruangan, itupun dibales marah sama pegawai imigrasinya katanya emang udah prosesnya kayak gini jadi ya harus sabar *ini sih menurut translate bahasa dari suami*.

Tapi emang bener kok mereka kerjanya santai banget gk memperdulikan kita orang orang asing ini yang lagi nunggu diluar. sebagai contoh ya pas kedua kalinya saya ke sana buat wawancara plus ambil finger print saya dipanggil masuk ke sebuah ruangan,,nah sebelum masuk itu diluar ruangan buaaanyaaak banget yang lagi ngantri, pikiran saya nih didalam pasti lagi sibuk buanget, secara kan yang nunggu diluar banyak ya, tapi tapii ternyata eh ternyata,,pas saya masuk keruangan itu didalam pegawainya ada yang lagi ngopi santai, ada yang lagi teleponan di hp, ada yang lagi mondar mandir selow, ada yang lagi duduk santai, pokoknya beda banget sama keadaan yang terjadi diluar, orang udah pada marah marah, dan banyak yang bawa bayi jadi kasian anaknya udah pada rewel semua saking lamanya nuggu, dan saya perhatiin setiap saya kesana pasti aja ada orang yang marah ke loket karena kelamaan menunggu.

Saya sih mengerti ya sebagai orang asing disini kita emang kudu sabar, ikut aturan main namanya juga lagi numpang, tapi gk gitu juga kali perlakuannya, kesannya kan kayak meremehkan dan tak dianggap *apaan sih*, kami tinggal dsini juga bayar pajak kok. Apa mungkin karena emang negara ini banyak banget imigran yang datang buat kerja disini makanya kami diperlakukan seperti itu. kok malah jadi curhat, ini kan ceritanya lagi seneng karena udah dapat permit of stay. aaah sudahlah,,apapun itu yang penting permit of stay saya udah berlaku hingga 5 tahun kedepan, setelah itu baru bisa apply untuk permanent stay *itupun kalo dapat kerja disini dan gk jadi pindah ke indonesia tercinta*.

2 thoughts on “Permesso di Soggiorno

Leave a Reply

